GoPay Pesta Gamer

3 Alasan Free Fire Layak Jadi Game Mobile Terbaik di Esports Awards 2020

Billy Rifki
23/11/2020 17:09 WIB
3 Alasan Free Fire Layak Jadi Game Mobile Terbaik di Esports Awards 2020
esports awards twitter, various sources

Free Fire sukses menerima penganugrahan sebagai game mobile esports terbaik dalam acara Esports Awards 2020. Game besutan Garena ini cukup populer di kalangan mobile gamers, termasuk Indonesia. Free Fire dianggap mampu memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Esports Awards, utamanya ialah mendorong perkembangan esports di perangkat genggam secara global.

Namun, bukan itu saja tentunya karena pesaing Free Fire juga melakukan hal yang sama. Beberapa pesaingnya juga sangat familiar di tangan orang Indonesia. Misalnya, PUBG Mobile, Mobile Legends, Clash of Clans, Arena of Valor, Clash Royale, COD Mobile dan Brawl Stars. Tapi mengapa Free Fire layak dapat trofi di Esports Awards 2020? Berikut 3 alasannya versi Esports.ID.

- Dikenal Secara Global

Free Fire bukan cuma game yang populer di Indonesia. Kenyataan bahwa game ini memiliki kejuaraan dunianya mereka sendiri dengan mengundang tim dari Asia Tenggara, Kolombia, Argentia, Rusia, Taiwan, Cina dan Brazil membuktikan kalau secara global Free Fire punya fans yang besar.

Dari catatan wikipedia.org, per November 2019 Free Fire termasuk dalam mobile games dengan jumlah player terbanyak yakni 100 juta download. Angka tersebut tentu bertambah di tahun 2020. Salah satu rekor yang pernah FF torehkan adalah jumlah user aktif terbanyak yakni 100 juta pemain aktif dalam satu hari. Rekor ini tercipta bulan Agustus 2020 yang mana melampaui torehan sebelumnya di bulan Maret dan Mei yakni 60 - 80 juta pemain daily.

- Salah Satu Turnamen Esports Dengan Total Prize Pool Terbesar di Kategori Mobile

Penunjang popularitas sebuah game esports selain sisi kompetitifnya tentu hadiah yang ditawarkan. Semakin besar hadiahnya, pasti semakin prestis sebuah turnamen dan makin banyak pula yang berlomba 'mengadu nasib' di jalur ini. Dari berbagai turnamen yang terjadi di seluruh dunia, rata-rata Free Fire sudah menyentuh angka $2.000.000 USD untuk distribusi hadiah tiap tahunnya.

Di ajang Free Fire World Cup 2019, EVOS Capital yang menjadi juara masih mengantongi $50.000 USD atau setengah dari total prize pool saat itu yakni $102.400 USD. Hadiah makin besar di World Series 2019 lalu, menjanjikan prize pool senilai $390.000 USD untuk para peserta di mana pemenang pertama membawa pulang sekitar $200.000 USD.

Turnamen lain di kategori mobile yang sudah menggelontorkan uang hadiah lebih besar dari Free Fire hanya PUBG Mobile dan Arena of Valor.

- Salah Satu Game Mobile Esports Dengan Jumlah Viewership Terbanyak & Variatif

Dengan luasnya jangkauan Free Fire, tak ayal turnamen dari game ini begitu dinantikan fans. Di tahun 2019, Free Fire World Cup mencatatkan jumlah fantastis sebanyak 600.000 viewers dengan puncaknya menyentuh satu juta orang penonton. Rekor kembali dipecahkan di Free Fire World Series 2019, dari yang puncaknya hanya satu juta orang, meningkat jadi 2 juta orang dengan rata-rata viewership sebanyak 1,2 juta.

Tak heran, strategi broadcasting Free Fire begitu luas dan hadir ekslusif untuk semua pemainnya di seluruh dunia. Garena tak ragu menghadirkan opsi 10 pilihan bahasa yang bisa ditonton dari 5 platform streaming berbeda. Uniknya, viewer berbahasa Portugal menyumbang total view terbanyak dengan 9,5 juta view di platform YouTube, di susul dengan fans berbahasa Hindi dengan 3,2 juta view. Penonton berbahasa Indonesia yang cukup fanatik dengan popularitas Free Fire menyumbang 1,5 juta view saja.

Sejauh ini, total jumlah jam tayang Free Fire merupakan terbanyak ketiga di kategori mobile esports yakni sekitar 38.164.312 jam tayang.

Salah satu keberhasilan Free Fire melakukan penetrasi ke berbagai negara tidak lain karena keramahan spesifikasi yang dimiliki game ini. Berbeda dengan rivalnya yang menuntut standar tertentu untuk memainkan gamenya secara lancar, Free Fire cenderung jadi opsi terjangkau dan oleh karenanya berhasil merebut hati ratusan juta gamer di seluruh dunia.

Tak heran kalau Esports Awards menganggap Free Fire kayak memenangkan piala untuk kategori game esports mobile terbaik tahun ini berkat terobosan-terobosannya. Kalau belum lengkap, di kancah domestik Free Fire juga menyabet gelar game esports terfavorit di ajang GTV Indonesia Esports Awards 2020. Makiin lengkap aja torehan nasional dan internasionalnya. Selamat ya Free Fire, Booyah!!!