Esports.ID

Gelar Banned Massal, PUBG M Sentil Player Bandel!

Rendy Lim
09/10/2019 14:45 WIB
Gelar Banned Massal, PUBG M Sentil Player Bandel!
PUBG Mobile berhasil menjaring sekitar 5000 cheater dalam waktu dua hari

PUBG Corporation baru saja menggelar sesi banned besar-besaran selama dua hari untuk gim PUBG Mobile. Hasilnya, sekitar 2400 cheater di hari pertama disusul dengan 2700 pada keesokan harinya terjaring sistem keamanan PUBG dan diberikan hukuman banned selama 10 tahun. 

PUBG Corp bahkan mempublikasi nama-nama cheater tersebut sebagai bagian dari bukti keseriusan mereka untuk menciptakan lingkungan bermain yang adil dan nyaman untuk seluruh player. Selain itu, tindakan yang dilakukan ini tampak seperti sentilan bagi komunitas untuk membantu menjaga PUBG Mobile, mengurangi tindakan curang yang dapat merusak perkembangan gim ini. 

Mereka yang terkena hukuman 10 tahun ini rata-rata melakukan kecurangan yang sama yakni penggunaan program ilegal, merusak pola permainan seperti menghilangkan recoil senjata, auto aiming, modifikasi damage, hingga membuka aplikasi PUBG Mobile melalui program yang tidak diizinkan. 

Sebagai gim yang diadaptasi dari versi PC nya, PUBG Mobile hadir sebagai alternatif bagi mereka yang ingin bermain PUBG namun tidak memiliki perangkat PC memadai. Sayangnya, sama seperti setiap gim populer, PUBG Mobile tak luput dari sasaran cheater, menawarkan 'jalur gelap' kepada para pemain yang ingin mendapatkan kemenangan dengan mudah.

Langkah PUBG Corp mempublikasikan ID, nama, server, dan informasi lainnya dari para cheater sepertinya merupakan bentuk untuk 'mempermalukan' mereka karena telah merusak pengalaman bermain player lainnya. Selain itu, ini juga bisa membuat orang lain berpikir lagi untuk mengikuti jejak para cheater tersebut. 

Sejak dirilis pada bulan Februari tahun lalu, PUBG Mobile berhasil menjadi salah satu gim mobile battle royale paling populer di dunia. Sayangnya, dibalik kesuksesan ini ada berbagai masalah sosial yang dituduh diakibatkan oleh PUBG Mobile hingga problematika cheater yang tak kunjung selesai. 

Perjalanan memberantas cheater bukanlah pekerjaan yang bisa selesai dalam waktu singkat, selain peran developer dalam menghadirkan sistem keamanan dan hukuman berat bagi mereka yang melanggar, juga penting untuk meningkatkan kesadaran dari komunitas gim itu sendiri agar tidak tergiur mencoba cheat yang dapat merusak gim favorit mereka ini. 

PUBG Mobile mengajak kamu untuk tidak ragu-ragu melaporkan indikasi kecurangan yang kamu temukan saat bermain melalui in-game report system. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu setuju kalau pemberantasan cheater tidak akan pernah selesai jika tidak ada kesadaran dari komunitas tersebut sendiri?