GoPay Campaign

Pemula di VALORANT? Hindari Beberapa Kesalahan Kecil Ini

faizalkamill
08/08/2020 11:12 WIB
Pemula di VALORANT? Hindari Beberapa Kesalahan Kecil Ini
VALORANT

Bagi kalian yang baru mencoba atau baru mengenal VALORANT tentu saja butuh waktu beradaptasi memainkan game ini secara efektif. Mungkin ada yang cepat beradaptasi mungkin juga ada yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan yang lain. Dengan hadirnya skill-skill unik dari para Agent serta dibarengi dengan permainan yang cepat tentu saja terkadang kita masih terbata-bata dalam mendikte bagaimana permainan harus dimainkan.

Beberapa kesalahan di bawah ini mungkin kamu pernah alami atau melihat orang lain melakukannya, namun tidak masalah, karena proses belajar orang tentu berbeda-beda. Kesalahan-kesalahan tersebut tak jarang mengorbankan satu atau dua ronde yang seharusnya kamu menangkan dengan mudah. Setelah membaca tulisan ini, semoga kalian bisa menghindari kesalahan tersebut dan bermain lebih baik lagi. Jika bisa mengaplikasikan apa yang ada di bawah ini, setidaknya kamu memiliki 50% kemungkinan untuk memenangkan ronde dibandingkan sebelumnya.

Indonesia Gaming Award

Membuat Terlalu Banyak Suara

Bunyi langkah kaki atau senjata yang sedang diisi ulang akan dengan sangat mudah terdengar oleh lawan jika kamu tidak berhati-hati. Di VALORANT suara merupakan informasi yang sangat penting. Informasi tentang keberadaan lawan bisa diketahui oleh hal sekecil itu, menjadikannya sangat krusial. Jika kamu berlarian kesana kemari tanpa hati-hati, kamu bisa saja memberikan informasi kepada lawan tentang keberadaanmu ataupun rekan timmu. Pastikan lawan tidak bisa mendengarmu ketika berlari, cobalah untuk berjalan di area-area yang kira-kira ada musuh dibaliknya.

Penggunaan Abiility yang Tidak Efektif

Banyak orang menggunakan ability mereka secara sembarangan di 30 detik pertama tanpa alasan yang jelas. Jika kalian tidak memiliki informasi tentang lawan, lebih baik kalian menunda menggunakan ability karena menggunakannya tanpa ada informasi apapun malah hanya akan menjadi sia-sia.

Ability dari para Agent di VALORANT bisa menjadi sangat penting untuk membantu memenangkan sebuah ronde. Contohnya slow orb milik Sage. Cara efektif menggunakan ability ini adalah ketika kalian mendengar langkah kaki lawan ataupun sudah melihat lawan secara langsung di map. Jangan lemparkan secara cuma-cuma hanya karena terlihat keren. Slow orb memiliki jangka waktu selama 7 detik. Jangan tumpuk slow orb di satu tempat melainkan tunggu sejenak dan gunakan setelah slow orb pertama hilang.

Hal ini juga berlaku dengan agent-agent lainnya seperti Brimstone, Omen, Viper, dan lain-lain. Gunakan ability mereka seefektif mungkin. Namun pada akhirnya jangan juga pelit menggunakan ability dan menyimpannya sampai berlarut-larut. Gunakanlah ability jika memang dirasa dibutuhkan, tidak perlu menahannya, yang penting kamu tahu waktu yang tepat.

Cara Mengintip Sudut

Ketika ingin mengintip sebuah sudut, posisikan agentmu sehingga tidak terlalu melebar. Jika tidak mengetahui lokasi lawan, cobalah untuk mengintip secara perlahan dan hati-hati. Memang terkadang mengintip dengan cepat dan melebar bisa menghasilkan hasil yang baik, namun jika tidak ada informasi lebih baik berhati-hati.
Cobalah untuk berhenti sejenak sebelum menembak agar tembakanmu tidak meleset dan segera kembali ke posisi semula jika tembakanmu meleset pada target.

Cara Mempertahankan Sudut

Bersambung dengan poin sebelumnya, ketika kamu mempertahankan sebuah sudut, tempatkan crosshair mu ke searah kepala untuk bersiap-siap jika nantinya ada lawan yang masuk. Dengan mempertahankan crosshair ke titik yang mengarah ke kepala lawan, mereka akan lebih mudah dilumpuhkan. Kamu juga sudah lebih siap dengan skenario yang ada.

Mengamati Sisi Sayap

Jika kamu sedang dalam posisi menyerang, pastikan ada satu rekan yang mengawasi sisi sayap/sisi belakang. Di Indonesia sendiri kita mengenal istilah ‘bokong’. Bokong adalah ketika lawan berhasil membunuhmu dari arah belakang tanpa kamu ketahui. Mengesalkan memang, maka dari itu mulai saat ini selalu awasi sisi belakang tim mu agar tidak ada lagi yang bisa menyelinap masuk. Untuk sisi bertahan, pintar-pintarlah pada pewaktuan ketika kalian melakukan flank. Pastikan tidak terlalu cepat agar lawan tidak menyadari pergerakanmu.

Terlalu Lama Menyimpan Ultimate

Serakah saat menyimpan ultimate terlalu lama juga bukan hal yang baik loh Sobat Esports. Pernahkah kamu bermain selama setengah babak atau minimal 8 ronde dan kamu belum pernah menggunakan ultimate sekalipun? Jika iya, maka permainanmu kurang efektif. Ultimate digunakan untuk mengubah keadaan dalam sebuah ronde dan diharapkan untuk membantumu memenangkan ronde tersebut. Tentu saja jangan gunakan ultimatemu secara sembarangan, gunakanlah secara efektif di situasi yang tepat.

Komposisi Tim

Tidak jarang masih banyak pemain baru yang belum begitu paham tentang komposisi tim yang baik. Jett, Phoenix dan Raze tentu saja menyenangkan untuk digunakan tapi apakah mereka akan efektif jika hadir di dalam sebuah tim? Komposisi tim yang stabil yaitu tim yang terdiri dari beberapa jenis agent dengan ability berbeda-beda yang dapat menunjang permainan tim. Jika kamu memilih komposisi agent dengan 4 duelist belum tentu itu pilihan yang bijak. Ingatlah untuk mengisi tugas masing-masing dan janganlah egois. Jika tim membutuhkan seorang Sentinel seperti Sage atau Cypher ataupun Controller seperti Brimstone dan Omen, mengalahlah dan simpan dulu Raze-mu demi kelangsungan tim.

Contoh dari komposisi tim yang seimbang menurut meta saat ini yaitu terdiri dari Sage, Brimstone, Cypher, Raze, dan Breach. Kalian memiliki smoke, heal, bom mematikan, dan juga kemampuan untuk mengontrol suatu kawasan. Tentu komposisi ini bisa diubah sesuai kebutuhan timmu.

Nah Itu tadi adalah beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan pemain baru. Lalu karena sekarang kamu sudah mengetahuinya, jangan diulangi lagi ya Sobat Esports.