Esports.ID

Mengapa Liquid Melepas Roster DOTA 2 Mereka?

Billy
16/09/2019 14:06 WIB
Mengapa Liquid Melepas Roster DOTA 2 Mereka?
twitter, youtube

Minggu lalu (13/9) kita dikejutkan dengan kabar organisasi esports asal Belanda, Liquid melepas roster DOTA 2 mereka. Roster ini bukan sembarangan karena telah menyumbang puluhan gelar bergengsi seperti piala Minor, Major sampai The International 2017.

Sayangnya, TI kemarin tak mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Liquid. Mereka gagal menjadi juara usai dikalahkan OG di partai final. Meski sejatinya hasil tersebut tidaklah buruk sama sekali, namun aroma perpecahan Liquid sudah tercium di musim kompetisi 2018-2019.


Liquid tak mengganti line-up sejak memenangkan The International 2017. Terhitung, komposisi mereka yang digawangi oleh Kuroky, Miracle-, GH, Mind_contRoL dan Matumbaman tak berubah selama 892 hari. Kemudian, jelang TI8, Matumbaman jadi pemain pertama yang terdepak.

Dalam satu interview Kuroky menjelaskan keputusan tersebut tidaklah mudah. Namun Liquid memerlukan suasana baru dan mengganti pemain jadi opsi yang ia ambil.

Lalu datanglah W33, sosok yang punya talenta tanpa perlu diasah terlalu dalam oleh Kuro. Tim ini mampu menembus final The International keduanya dengan berakhir di posisi kedua. Bagi banyak tim, ranking tersebut sudah prestasi membanggakan. Namun tidak untuk Kuro dan Liquid. Selang beberapa waktu pasca TI, Kuro dan kawan-kawan resmi melepas status sebagai pemain dari Liquid.

Lantas, apa alasan Kuro dan pemain lain hengkang? Mengapa Liquid tidak mempertahankan mereka?

Victor Goossens selaku founder dan CO-CEO dari tim Liquid mengungkakan bahwa pasca TI9, ia beserta Kuroky dan Mohamed Morad sang manajer duduk bersama membahas masa depan Liquid. Hasil yang terjadi adalah Kuroky dan pemain lainnya memutuskan untuk berpisah mengejar ambisi masing-masing bahkan memulai organisasi milik mereka sendiri.

Ia sangat mengapresiasi jasa Kuroky dan pemain lainnya yang telah membawa Liquid menjadi tim kelas dunia. Kini, Liquid akan menggarap proyek baru mendatangkan pemain berkelas dunia lainnya agar lembaran baru kisah tim Liquid bisa dimulai.

Ternyata itu toh alasan Liquid guys! Kuro juga pernah mengisyaratkan mengganti teammate lain atau ia sendiri hengkang dari Liquid sebelum TI9 dimulai. Wacana hengkang tersebut akhirnya terjadi beberapa hari lalu.

Organisasi seperti apa yah yang dibentuk oleh mantan pemain Liquid nantinya?