Update DOTA 2 7.26b Hilangkan Bonus Gold dari Deny, Dampaknya?

Billy Rifki
29/04/2020 11:48 WIB
Update DOTA 2 7.26b Hilangkan Bonus Gold dari Deny, Dampaknya?
www.dota2.com

Valve sudah merilis update terbaru untuk DOTA 2 di patch 7.26b. Hal baru dalam patch ini adalah perubahan drastis dari mekanik yang telah lama jadi kekhasan DOTA 2, yakni hadiah gold dari men-deny creeps.

Pada 7.26b, Valve memutuskan untuk menghilangkan gold tersebut dan memberi experience lebih besar bagi musuh yang pasukannya ter-deny. Tentu saja, ini sangat disayangkan. Meski gold dari deny tak seberapa, namun uang-uang receh tersebut signifikan dalam mendominasi lane pada patch sebelumnya.

Sebelum membahas dampak dari hilangnya gold deny, kita ungkap dulu perubahan makro apa saja yang di bawa oleh 7.26b:

  • Deny tak lagi memberi gold
  • Deny XP untuk musuh meningkat dari 40% jadi 50%
  • Bounty dasar untuk Melee Creep meningkat +5
  • Bounty dasar untuk Neutral Creeps meningkat 10%
  • Semua talent lebih lemah 20%
  • Tower memberikan +1 HP Regen Aura untuk Tower Tier 1, dan +3 for Tower Tier 2/3/4
  • XP dibutuhkan untuk mencapai level 9/10/11/12/13 meningkat dari 780/810/840/870/900 ke 890/930/970/1010/1050
  • Reliable gold hanya didapat dari pendapatan pasif
  • AoE Gold meningkat dari 45 + 0.027*NW ke 45 + 0.033*NW
  • Jatuhan Neutral item untuk item T1-4 berubah jadi 7/15/25/40 ke 7/17/27/37
  • Darah Tower Tier 2+ meningkat sebanyak 500 dan kerusakan bertambah 25

Seperti tertulis di atas, cara terbaik untuk mendapatkan pundi gold tampaknya tak lagi berfokus pada lane namun menyantap monster hutan yang kini berbuah gold lebih banyak. Menguasai lane hanya memberikan akses untuk meruntuhkan tower yang makin sulit untuk dihancurkan karena efek-efek regenerasi yang signifikan.

Bukan berarti laning tak penting. Hanya saja, membully lawan di lane tak lagi beri benefit yang sama guna menyendat level musuh sekaligus memperkaya diri kita dengan gold dari deny.

Alhasil, patch saat ini bertumpu pada melindungi area hutan, melakukan stack dan membasmi mereka secepat mungkin sebelum musuh mengetahui dan terjadi kontestasi. Salah satu aspek penting lainnya adalah perubahan reliable gold yang kini hanya di dapat dari pasif income.

Artinya, gold per detik yang kamu dapatkan adalah uang yang tak akan hilang bila kamu mati. Dengan kata lain, uang farming dan kill hero bisa saja tercecer usai kamu diciduk lawan. Alangkah baiknya untuk segera membeli item yang dibutuhkan sesaat sebelum kamu tewas. Atau, jangan melakukan tindakan beresiko sebelum uangmu cukup untuk membeli item tertentu.

Perubahan ini akan sangat sulit untuk hero seperti Alchemist atau Spectre karena kerap memprioritaskan Sacred Relic yang cukup mahal. Mungkin saja hal ini mendorong kedua hero terlempar dari meta dan membangkitkan hero-hero early teamfight dan bisa melakukan clear wave dengan cepat.

Selain perubahan macro gameplay, ada pula penyesuaian pada harga dan efek item-item tertentu patch 7.26b. Apa pendapat kalian tentang update terbaru DOTA 2?