Smartfren

Ring of Elysium, Bekal Inovasi Demi Genre Battle Royale

MalZaHar
13/09/2018 15:46 WIB
Ring of Elysium, Bekal Inovasi Demi Genre Battle Royale
Tidak Sekedar Pesaing, Ring of Elysium Tawarkan Konsep Baru

Bicara soal game bergenre battle royale, maka gamer secara cepat akan sebut dua titel, yakni Fortnite dan PlayerUnknown's Battlegrounds. Bagaimana dengan judul game sejenis lainnya? Mungkin hanya akan numpang lewat, untuk kamu mainkan, dan lalu lupakan. Kini ada penantang baru yang tidak hanya ingin bersaing, tapi game ini juga tawarkan inovasi baru demi memajukan genre ini ke depannya.

Ring of Elysium tidak sembarang hadir karena game ini dibeking langsung oleh Tencent Games untuk perilisan globalnya. Memang aneh bahwa embel-embel Tencent bakal melekat di ketiga game bertipe survival yang lagi hits sekarang. Mereka kantongi 48 persen saham di Epic Games, developer dari Fortnite. Lalu bekerjasama dengan PUBG Corp. (anak perusahaan dari Bluehole Studio) untuk merilis PUBG. Bahkan, Tencent adalah pencetus lahirnya versi PUBG Mobile. Apa lagi yang mereka harapkan dengan 'menciptakan' Ring of Elysium?

Sekilas Ring of Elysium tidaklah jauh berbeda dengan dua game pendahulunya, di mana kamu harus mengeksplorasi map luas sambil mencari pilihan senjata dan gear terbaik agar tetap dapat bertahan hidup paling akhir. Game yang ber-tagline "Fight.Loot.Win" ini usai jalani periode CBT beberapa bulan lalu (kira-kira 3 bulan lamanya) oleh Garena Indonesia, dan untuk sejumlah negara di Asia lainnya.

Kabar terbarunya, Ring of Elysium (developer Aurora Studio) bakal hadir global atau server Eropa untuk platform PC, via Steam, mulai tanggal 19 September 2018. Namun, sayangnya user Indonesia tidak bisa mengakses server tersebut, karena kemungkinan versi lokal akan dipegang oleh Garena Indonesia. Menariknya lagi, Ring of Elysium sepertinya bakal tersaji multi-platform, yakni menyambangi platform konsol mulai dari PS4 dan Xbox One (Switch?).

Hal utama yang ingin dihadirkan oleh Ring of Elysium (ROE) sebagai pembeda dengan game serupa lainnya adalah genre battle royale ini akan kental dengan alur cerita atau padat narasi penuh kompleksitas. Dalam ROE, player tidak melulu harus membunuh sebanyak-banyaknya dan menjadi pemain yang terakhir bertahan hidup, karena kamu juga wajib mengatasi berbagai kondisi pertempuran dan alam berat sebagai bagian misi utama dalam permainan.



Misalnya, player akan dihadapkan pada map yang bersalju sambil menghindari bencana alam seperti badai salju atau semacamnya. Kemudian kamu pun bisa melakukan misi penyelamatan dengan menggunakan helikopter bersama teman satu timmu. Di luar misi utama, ROE juga menyajikan ragam fitur olahraga ekstrim yang bisa player jajal, antara lain seperti hang-gliding, snowboarding, dan mountaineering, plus kegiatan santai lainnya menggunakan kendaraan konvensional.

Secara teknologinya, Ring of Elysium memanfaatkan next-gen game engine Quicksilver X dari Aurora Studio. Hal ini memungkinkan adanya banyak fitur baru bersifat inovatif hingga memberi pengalaman bermain game battle royale yang lebih luas. Tidak hanya kondisi alam serta cuaca yang begitu dinamis berubah, player pun bisa memilih model viewing yang fleksibel dengan gaya permainanmu masing-masing, baik itu yang lebih suka model first-person ataupun third-person view.

Tapi, hal terpenting dari Ring of Elysium adalah game ini meski bertipe survival battle royale, para player tetap bisa merasakan petualangan secara utuh melalui kombinasi fitur alam serta jalur cerita yang terbangun secara utuh sebagai satu misi besar menjadi pemain yang terakhir bertahan hidup, sang juara sejati!