GoPay Campaign

[Review] DAXA M71 Pro, Mechanical Keyboard Minimalis yang Powerful!

Basitullah
02/10/2020 14:40 WIB
[Review] DAXA M71 Pro, Mechanical Keyboard Minimalis yang Powerful!

Mengingat mouse selalu berpasang-pasangan dengan keyboard, usai melakukan review DAXA Air di kesempatan sebelumnya, kali ini Tim Esports.ID akan membahas mechanical keyboard terbaru dari REXUS untuk pasar Indonesia, yaitu DAXA M71 Pro. FYI, DAXA M71 Pro masih sangat fresh di pasaran, karena REXUS baru merilis keyboard ini secara resmi pada tanggal 2 Oktober 2020 (hari ini) waw!

Seperti apa sih mechanical keyboard DAXA M71 Pro ini? Simak sampai habis ya artikel review kali ini!

Desain dan Fitur DAXA M71 Pro

Kesan pertama saat menerima keyboard ini, tentu saja mata langsung tertuju pada bentuknya yang mungil dan corak warna oranye yang tampak begitu kontras dengan warna putih pada tombolnya. Tentu ini membuatnya tampil makin gaya yang juga memiliki fungsi menambah kesan modern pada layout keyboard secara keseluruhan. Jika kamu pernah mengetahui tentang DAXA M71 Classic, tentu kamu akan sangat familiar dengan keyboard ini karena memang disebut-sebut sebagai kembarannya.

Kembar tak berarti sama! Seperti kita tahu, seri mechanical keyboard DAXA M71 tentu masih mengedepankan aspek elegensi, simpel, dan fungsional. Hanya saja seri M71 Pro 'bukan kaleng-kaleng', ini merupakan tipe yang lebih superior dari seri mechanical keyboard yang pernah diproduksi oleh DAXA hingga saat ini.

Bukan tanpa alasan REXUS memberikannya nama DAXA M71! Mechanical keyboard yang sangat mungil ini, ternyata cuma memiliki 71 tombol saja. Beberapa tombol tampak dihilangkan, ataupun fungsinya dibuat ergonomis menyesuaikan kebutuhan Sobat Esports dalam bermain game. Itulah yang membuat DAXA M71 Pro ini tampak begitu minimalis.

Makin sempurna, DAXA M71 Pro sudah menggunakan teknologi dual connection yang mengadopsi Smart Bluetooth V5.0 dengan Kabel USB 3.0 sekaligus. Dimana konektivitas Bluetooth 5.0 merupakan Bluetooth Low Energy (BLE) dengan kecepatan transfer data maksimal di kisaran 2Mbps. Sehingga kamu tidak perlu khawatir adanya latensi ataupun lag saat berada di mode wireless ataupun wired.

Hal yang tidak diduga-duga adalah kemampuan konektivitas Bluetooth V5.0 yang sangat mungkin dikoneksikan dengan maksimal 5 perangkat sekaligus. Bisa dikatakan, cukup dengan 1 keyboard saja, kamu bisa terkoneksi dengan 5 perangkat dan dengan mudahnya berpindah konektivitas dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui 2 tombol (FN + Q/W/E/R/T) saja. Sobat Esports yang memiliki kebiasaan multitasking, tentu akan terbantukan sekali dengan adanya fitur ini.

Berpaling dari konektivitas, DAXA M71 Pro sama seperti mechanical gaming keyboard kebanyakan yang memiliki LED RGB pada bagian tombol dan sisi sebelah kanan kirinya. Kelebihannya adalah keyboard ini menyediakan kebebasan kustomisasi LED RGB melalui Macro Software-nya atau menggunakan shortcut buat Sobat Esports yang sekedar atur brightness serta kecepatan perpindahan warna dari keyboard.

Meskipun tampil warna-warni dan dalam mode wireless, Sobat Esports tidak perlu khawatir. Pasalnya DAXA M71 Pro terintegrasi dengan baterai tanam berkekuatan 1000mAh, sehingga dalam satu kali pengisian daya, baterai dapat bertahan untuk dioperasikan 10 jam dan mampu bertahan 35 jam dalam kondisi siaga.

Ketahanan selama itu tentu saja dapat terealisasikan berkat kesinambungan teknologi Bluetooth Low Energy dan juga fitur auto sleep pada keyboard yang cukup menghemat penggunaan baterai. Kami sudah mencobanya sendiri, saat 1 menit tidak dipergunakan maka lampu latar keyboard akan padam secara otomatis dan menyala kembali saat salah satu tombol ditekan.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk!

Untuk urusan fitur makro pada keyboard, tentu DAXA M71 Pro sangat ramah dalam hal tersebut. Buat Sobat Esports yang memiliki kebiasaan tersendiri dalam kustomisasi, tentu pengaturan tombol secara personal dapat dilakukan dan dikolaborasikan dengan Mode Game yang dapat diaktifkan dengan mudah. Sehingga kamu dapat menyesuaikan penggunaan keyboard sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Spesifikasi Teknis:

- Dimensi: 330(P) x 102(L) x 37 ± 2mm (T)
- Jumlah Tombol: 71 Tombol
- Lampu Latar: LED
- Material: Plastik ABS
- Konektor: Bluetooth, Kabel USB 3.0
- Sistem operasi: Windows XP/VISTA/7/8/10, IOS, MacOS, Linux, Android

Performa DAXA M71 Pro

Jika berbicara tentang performa, tentu saja DAXA M71 Pro memiliki kualitas switch yang tidak perlu diragukan! REXUS mempercayakan hadirnya merek Gateron pada keyboard ini tentu saja karena melihat dari sisi kualitasnya. Durabilitas switch Gateron pada keyboard ini, mampu bertahan hingga 50 juta kali klik pada masing-masing tombolnya.

Buat Sobat Esports yang selektif, model switch DAXA M71 Pro juga tersedia dalam 3 tipe, yaitu Red Switch, Brown Switch, dan juga Blue Switch. Kebetulan kami mendapatkan Red Switch, salah satu switch yang digemari gamer ataupun atlet esports karena kebutuhan untuk reaksi cepat terpenuhi dari switch ini.

Akan tetapi, Sobat Esports tidak perlu khawatir karena REXUS memberikan kamu kebebasan untuk bongkar pasang switch sesuai keinginan. Kamu bisa mengkombinasikan Red Switch, Blue Switch ataupun Brown Switch dalam 1 keyboard. Bahkan jika ingin menggantinya dengan switch dari merek lain, itupun sangat memungkinkan.

Dari hasil percobaan kami memainkan game VALORANT menggunakan keyboard ini, hampir tidak ada masalah yang terjadi. Sempat khawatir akan adanya delay karena bermain dalam mode wireless, namun di dalam permainan kekhawatiran tersebut sirna. Penggunaan agent Jett yang membutuhkan cukup banyak skill dengan tombol yang berbeda-beda di dalam permainan, nyatanya nyaman-nyaman saja. Sepertinya, Red Switch yang mampu menerima reaksi cepat pengguna dan dipadukan dengan kecepatan Bluetooth V5.0 hingga 2Mbps ini jadi kolaborasi yang tepat!

Bentuknya yang minimalis juga sangat menguntungkan buat Sobat Esports yang memiliki keterbatasan space pada setup pc gaming di rumahnya. Namun, disamping keuntungan dari minimalis itu, buat kamu yang biasa menggunakan keyboard dengan Wrist Rest akan membutuhkan adaptasi sekali lagi ataupun membeli tambahan Wrist Rest guna mendapatkan kenyamanan maksimal.

Isi Paket DAXA M71 Pro:

- 1 Keyboard Daxa Mini Mechanical Keyboard Daxa M71 Pro
- 1 set Magnetic Keyboard Stand
- 1 Kabel USB Type-C
- 4 Switch Cadangan
- 1 Switch Puller
- 1 Keycap Puller
- 1 Buku Panduan

Kesimpulan:

(+) Desain menarik dengan model Two Tone Keycaps
(+) LED RGB yang bisa di kustomisasi
(+) Dual Connection memungkinkan di mode wireless dan wired
(+) Smart Bluetooth V5.0 Technology super cepat
(+) Hadirnya Fitur makro dan Game Mode yang mendukung berbagai aktivitas
(+) Ketahanan Gateron Swith hingga 50 juta klik
(+) Switch yang dapat diganti sesuka hati
(+) Ketahanan baterai hingga 1000mAh
(+) Fitur Auto Sleep Mode dan Bluetooth Low Enery yang begitu hemat energi

(-) Tanpa Wrist Rest, tangan akan cepat pegal
(-) Kaki-kaki tambahan untuk keyboard terbuat dari material yang tampak ringkih

REXUS merilis mechanical keyboard DAXA M71 Pro untuk pasar Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2020. Khusus untuk pre-order di tanggal 2-9 Oktober 2020, tersedia harga eksklusif bagi DAXA M71 Pro dari harga normal 1.299.000 IDR menjadi 699.000 IDR dan DAXA M71 Classic dari harga normal 999.000 IDR menjadi 549.000 IDR.

Sobat Esports bisa membeli produknya melalui Rexus Official Store di bawah ini:

  1. Rexus Offiical Store Website (klik di sini)
  2. Rexus Official Store Shopee (klik di sini)
  3. Rexus Official Store Tokopedia (klik di sini)
  4. Rexus Official Store Lazada (klik di sini)
  5. Rexus Official Store blibli (klik di sini)

Bagaimana, tertarik untuk membeli DAXA M71 Pro?