Unipin Ladies Series S2 Pakai Global Ban Pick, Uji Coba Sebelum MPL?

Billy Rifki
10/01/2022 06:22 WIB
Unipin Ladies Series S2 Pakai Global Ban Pick, Uji Coba Sebelum MPL?
esports.id interview, instagram

Unipin Ladies Series Season 2 kembali hadir mempertemukan tim Mobile Legends perempuan terbaik Indonesia untuk memperebutkan gelar juara. Turnamen ini dijadwalkan mulai pada 10 Januari hingga 20 Maret 2022 mendatang.

Yang menarik, Unipin Ladies Series akan menerapkan format turnamen baru yakni Global ban pick. Global ban pick adalah sistem drafting yang membatasi (mem-banned) penggunaan hero dalam satu match sehingga tidak bisa dipakai lagi di game selanjutnya. Ringkasnya, hero yang sama tidak akan bisa digunakan kembali di match selanjutnya untuk lawan yang sama.

Format ini merupakan inovasi yang berani dari Unipin Ladies Series untuk menguji seberapa fleksibel hero pool para player ladies nantinya. Namun, lebih menarik lagi apakah sistem ini akan juga diterapkan untuk kancah MPL Indonesia yang kabarnya bergulir Februari mendatang.

Esports.ID coba mencari jawaban kepada PR Moonton Indonesia, Azwin Nugraha. Ketika ditanya apakah turnamen Unipin Ladies Series Season 2 jadi percobaan sistem global ban pick untuk diterapkan di MPL musim mendatang? Beliau menjawab singkat, "Iya".

Hanya saja, belum ada informasi lebih lanjut apakah global ban pick akan langsung diterapkan di MPL Season 9. Format ini sendiri punya kelebihan yakni menjanjikan lebih banyak unique hero untuk dimainkan. Namun, bagi pemain yang tak punya hero pool luas, mereka akan kesulitan beradaptasi karena andalan mereka tak bisa dipakai terus menerus dalam satu pertandingan.

Yang pasti, kehadiran sistem global ban pick akan membuat turnamen Unipin Ladies Series season 2 jauh lebih menarik karena tak bisa sekedar mengandalkan hero meta, tapi juga strategi drafting yang harus lebih luas.

Apakah MPL Season 9 bakal pakai global ban pick juga?