PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Coba 3 Tips Ini Untuk Naikkan Rank mu di Wild Rift!

faizalkamill
07/11/2020 12:15 WIB
Coba 3 Tips Ini Untuk Naikkan Rank mu di Wild Rift!
Riot Games

League of Legends Wild Rift adalah game MOBA mobile terbaru dari Riot Games. Dengan gameplay yang relatif sama dengan versi PC, game ini segera mendapatkan para pemainnya baik dari pemain LOL PC ataupun MOBA mobile serupa lainnya.

Meskipun bergenre sama, Wild Rift bisa dikatakan memiliki beberapa perbedaan signifikan dengan rekan sejawatnya, AoV ataupun Mobile Legends. Mulai dari perbedaan role, champion, cara bermain, dan item. Wild Rift memang dirasa sedikit lebih rumit daripada kedua game di atas.

Indonesia Gaming Award

Riot Games

Setelah kami mencoba langsung dan bermain, tim Esports.ID menemukan beberapa hal penting dalam gameplay Wild Rift yang jika kamu praktikan akan membantu memenangkan permainanmu. Tips ini tidak memerlukan skill khusus tapi akan sangat berpengaruh pada hasil akhir permainan. Oleh karena itu, pastikan kamu mencoba beberapa tips ini di permainanmu. Berikut adalah 3 hal mudah yang akan menaikkan rank mu di Wild Rift.

Warding

Berbeda dengan MOBA mobile lainnya, Wild Rift mengadopsi sistem warding dari LOL PC. Warding secara sederhana adalah menempatkan ward di suatu lokasi. Fungsinya akan ‘membuka’ area tempat diletakkannya ward tersebut. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi di mana lawan sedang berada.

Selanjutnya, setelah mengetahui apa itu ward dan fungsinya, kita harus pula cermat dalam menempatkan ward-ward ini agar bisa efisien. Saat ini masih banyak pemain yang menyia-nyiakan ward dan menempatkannya secara asal padahal jika kamu perhatikan, informasi yang bisa diberikan oleh ward dapat berpengaruh besar pada permainan.

Bulatan merah adalah tempat terbaik untuk menyimpan ward

Dalam ilustrasi gambar di atas, kamu bisa menempatkan ward di titik-titik tersebut. Posis tersebut merupakan titik penting dari rotasi lawan. Lebih cepat kamu mengetahui posisi lawan, akan mempermudah kamu melarikan diri ataupun mempersiapkan untuk melawan balik. Dengan mendapatkan informasi tersebut, kamu juga bisa mengingatkan rekan mu di posisi lain di map untuk berhati-hati atau meminta bantuan agar mereka segera melakukan rotasi. Jangan lupa juga untuk menempatkan ward di objektif seperti Dragon dan Herald jadi jika tim lawan memulai, kamu bisa tahu dan segera meresponnya.

Sebaliknya untuk menangkal strategi ini, ketika mid game kamu bisa membeli oracle lens, radar pencari ward, dan menghancurkan ward yang ada di wilayah map mu agar lawan tidak bisa menebak pergerakan tim mu. Dalam tingkat profesional warding merupakan salah satu kunci penting untuk menemukan lawan dan menghukum mereka.

Objektif

Di Wild Rift ada 4 objektif penting yaitu Dragon, Herald, Baron, dan Scuttle Crab. Kamu harus memanfaatkan objektif-objektif ini untuk memenangkan game mu. Ini yang wajib kamu ingat, Dragon akan muncul di menit 04:00, Herald di menit 06:00, dan Baron di menit 10:00.

Dragon

Dragon menjadi penting karena Dragon akan memberikan tim mu buff jika kamu berhasil mengambilnya. Ada 4 jenis Dragon berdasarkan elemennya. Mountain Dragon akan memberikanmu shield, Cloud memberikan movement speed, Ocean akan memberikan Physical Vamp dan Magical Vamp, lalu Infernal akan memberikan tambahan damage.

Elemental Elder Drake akan muncul setelah kamu mengalahkan 4 Dragon. Elemental Elder akan memberikan tambahan persentase buff berdasarkan elemennya serta menambahkan efek membakar ketika menyerang lawan. Dragon akan memberikan buff permanen kepada tim mu sehingga jangan dianggap sepele karena akan sangat membantu. Segera dapatkan Dragon ketika mereka sudah muncul. Jika kamu bukan jungler, kamu masih bisa membantu jungler untuk mendapatkan Dragon lebih cepat.

Rift Herald & Baron

Rift Herald memiliki fungsi sangat penting untuk mempermudah menembus turret lawan. Herald sendiri mulai hadir sejak menit 06:00. Kamu dan tim mu disarankan untuk mendapatkan Herald secepat-cepatnya namun pastikan bahwa lane mu aman terlebih dahulu barulah putuskan untuk mengambil Herald.

Herald memiliki HP yang cukup besar sehingga jika kamu bisa membantu jungler mu, itu akan lebih baik. Hal ini berfungsi juga ketika kamu ingin mendapatkan Baron. Pastikan bahwa tim lawan tidak akan mengganggu ketika kalian menyerang Baron. Kami sarankan untuk mengeliminasi 1 atau 2 pemain lawan sebelum memutuskan untuk pergi ke Baron. Jika jungler lawan mati ataupun berada di posisi yang sangat jauh, menyerang Baron secara total juga bisa menjadi pilihan.

Baron buff akan membantumu untuk menang lebih cepat. Ketika kamu berjalan bersama minion, mereka akan menjadi lebih besar dan kuat. Ketika sudah mendapatkan Baron buff, kamu bisa berjalan bersama tim dan minion di satu jalur dan terus dorong sampai sejauh mungkin. Lawan akan kesulitan untuk membersihkan minion yang memiliki HP lebih besar. Jika lawan ‘off side’, kamu bisa menghukum mereka dengan mudah.

Scuttle Crab

Mengapa Scuttle Crab penting? Karena Scuttle bisa memberikanmu vision sama halnya dengan ward. Jika kamu membunuh Scuttle, kamu akan mendapatkan vision selama beberapa saat di bagian sungai. Vision ini sangat penting jika ada lawan yang berotasi ke arahmu, ini juga bisa menjadi patokan jika kamu sendiri yang ingin berotasi membantu tim mu.

Roaming

Jika lanemu terasa aman dan stabil dibandingkan yang lain, kamu sangat disarankan untuk melakukan roam ke lane lain yang membutuhkan bantuan. Dengan kehadiranmu di sana, pertarungan pasti akan lebih mudah dimenangkan dengan perbedaan jumlah pemain. Dua role yang disarankan untuk melakukan roam adalah Mid lane dan Support, role lain juga bisa melakukan hal yang sama. Jungler sendiri memang bertugas untuk roaming sehingga dia tidak termasuk.

Sumber: HardwareZone

Sebelum melakukan roam, pastikan dahulu posisi lawan dan kalkulasi bahwa kamu bisa berotasi lebih cepat dibandingkan musuh di lanemu. Lebih baik untuk membersihkan wave(minion) terlebih dahulu sebelum berotasi sehingga bisa memberikan tekanan di lane mu. Kamu juga bisa menggunakan 'ping' untuk memberitahu rekanmu sebelum roaming sehingga mereka bisa bersiap untuk segera bertarung.

Jika ketika berotasi kamu berhasil mendapatkan kill, itu berati rotasi mu berhasil. Kamu bisa recall dan kembali ke lane setelahnya. Lane yang kamu bantu tadi tentu saja akan mendapatkan keuntungan dan keunggulan sehingga mereka akan lebih mudah memenangkan lanenya. "Win lane win game"

Tadi adalah beberapa cara mudah yang jika kamu aplikasikan akan mempermudah kamu untuk memenangkan pertandingan dan menaikkan rank mu. Cara di atas sebenarnya sangat sederhana namun terkadang masih belum dimaksimalkan oleh para pemain. Serta, tips-tips tersebut tidak membutuhkan kemampuan khusus untuk mempraktikannya. Nah, jangan lupa untuk mengaplikasikan cara di atas dan berikan tanggapanmu ya Sobat Esports.