HAGO & VLIGHT Luncurkan Jawara Game Indonesia

Ryan Maldini
25/11/2019 15:44 WIB
HAGO & VLIGHT Luncurkan Jawara Game Indonesia
Kompetisi Pengembangan Gim Berhadiah Rp.135.000.000!

HAGO, aplikasi gim sosial terfavorit di Indonesia, serta anak perusahaan dari VLIGHT - penyedia layanan komunikasi internet terintegrasi terkemuka di Singapura, meluncurkan kompetisi Jawara Game Indonesia. Bekerja sama dengan pengembang gim lokal, distributor, komunitas gaming kreatif, serta didukung oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BAPAREKRAF), Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI), kompetisi pengembangan gim ini secara resmi diluncurkan dengan tujuan menemukan talenta pengembang gim lokal, menciptakan peluang, sekaligus meningkatkan kualitas perindustrian gim dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Jawara Game Indonesia telah dimulai dari 20 November 2019, dan akan berlangsung hingga tanggal 12 Desember 2019, dengan menampilkan permainan kasual atau midcore game. Para pemenang Jawara Game Indonesia akan menerima total uang tunai sebesar Rp. 135.000.000, berikut kesempatan untuk gim buatannya bersanding dengan 40 gim terfavorit HAGO.

“HAGO meluncurkan kompetisi pengembangan gim untuk mendorong talenta lokal dalam berpartisipasi serta menjadi wadah bagi mereka untuk menunjukkan keahliannya. Tidak hanya pandai dalam bermain gim, kami berharap setelah diadakannya kompetisi ini, minat muda-mudi Indonesia menjadi pengembang gim dan berkontribusi pada ekonomi kreatif akan menjadi lebih besar,” jelas Qiu Bin, General Manager HAGO.

“Kami mengapresiasi peluang yang diberikan HAGO dalam penyelenggaraan kompetisi ini (Jawara Game Indonesia). Gim merupakan salah satu subsektor dari ekonomi kreatif. Saya berharap akan lahir produk-produk gim yang kekayaan intelektual dimiliki anak bangsa dan dapat bekerja sama dengan HAGO,” jelas Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BAPAREKRAF).

Luat Sihombing, Kasubdit Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital KOMINFO menambahkan, “Kami mendukung HAGO, karena acara ini sangatlah penting dan kami percaya inilah yang dibutuhkan. Pengembang gim Indonesia membutuhkan cara untuk bersinggungan langsung dengan konsumen. Melalui acara ini, kualitas pengembang gim Indonesia akan menjadi lebih baik. Kami senang ada pihak yang memulai ini dan kami berharap ke depannya akan banyak kesempatan seperti ini bagi para pengembang gim.”

Tren gim online bukanlah hal yang baru di Indonesia. Tingginya minat masyarakat akan gim online, sekitar 43,7 juta pemain, menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar bagi perusahaan gim online lokal maupun dunia.

Adam Ardisasmita, Wakil Presiden AGI juga sampaikan pendapatnya, “AGI sepenuhnya mendukung kompetisi pengembang gim oleh HAGO. Kegiatan seperti ini sangat berguna untuk melahirkan pengembang gim baru dan mengembangkan industri gim di Indonesia. Sekarang kami memiliki 35 studio gim atau penerbit sebagai anggota, semuanya memiliki potensi yang baik. Dan kami sangat menghargai serta mengakui bahwa HAGO memberikan kesempatan besar kepada talenta lokal untuk menunjukkan apa yang dapat mereka lakukan. Kami harap ini bukan yang terakhir!”

Agar dapat mengikuti kompetisi Jawara Game Indonesia, calon peserta bisa berasal dari kalangan pelajar SMA, mahasiswa, pengembang lokal, atau pecinta gim, serta harus berkewarganegaraan Indonesia. Jenis tipe dan generator permainan yang dapat ikut serta dalam kompetisi Jawara Game Indonesia adalah HTML5, seperti Cocos Creator, Laya, Egret, BabylonJS, Phaser, pixiJS, ThreeJS, PlayCanvas, dan melonJS.

Gim yang dikirimkan harus terjamin keasliannya dengan otorisasi yang sah, tidak melanggar hak hukum subjek apapun, dan tidak mengandung konten SARA (suku, agama, ras, antargolongan), juga politik. Penjurian akan dilakukan menggunakan skor berdasarkan permainan gim dan seni desain, serta berlaku poin tambahan untuk permainan gim yang kreatif dan gunakan tema unik. Selain juara pertama, juara kedua akan mendapatkan uang tunai sebesar 40 juta rupiah, sementara juara ketiga memperoleh uang tunai sebesar 20 juta rupiah, juara keempat menerima 10 juta rupiah, dan juara kelima 5 juta rupiah.

Kamu berminat? Langsung saja kirimkan gim kreasimu via email ke: [email protected], dengan format judul; SUBMISSION - JENIS GIM - NAMA GIM - NAMA PENGEMBANG. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 18 Desember 2019. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi Jawara Game Indonesia dapat diakses melalui akun sosial media HAGO Indonesia, atau situsnya DI SINI.

Sebelum kompetisi Jawara Game Indonesia, tahun ini HAGO telah melakukan beberapa kerja sama dengan perusahaan dan instansi, seperti AXIS untuk event Lipstick Challenge, Miniso untuk event THR Idul Fitri, dan Angkasa Pura II untuk event Airport Week Fest. Di tahun 2020 nanti, HAGO siap berkolaborasi dengan perusahaan atau instansi untuk mengembangkan industri kreatif dan informasi teknologi di Indonesia dengan meningkatkan pengalaman bermain pengguna.