3 Skill Makro yang Sering Diabaikan Pemain Tier Epic-Legend

Billy Rifki
24/08/2020 15:16 WIB
3 Skill Makro yang Sering Diabaikan Pemain Tier Epic-Legend
Esports.ID

Pada bahasan Mobile Legends sebelumnya, kita telah mempelajari istilah buta map. Membaca dan menguasai map adalah salah satu teknik makro skill yang mencakup pemahaman bermain secara luas. Sebaliknya, mikro skill berkaitan dengan mekanik seseorang atau keahlian pemain dalam menggunakan hero.

Kali ini, Esports.ID akan memberitahukan kalian 3 teknik makro gameplay lainnya yang sering diabaikan oleh pemain tier Epic, Legends dan dibawahnya. Skill ini bukan sesuatu yang bakal disaksikan orang, namun bila jadi kebiasaan, kamu akan merasa bermain jauh lebih baik dari sebelumnya. Apa saja sih skill tersebut?

- CEK PROGRESS ITEM & NETWORTH MUSUH

Mengecek menu item dan networth punya fungsi penting dalam perencanaan pertempuran. Info ini memberitahukan seberapa kuat kekuatan ekonomi dan persenjataan timmu dibanding lawan. Misalnya, untuk menentukan kalian bisa membunuh musuh seberapa cepat, kalian bisa mengecek level musuh terlebih dahulu di menu ini, melihat item yang mereka miliki apakah punya item defensif atau belum.

Kalian tidak perlu melakukan cek progress terus menerus. Beberapa momen penting untuk mengetahui info musuh kalian adalah sesaat sebelum level 4, gunanya untuk mengetahui scaling musuh ketika memiliki ultimate. Beberapa hero jadi sangat kuat ketika memiliki ulti dan teman kalian mungkin sedang dalam incaran.

Kemudian di menit ke-6 ketika musuh telah memiliki 1 atau 2 item awal, ini juga untuk menentukan seberapa kuat musuh ketika sudah punya item. Apakah kalian bisa melawan dengan persenjataan yang dimiliki saat ini atau core butuh beberapa item lagi. Terakhir, saat menjelang late game. Gunanya untuk mengetahui apakah musuh punya item defensif atau telah melengkapi item ofensif mereka. Jangan sampai kamu mengeluarkan skill pada lawan dengan Immortality atau tidak tahu kalau musuh sudah menyiapkan Winter Truncheon untuk memancing kamu.

Tentu, semakin sering kalian terbiasa mengecek menu ini, akan semakin baik. Ini menambah kewaspadaan tim ketika berhadapan dalam situasi krusial. 

- MENGGUNAKAN  QUICK CHAT & COMMAND

Banyak pemain yang menggunakan fitur perintah cepat hanya untuk tujuan sarkasme atau menyindir. Padahal, penggunaan fitur ini sangat bermanfaat untuk kalian para pemain solo. Tidak perlu repot-repot mengetik manual, utarakan maksud seranganmu dengan kata-kata singkat dan jelas yang sudah tercantum di Mobile Legends.

Kalian bisa mengatur perintah-perintah apa yang paling kalian butuhkan. Dalam game pun, masih ada shortcut command untuk beberapa tindakan seperti penanda ultimate, menyerang Lord/Turtle sampai cooldown battle spell. Jangan sampai perang jadi kalah karena kurangnya informasi antara kamu dan rekan setim. Bila kalian jeli, di kolom layar atas Mobile Legends, ada juga penanda ultimate di wajah tiap hero. Kalian bisa mengambil tindakan tertentu berdasarkan kesiapan mereka untuk bertempur.

- MENGHAPAL DETIK PENGGUNAAN SKILL & SPELL

Bila kalian sudah menguasai semua aspek mekanik Mobile Legends, teknik selanjutnya adalah menjadi otak serangan untuk tim kalian. Komunikasi yang baik selalu jadi kunci permainan, bukan cuma soal perintah serang atau mundur, tapi juga hal-hal detil seperti ada atau tidaknya ultimate musuh, kapan battle spell mereka terakhir digunakan dan di mana posisi core musuh sedang berada.

Kalau kalian sering memperhatikan pro player melakukan stream atau video mic check, mereka sering memberitahukan skill-skill apa saja yang sudah digunakan musuh, utamanya jurus pamungkas. Ini bisa jadi keuntungan saat war nanti karena mereka kekurangan ultimate. Contohnya, kalian mengetahui Chou musuh sudah menggunakan The Way of Dragon, maka, kamu bisa memberitahu coremu untuk menyerang karena musuh tak punya lagi alat untuk mengcounter inisiasi.

Atau, kalian sedang bersiap untuk teamfight, pastikan semua temanmu memiliki skill ultimate, bila belum, tunggu sesaat sampai kalian benar-benar ready.

Itu dia beberapa teknik makro gameplay yang kerap terlupakan oleh pemain Epic & Legend. Skill apa yang menurutmu paling penting untuk dikuasai agar bisa mencapai Mythic?