Esports.ID

Sisipkan Kontrol Joystick, Vainglory Masuk Keluarga MOBA Analog

Rendy Lim
09/05/2018 11:32 WIB
Sisipkan Kontrol Joystick, Vainglory Masuk Keluarga MOBA Analog
Vainglory

"MOBA kok analog?", kalimat tersebut telah menjadi candaan wajib para pemain Vainglory yang sering dilemparkan kepada  pemain MOBA mobile sejenis lainnya yang menggunakan model joystick untuk kontrol game. MOBA mobile saat ini memang sedang menjadi tren di masyarakat apalagi dengan turnamen-turnamen berskala lokal hingga nasional yang hampir selalu diadakan pada akhir pekan, semakin menambah antusias para pemainnya untuk terus bermain dan mengasah kemampuan mereka. 

Diantara tiga MOBA Mobile yang sedang populer saat ini Arena of Valor, Mobile Legends serta Vainglory, ketika MOBA Mobile lainnya mengusung fitur joystick untuk kontrolnya, Vainglory adalah satu-satunya MOBA Mobile yang menggunakan sistem tap untuk menggerakkan heronya. 

Jika dilihat dari sisi presisi, fitur tap memang lebih presisi jika dibandingkan dengan analog, namun sayangnya untuk bisa bermain lebih baik menggunakan fitur tap, pemain dianjurkan untuk bermain pada layar smartphone yang cukup besar. Mayoritas pemain MOBA Mobile saat ini tidak menggunakan smartphone dengan layar besar serta kebiasaan menggunakan analog membuat mereka merasa tidak terbiasa atau sulit untuk mencoba Vainglory yang menggunakan fitur tap. 

Menggunakan fitur analog, mengundang pemain baru?

Permasalahan tentang haruskah Vainglory menerapkan kontrol analog sebenarnya sudah diperbincangkan oleh para developer terutama saat dirilisnya Vainglory 5v5 awal tahun ini. 

Excoundrel, komentator Vainglory region NA dan EU serta mantan pemain professional serta analis dari Vainglory sudah pernah memberikan pendapatnya tentang penerapan fitur joystick pada Vainglory untuk membantu perkembangan dan eksistensi Vainglory kedepannya. 

Menurutnya, penerapan fitur joystick akan memberikan kesempatan untuk pemain MOBA Mobile lainnya melakukan transisi ke Vainglory untuk mencoba bermain dan setidaknya membiasakan diri dengan fitur tap. selain itu, adanya fitur joystick memberikan kemudahan bagi para pemain yang memiliki smartphone berlayar kecil ataupun jempol yang besar. 

“Kami tetap akan mencari cara supaya Vainglory lebih mudah dimainkan dan diakses oleh semua orang, tapi tidak dengan mengorbankan sisi akurasi kontrol yang memberikan pengalaman bermain yang lebih strategis dan mendalam”, tutur Kristian Segerstrale, direktur utama Super Evil Megacorp, dalam acara dialog bersama developer pada awal tahun ini di Discord resmi Vainglory. 

Excoundrel

Analog, opsi bagi para pemain baru Vainglory

Akhirnya memberikan jawaban terhadap permasalahan pilihan analog atau tap untuk Vainglory, salah satu developer dari Super Evil Megacorp, Ciderhelm, melalui forum reddit menuliskan perubahan besar yang akan segera diimplementasikan pada update terbaru Vainglory 3.3 dan 3.4. 

Pada experimental update tersebut beberapa hal baru akan mulai dimasukkan, ranked leaderboard dan reward, joystick control, hingga voice chat. Namun kali ini kita akan lebih fokus pada update joystick yang ditambahkan sebagai opsi kontrol di Vainglory. 

Alasan penambahan fitur joystick dalam Vainglory adalah karena developer tidak ingin kontrol menjadi penghalang pemain untuk mencoba Vainglory. Banyaknya pemain MOBA Mobile saat ini lebih terbiasa menggunakan analog dibanding tap. Oleh karena itu dengan hadirnya fitur kontrol analog di Vainglory diharapkan pemain analog dapat mencoba keseruan Vainglory menggunakan kontrol yang dikuasainya. 

Beberapa hero seperti Lance juga dapat lebih baik dikontrol jika menggunakan analog. Hadirinya pilihan ini memudahkan player untuk menyesuaikan kontrol dengan gaya permainan atau hero yang digunakan dalam match. Meskipun pemain Vainglory akan lebih banyak menggunakan sistem tap, namun developer akan memastikan bahwa kontrol analog mendapatkan perubahan dan penyesuaian yang konstan untuk dapat dimainkan dengan nyaman pada scene kompetitif. 

Bagaimanapun pendapat kalian tentang fitur analog di Vainglory, developer perlu dan berharap kalian dapat memberikan masukan yang sejujur-jujurnya tentang fitur-fitur baru tersebut. Jika ada pemain analog yang mengalami permasalahan, beritau bagaimana Vainglory harus menyesuaikan kontrol analog tersebut, hingga perangkat yang digunakan untuk dapat memberikan update yang sesuai. 

Sobat eSports, apakah kamu akan mencoba fitur analog dari Vainglory atau kamu lebih prefer kontrol tap?