Smartfren

Empat Timnas yang Tembus Semifinal SCII: Nation Wars V

MalZaHar
16/04/2018 14:48 WIB
Empat Timnas yang Tembus Semifinal SCII: Nation Wars V
StarCraft II: Nation Wars V - Main Event @PLAY Paris

Telah berlangsung selama lima kali sejak tahun 2014, turnamen StarCraft II: Nation Wars, yang awalnya hanya diikuti oleh 8 tim asal Eropa ini, akhirnya berkembang dan sajikan kompetisi tiga pemain pro favorit untuk adu gengsi antar negara dari seluruh dunia.

Blizzard Entertainment, yang berkolaborasi dengan O'Gaming TV, stasiun televisi digital terkenal di Perancis, mempersembahkan konsep turnamen StarCraft II untuk 3 pemain hasil voting komunitas player SCII dari tiap regional. StarCraft II: Nation Wars V sediakan total prize pool senilai US$50.000 (atau mendekati 690 juta rupiah).

Di tahun 2018, dalam penyelenggaraan StarCraft II: Nation Wars V, setelah melalui masa registrasi (bulan Februari) dan voting player (27 Februari - 11 Maret), terdapat 30 tim perwakilan negara yang bersaing rebut 15 slot tim peserta (plus Korea, sebagai juara bertahan di SCII: Nations War IV) menuju babak Group Stage.

Manfaatkan sistem Double Elimination, ke-16 tim saling berkompetisi kembali dalam Group Stage (empat grup beranggotakan 4 tim) dengan format pertandingan Best-of-Seven (Bo7). Dua tim teratas dari masing-masing bracket berhak melaju ke sesi Playoff.

Pada babak Playoff inilah tersaring empat semifinalis yang bakal terbang ke Paris, dan bertanding secara offline di panggung 'Grande Halle de La Villette', bersamaan dengan perhelatan acara 'PLAY Paris Powered by PAX', 21-22 April mendatang. Berikut adalah 4 besar timnas peserta StarCraft II: Nation Wars V;

TEAM MEXICO

Terbukti tangguh di babak Group Stage, meski grup ini juga dihuni oleh tim-tim kuat seperti Korea, Inggris, dan Taiwan. Pertandingan pertamanya berhasil tumbangkan Taiwan dengan skor telak, 4-1, Meksiko sukses pula melibas kandidat kuat juara lainnya, yakni Korea (4-2). Perjuangan tim ini babak Playoff pun tanpa cela dengan tanpa ampun gulung tim Brazil (4-0).

TEAM NETHERLANDS

Sebelum mencapai babak semifinal, tim oranye ini harus terlebih dahulu berjuang keras sejak babak Group Stage, dengan hanya unggul tipis 4-3 atas tim AS. Selanjutnya, tim ini mampu tampil lebih tenang dan mencukur habis tim Swedia dengan skor 4-0. Kepastian slot di semifinal mereka dapatkan setelah meredam permainan tim Norwegia (4-1), untuk bersiap hadapi Meksiko di Paris nanti.

TEAM FINLANDIA

Tim yang faktanya paling banyak bertanding untuk dapat menembus babak semifinal SCII: Nations War V. Mulai dari pertandingannya versus Brazil yang habiskan 7 game (4-3), tim Finlandia harus genapi 6 game (4-2) sebelum menuntaskan perlawanan tim Polandia. Partai terakhirnya, di babak Playoff, melawan tim Jerman, mereka kembali bertarung ekstra keras hingga game ke-7 (4-3) sebelum pastikan lolos ke semifinal dan segera jalani partai tak kalah sengitnya melawan tim juara bertahan, Korea.

TEAM KOREA

Sang juara bertahan, yang mungkin kurang pemanasan karena tidak jalani masa kualifikasi hingga harus serahkan pucuk pimpinan Group Stage ke tim Meksiko, karena tunduk dengan skor 2-4. Meski sempat bungkam tim Inggris dengan skor 4-0 tanpa balas, Korea terpaksa jalani partai di final lower bracket melawan Taiwan, yang ditumbangkan 4-1. Tim Italia pun lantas dibuat tak berdaya di babak Playoff, setelah digilas dengan skor 4-0.

Jadi, menurut sobat eSports, timnas mana yang bakal berpeluang meraih predikat terbaik di StarCraft II: Nation Wars V? Apakah Meksiko yang melenggang mulus, ataukah Korea yang kembali berhasil pertahankan gelar? Sejauh mana kejutan yang bisa dimunculkan oleh tim Belanda ataupun Finlandia di turnamen kali ini? Pantengin terus updatenya di sini, atau tonton via live streaming melalui link berikut.