First Warriors

Patch 7.07c, Valve Sasar Kembali Hero Imba di DOTA 2

Billy
18/11/2017 14:44 WIB
Patch 7.07c, Valve Sasar Kembali Hero Imba di DOTA 2

Kemarin (17/11), Valve kembali merilis patch lanjutan, versi 7.07c. Dengan menyasar nerf pada hero-hero yang terbilang sukses mengantongi winrate tinggi selepas 7.07. Valve juga membawa perubahan penting pada respawn time, bounty runes, serta buff (lagi) untuk Tiny, Alchemist, dan Luna. Beberapa penyesuaian penting yang layak dicermati, yakni:

  • Bounty Runes

Di patch kali ini, Bounty Runes memperoleh dua perubahan esensial, yakni perolehan XP dasar dikurangi dari 50 menjadi 25 XP, serta peningkatan nilai XP yang bertambah dari 5/min menjadi 7/min. 

Bounty Runes menjadi aspek penting dalam DOTA 2, terutama di fase awal game khususnya bagi hero-hero yang jarang berdiam di lane dan fokus pada rotasi. Dengan pengurangan XP ini, hero yang bertugas di posisi 4 harus lebih efektif lagi dalam melakukan gank, karena bounty runes tidak lagi menghadiahi XP yang tinggi.

Mau tak mau, perolehan XP di early game akan lebih baik didapatkan via kill, assist, dan creep/neutral kill. Offlaner pun mungkin bisa lebih fokus laning dengan pengurangan XP bounty runes, karena XP rune yang semakin sedikit tidak sebanding dengan XP yang diberikan dari Creep. Meskipun perolehan Gold-nya bisa menjadi tambahan yang lumayan.

  • Hero Respawn Time

Valve merekalibrasi timer respawn di level 12-20 ketika fase mid game berlangsung. Respawn time di level tersebut bertambah beberapa detik yang artinya kematian yang terjadi di level tersebut akan semakin fatal.

Dalam DOTA 2, hitungan detik bisa berarti banyak misalnya ketika kita mencoba memback-up rekan setim yang sedang diserang, tapi karena respawn time yang bertambah di fase mid game, maka kemungkinan kita tidak akan bisa memberikan bantuan tepat waktu.

Dampak lainnya adalah karena fase mid game merupakan babak-babak genting ketika war mulai terjadi secara intens. Kematian makin mahal harganya karena cost buyback bertambah seiring bertambahnya respawn timer di patch 7.07c.

Hero Respwan Time, Adjustment di Level 12-20

Level 12 dari 46 detik > 48 detik

Level 13 dari 48 detik > 52 detik

Level 14 dari 50 detik > 54 detik

Level 15 dari 52 detik > 56 detik

Level 16 dari 54 detik > 58 detik

Level 17 dari 56 detik > 60 detik

Level 18 dari 66 detik > 70 detik

Level 19 dari 70 detik > 74 detik

Level 20 dari 74 detik > 76 detik

*Untuk level 1 - 11 dan 21 - 25, tidak terjadi perubahan respawn time.

  • Nerf Lanjutan untuk AM, Terrorblade, dan Bane

Ketiga hero ini termasuk sukses merajai pub match maupun pro scene di patch sebelumnya, Valve pun berikan nerf lanjutan dengan harapan dampak dari hero ini lebih balance terutama di early game. Perubahan penting yang mesti diwaspadai dari ketiga hero ini adalah:

  • Anti-Mage: Kerusakan Mana Break berkurang dari 60% menjadi 50%
  • Anti-Mage : Blink Cooldown bertambah dari 12/9/7/5 menjadi 15/12/9/6
  • Anti-Mage : Level 20 talent kerusakan yang diterima ilusi bertambah dari 300% menjadi 350%

Pengurangan damage mana break tentu menjadi pertimbangan bagi AM picker karena nominal 10% cukup signifikan untuk tiap hit yang mampu AM keluarkan secara keseluruhan. Nerf paling berdampak adalah timer blink yang lebih lama di awal level, menjadikan AM makin mudah untuk dikejar saat awal-awal game.

  • Bane: Nightmare Cast Range dikurangi dari 500/550/600/650 menjadi 425/500/575/650

Bane cukup populer di patch sebelumnya berkat kemampuannya menyediakan set-up serangan dengan skill Nightmare. Biasanya 2 level Nightmare sudah cukup bagi Bane mengeluarkan Nightmare dari jarak aman, kini dengan nerf pada cast range Nightmare, pemain harus lebih berhati-hati untuk mengeluarkan skill ini tanpa membuat dirinya dilawan balik oleh musuh.

  • Terrorblade : Intelligence Gain dari 1,75 menjadi 1,6
  • Terrorblade : Metamoprhosis Cooldown bertambah dari 140 menjadi 155

Hero yang terbilang unik karena kekuatan utamanya tidak terletak pada skill ultimate, melainkan dari skill 3, Metamorphosis. Dengan nerf cooldown pada TB, pemain harus lebih efisien  dalam menggunakan skill ini.

Info lengkap terkait Buff, Nerf, dan penyesuaian lainnya bisa cek di sini.