[Giveaway] Share Liburan Ala Gamer Kamu Bareng UniPin & Esports.ID!

Perubahan Sistem Poin Jelang Capcom Pro Tour 2018

Rendy Lim
20/02/2018 10:20 WIB
Perubahan Sistem Poin Jelang Capcom Pro Tour 2018
Capcom

Kemarin (19/2), Capcom mengumumkan detil lengkap untuk Capcom Pro Tour 2018 berikut cara untuk ikuti Capcom Cup yang akan diselenggarakan pada akhir tahun ini. Mendapatkan debutnya tahun ini, turnamen Street Fighter V Arcade Edition sediakan prize pool hingga US$600.000. Selain itu, perubahan signifikan yang dilakukan oleh Capcom tahun ini adalah poin yang didapatkan oleh player yang mengikuti EVO, Global Premier Events, dan Ranking Events.

Agar dapat mengikuti Capcom Cup yang mempertemukan 32 pemain terbaik Street Fighter dari seluruh dunia akan ditentukan dengan mengikuti Capcom Pro Tour events yang diselenggarakan sepanjang tahun 2018. Sebagai juara tahun lalu, Mena RD akan mendapatkan slot di Capcom Cup untuk mempertahankan gelarnya.

Cara pertama untuk dapat mengikuti Capcom Cup adalah melalui Last Chance Qualifier. Turnamen ini terbuka bebas untuk player dari segala region dan pemenangnya akan menjadi peserta terakhir yang mengisi slot di Capcom Cup. Kesuksesan Last Chance Qualifier dengan jumlah peserta mencapai 150 membuat turnamen ini kembali diadakan tahun ini untuk tetap meningkatkan tingkat kompetisi dari para player.

Cara selanjutnya adalah dengan berkompetisi dalam Capcom Pro Tour Global Leaderboard. Kompetitor yang mengikuti turnamen Capcom Pro Tour Ranking dan Global Premier Events akan mendapatkan poin jika mereka berhasil keluar menjadi juara. Nantinya, pada akhir tahun, top player di Leaderboard dan Regional Finalist akan mengisi slot di Capcom Cup 2018. Kamu bisa memantau siapa yang sedang memimpin Leaderboard, klik di sini.

Perubahan yang cukup besar adalah pada jumlah poin yang didapatkan oleh pemenang dari Premier Events dan Ranked. Contohnya adalah pemenang pada EVO 2018 akan mendapatkan 1.750 points, meningkat 750 poin dari tahun lalu. Pemenang dari Premier Events akan mendapatkan 700 points pada posisi pertama, lebih besar 300 poin dari tahun lalu, namun poin untuk pemenang Ranked akan berkurang 10 points menjadi 150 point.

Tujuannya, adalah agar kita dapat lebih fokus pada Premier Events yang dapat diikuti oleh kompetitor dari seluruh region dibanding dengan Ranked yang hanya dibatasi pada region tertentu saja. Selain itu, Ranking akan dibagi menjadi 4 region, yakni Amerika Utara (NA), Eropa (EU), Amerika Latin (LATAM), dan Asia.

Para pemain akan berkompetisi baik secara online ataupun turnamen offline untuk mengumpulkan poin demi menjadi yang tertinggi di Regional Leaderboard. Top player dari setiap region nantinya akan memperebutkan slot ke Capcom Cup di regional finals.

Salah satu Ranked yang akan berlangsung di Jakarta, adalah ABUGET Cup, 7-8 Juli 2018. Jadwal lengkap dari regional lain serta Premier Events lainnya, bisa kamu cek d isini. Adakah yang berencana untuk mengikuti Capcom Pro Tour 2018?