Eksibisi PON Esports

Menjajal Kecepatan Nge-game dengan Koneksi 5G Telkomsel!

Michael
10/06/2021 19:12 WIB
Menjajal Kecepatan Nge-game dengan Koneksi 5G Telkomsel!
5G Telkomsel

Euforia kehadiran jaringan 5G di Indonesia memang terus meningkat belakangan ini. Usai Telkomsel mengumumkan kehadiran teknologi 5G di Indonesia beberapa waktu lalu, Tim Esports ID mendapatkan kesempatan langka untuk menguji secara langsung kecepatannya, kemarin (9/6).

Proses ujicoba berlangsung di dua titik, yani Telkomsel Smart Office (TSO) dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Selain dua titik tersebut, jaringan 5G telah tersedia di beberapa lokasi lainnya, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera.

Yamisok Nobar

GraPari Telkomsel Terminal 3 Bandara Soetta

Ada dua aspek yang menjadi fokus Tim Esports ID saat menguji ketangguhan 5G, yakni kecepatan (menggunakan speedtest & download game) serta kestabilan jaringan saat bermain.

Ketika melakukan pengetesan kecepatan menggunakan speedtest, kami mendapatkan angka yang cukup mengesankan, yakni mencapai tertinggi 549 Mbps di TSO dan 620 Mbps ketika mengujinya di Bandara Soetta.

Ujicoba kedua dilakukan dengan cari mendownload game melalui playstore. Ketika mendownload game League of Legends Wild Rift, hanya butuh waktu 1 menit 22 detik dengan ukuran client sebesar 1,93 GB. Jadi untuk kalian yang beruntung bisa menggunakan koneksi 5G, pasti ngga perlu nunggu waktu lama lagi ketika mau download atau update game.

Lantas bagaimana dengan kestabilan jaringan dan kenyamanan kala bermain game? Sepanjang mencobanya, Tim Esports ID sangat puas dengan jaringan 5G. Koneksi yang lancar terpapar dari tanda ping yang tertera dalam game.

Meski sudah ada di beberapa titik lokasi, penggunaan teknologi 5G saat ini belum difokuskan untuk penggunaan pribadi. Menurut informasi yang didapat, saat ini 5G masih lebih difokuskan untuk beberapa bidang penting seperti, kesehatan, industri besar yang membutuhkan koneksi dan teknologi terkni serta B2B.

Gimana SObat Esports pasti penasaran banget kan mau ngetest jaringan 5G? Harap bersabar ya, dan tunggu info selanjutnya hanya di Esports ID!