Tahapan Seleknas Timnas Esports SEA Games 2023 Telah Dimulai!

Dandesignlab
04/02/2023 13:02 WIB
Tahapan Seleknas Timnas Esports SEA Games 2023 Telah Dimulai!
Timnas Esports Indonesia

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) resmi mengawali jalannya proses Seleksi Nasional (Seleknas) pekan ini sebagai bagian dari persiapan fundamental menuju Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) cabang olahraga esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Tahap awal ini meliputi pengumuman pelatih Tim Nasional Esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023, pengumuman dan pemanggilan atlet-atlet esports tanah air yang akan mengikuti seleksi menuju tahap Pelatnas, serta serangkaian tes psikologi dan kesehatan yang dijadwalkan berlangsung hingga pekan depan.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) yakni Bambang Sunarwibowo mengatakan bahwa catatan prestasi esports yang membanggakan dan terus menunjukkan tren positif di bawah kepemimpinan Ketua Umum PB ESI Budi Gunawan, seperti prestasi 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu pada SEA Games ke-31 Hanoi 2021 dan menjadi Juara Umum pada Kejuaraan Dunia IESF ke-14 yang berlangsung di Bali pada Desember 2022 lalu, telah menjadikan cabang olahraga esports menerima amanat penting dari negara untuk menyumbangkan prestasi optimal di perhelatan SEA Games ke-32 Kamboja yang akan berlangsung pada bulan Mei 2023.



“Kami mengemban tanggung jawab yang besar dari negara untuk menjadikan esports sebagai salah satu pilar utama yang mampu menyokong prestasi olahraga Indonesia pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023 nanti. Sebuah amanat yang harus kami jawab dengan keseriusan dalam menyusun program yang strategis, dari persiapan hingga pada pelaksanaan kompetisinya nanti,” ujar Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo.

Sehubungan dengan amanat tersebut, Bambang Sunarwibowo menegaskan PB ESI melakukan seleksi yang ketat berdasarkan penilaian-penilaian serta analisis yang mendalam dan komprehensif terhadap nomor gim yang diajukan untuk dapat berpartisipasi di SEA Games ke-32 Kamboja 2023, pemilihan pelatih dan jajaran tim pendukung teknis maupun non-teknis, serta pemilihan para atlet esports untuk Seleknas maupun Pelatnas nantinya.

“Bertanding atas nama negara berbeda dengan bertanding atas nama perorangan ataupun klub. Diperlukan atlet-atlet yang tidak saja memiliki skill yang piawai, namun juga mental yang kuat, karakter yang positif, berintegritas, serta memiliki semangat bela negara yang tinggi. PB ESI melakukan asesmen dengan sangat seksama berdasarkan data, observasi, prestasi, kesiapan mental, dan analisis-analisis profesional dari para pakar di bidangnya,” tutur Ketua Harian PB ESI menjelaskan.

Sejumlah Atlet Esports Terbaik Tanah Air telah Dipanggil untuk Mengikuti Seleknas

PB ESI telah mengumumkan sejumlah nama atlet yang diundang untuk mengikuti Seleknas. Atlet-atlet tersebut akan diseleksi untuk masuk ke tahap berikutnya, yaitu tahap Pelatnas untuk beberapa judul game yang akan dipertandingkan di SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

SEA Games ke-32 Kamboja 2023 akan mempertandingkan 9 (sembilan) judul game. Berdasarkan analis-analis dan proyeksi peluang, PB ESI mengajukan untuk dapat mengikuti 6 (enam) nomor gim. Nomor-nomor gim tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang Men, Mobile Legends: Bang Bang Women, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Valorant, dan CrossFire. Khusus untuk PUBG Mobile Squad, PB ESI mengajukan untuk dapat memberangkatkan sesuai dengan kuota yang disediakan penyelenggara, yaitu 2 (dua) tim.

“Jumlah atlet esports yang dipanggil untuk mengikuti Seleknas masih mungkin bertambah. Komitmen kami sangat jelas, bahwa tahap Seleknas adalah tahap dimana kami akan melakukan seleksi yang sebaik-baiknya, berdasarkan analisis yang sangat komprehensif dari pelatih dan tenaga profesional, mengandalkan sports science, serta terus mencermati dinamika sehingga kami benar-benar dapat memilih talenta-talenta terbaik bangsa yang punya rekam jejak prestasi yang mumpuni, mempunyai mental dan karakter yang terpuji, serta memiliki kebugaran fisik yang prima,” ujar Christian Surjadi Wakil Ketua Badan Tim Nasional Esports SEA Games Kamboja 2023 yang juga merupakan Kepala Bidang Pelatih dan Wasit PB ESI.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) adalah induk organisasi olahraga esports sebagai olahraga prestasi yang diakui pemerintah. PBESI yang diketuai oleh Jenderal Polisi (P.) Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si. memiliki visi mengembangkan dan mempromosikan ekosistem Esports yang stabil dan dapat membawa Indonesia menjadi pemimpin Esports di kawasan Asia.