Riot Games Terapkan Format Baru Untuk Worlds & MSI 2023!

faizalkamill
17/01/2023 14:00 WIB
Riot Games Terapkan Format Baru Untuk Worlds & MSI 2023!
LoL Esports

Riot Games telah mengumumkan lokasi untuk League of Legends Worlds dan MSI 2023 yakni di Korea Selatan dan London. Kedua turnamen akan mengalami perubahan signifikan dalam format serta jumlah peserta.

Meskipun sebagian besar masih berlangsung dalam playoff dengan eliminasi tunggal, Riot telah meningkatkan kompetisi dengan mode braket Swiss dan eliminasi ganda di babak awal turnamen.

LoL Esports

MSI 2023 diikuti oleh 13 tim

MSI 2023 akan diadakan di London. Ini merupakan kali pertama Britania Raya mengadakan turnamen internasional LoL sejak tahun 2015.

Format MSI akan diperluas menjadi 13 tim dengan perubahan regional yang berlaku. Empat liga teratas yakni LCK, LPL, LEC, dan LCS akan mengirimkan dua perwakilan dan liga lainnya, LLA, CBLOL, PCS, VCS, dan LJL, hanya mengirimkan satu perwakilan.

Region LCO akan masuk ke dalam PCS sehingga tidak ada undangan langsung untuk tim terbaik Oceania.

Riot Games

Dengan format ini, delapan tim akan bermain melalui braket eliminasi ganda di Play-In. Pemenang dari masing-masing braket akan masuk ke Main Stage, bersama dengan pemenang dari Loser’s Final.

Babak Grup telah dihapus. Delapan tim teratas akan langsung masuk ke Bracket Stage dengan format eliminasi ganda.

“MSI adalah kesempatan bagi para penggemar untuk mengevaluasi kekuatan tim dan region di pertengahan musim. Dengan format kompetitif baru ini, kami berharap dapat memberikan kesempatan yang lebih baik, serta menampilkan seri terbaik yang lebih menarik, dan memungkinkan lebih banyak cerita dari para pemain.” tulis Riot.

Perubahan format Worlds 2023

Untuk Worlds, venue akan kembali ke Korea. Terakhir kali Worlds diselenggarakan di Korea Selatan adalah pada tahun 2018.

Ada banyak perubahan format pada turnamen tahunan terbesar ini. Play-Ins akan jadi dua braket eliminasi ganda dengan empat tim dalam sistem round-robin. Dua tim teratas dari setiap braket akan memperebutkan dua slot di main stage.

LoL Esports

Babak grup telah diganti dengan mode braket Swiss. Sebelumnya League of Legends World Championship mengandalkan babak penyisihan grup berisi 16 tim dengan format double round-robin dalam empat grup yang berisi 4 tim.

Sistem baru ini menggabungkan seluruh tim dalam satu grup yang terdiri dari 16 peserta. Pertandingan diputuskan dari unggulan Play-In untuk Babak 1. Tim yang mendapat tiga kemenangan berturut-turut akan maju ke babak playoff.

Tim akan memainkan Best of 1 hingga seri penentu untuk progresi atau eliminasi. Babak eliminasi akan dimainkan dalam Best of 3.

Playoff

Playoff akan diisi oleh delapan tim yang akan bermain dalam Best of 5 dengan eliminasi tunggal. Riot telah memastikan bahwa tidak akan ada eliminasi ganda di babak ini.

“Membawa format eliminasi berganda ke Play-Ins dan Swiss memberi tim kesempatan di awal turnamen untuk bangkit kembali jika awal turnamen berjalan kurang baik dan memberi kita lebih banyak permainan dari para pro favorit.” ucap Riot.