MLBB Rajai Game Esports Mobile Paling Banyak Ditonton Tahun 2021

Billy Rifki
18/01/2022 16:00 WIB
MLBB Rajai Game Esports Mobile Paling Banyak Ditonton Tahun 2021
escharts.com

Di tahun 2021, geliat esports berbasis mobile begitu masif sampai menciptakan rekor-rekor viewership. Meski fenomena ini agak tersegmentasi dengan mayoritas pemain dan fans berasal dari wilayah Asia, namun jumlah pemain game dan penikmat esports di sana sangat besar.

Menurut data dari Niko Partners, jumlah penonton esports di Asia Timur dan Asia Tenggara mencapai 510 juta orang. Sementara keseluruhan jumlah penonton ada di angka 350 juta fans esports berasal dari Tiongkok dan 160 juta orang berasal dari Asia Tenggara, Jepang, dan Korea Selatan. Tak heran banyak turnamen esports mobile banyak ditonton bahkan watch hours-nya mencapai jutaan jam. Berikut adalah 5 titel esports mobile yang paling banyak ditonton di tahun 2021 dari data escharts.com!

- BATTLEGROUNDS MOBILE INDIA

Versi adaptasi dari PUBG Mobile untuk wilayah India ini termasuk titel esports yang banyak ditonton di tahun 2021 menyusul diblokirnya aplikasi-aplikasi dari Cina termasuk game PUBG Mobile orisinil.

Tak lama dirilis oleh Krafton untuk Android, BMI langsung meledak sampai 16 juta download. Krafton pun menginisiasi sebuah turnamen pertama bertajuk "The Launch Party" yang diikuti oleh streamer dan pro player top India. Event tersebut sukses menarik 547 ribu peak viewers.

BMI melangsung kan lebih banyak event dengan berbagai sponsor berpartisipasi mulai dari Red Bull, Tesseract Esports, Skyesports, Upthrust Esports dan Krafton sendiri. Salah satu event terbesar BMI di India adalah iQOO Battlegrounds Mobile India Series 2021 yang dimulai awal Desember. Tercatat kurang lebih 300.000 penonton menyaksikan event ini setiap harinya.

- ARENA OF VALOR

Salah satu titel MOBA mobile terpopuler, AOV masih dinikmati oleh banyak pemain. Versi Tiongkok game ini, Honor of Kings masih terus menyelenggarakan event esports secara rutin. Salah satu keberhasilan AOV adalah strategi publisher yang terus aktif mempromosikan game ini berinvestasi ke pasar baru.

Tak cuma mengembangkan ekosistem esports di Asia, mereka juga penetrasi ke wilayah Eropa, Amerika, Timur Tengah sampai ke Afrika Utara dengan menyelenggarakan turnamen esports di sana.

Taktik lainnya adalah prize pool turnamen yang menjanjikan. Arena of Valor International Championship 2022 punya hadiah sebesar 2 juta USD kemudian dilanjutkan pada Ocktober diselenggarakan turnamen pamungkas Arena of Valor World Cup 2022 sebagai pemegang rekor turnamen esports mobile dengan prize pool terbesar yakni 10 juta USD!

- FREE FIRE

Rival abadi PUBG Mobile, Free Fire masih sangat populer di tahun 2021 meski mengalami penurunan popularitas dibanding tahun sebelumnya. Market viewers terbesar Free Fire berada di negara India, Brasil, Amerika Latin dan Indonesia.

Turnamen terpopuler Free Fire yakni Free Fire World Series Singapore ditonton oleh 5,4 juta peak viewers. Ini adalah rekor untuk jumlah penonton online esports terbanyak menyalip rekor penonton untuk League of Legends Worlds.

Salah satu penyebab FF turun popularitas karena event dunia kedua mereka batal terlaksana di bulan November akibat pandemi Covid.

- PUBG MOBILE

Titel esports mobile terpopuler selanjutnya adalah PUBG Mobile. Keseluruhan siaran turnamen PUBG Mobile di tahun 2021 mengumpulkan 217 juta jumlah hours watched, meningkat 61% dari tahun sebelumnya.

PUBG Mobile punya fan base yang besar di Brasil, Turki, Eropa Timur dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di bulan Januari 2021, PMGC Season 0 berlangsung menarik peak viewers campai 3,8 juta. PUBG Mobile juga menyelenggarakan lebih banyak event di tahun lalu seperti PMPL 3 2021 Southeast Asia Finals and PUBG Mobile World Invitational 2021 yang ditonton sampai 1 juta viewers.

Walau kehilangan pemain dan penonton dari India karena pemblokiran, Indonesia berhasil menjadi lumbung fanbase mayoritas karena antusiasme mendukung Bigetron Red Aliens dan Genesis Dogma Gids.

- MOBILE LEGENDS

Game esports mobile terakhir yang sangat populer di tahun 2021 adalah Mobile Legends atau MLBB. Di Asia Tenggara saja, Moonton dengan berbagai event regional dan kejuaraan dunia mereka berhasil menarik ratusan juta viewers.

Dari data escharts.com, total jam menonton kompetisi Mobile Legends mencapai 386 juta hours watched, meningkat 2,5 kali lipat dari tahun 2020. Ada sekitar tujuh turnamen besar MLBB yang berlangsung di tahun 2021 mulai dari MPL regional sampai kejuaraan dunia. Salah satu turnamen terbesar dan terpopuler mereka adalah M World Series ketiga atau M3 yang punya peak viewers sebanyak 3,1 juta.

Bila dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, MLBB punya 45% jumlah hours watched lebih banyak dari PUBG Mobile di tahun 2021. Itu dia 5 titel esports mobile yang paling banyak ditonton di tahun 2021. Mengejutkan banget yah datanya!