ASUS TUF Gaming FX505DY, Lebih Terjangkau dengan Prosesor AMD Ryzen!

Basitullah
29/02/2020 16:31 WIB
ASUS TUF Gaming FX505DY, Lebih Terjangkau dengan Prosesor AMD Ryzen!

Persepsi masyarakat tentang laptop gaming masih erat kaitannya dengan harga yang mahal. Jika ada laptop gaming yang terjangkau, pasti hadir tidak dengan fitur premium layaknya sebuah laptop gaming. Atas dasar itu, ASUS mencoba patahkan persepsi yang beredar di masyarakat melalui produk TUF Gaming, sebuah laptop yang kaya fitur premium dengan harga terjangkau.

Jika disandingkan dengan lini gaming ASUS (ROG dan Strix), TUF Gaming memang berada di posisi bawahnya. Hanya saja, lini TUF Gaming ditujukan untuk kalangan pengguna yang berbeda dan hadir dengan spesifikasi yang lebih rendah dari dua saudaranya tersebut. Meski demikian, TUF Gaming masih tetap hadir dengan beragam fitur eksklusif dan premium yanhg tidak bisa didapatkan di laptop gaming lain sekelasnya.

ASUS TUF Gaming FX505DY, bisa dikatakan sebagai saudara dekat ASUS ROG Strix GL504 karena memiliki bentuk bodi yang sangat mirip. Bahkan, beberapa fitur premium yang ada di GL504 kembali dihadirkan di TUF Gaming ini. Satu hal lagi yang membuat TUF Gaming FX505DY spesial, karena ditenagai prosesor AMD Ryzen 3000 series yang miliki performa pemrosesan powerful namun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Lebih Ramping, Lebih Tangguh!

Jika Sobat Esports tahu bagaimana desain seri TUF Gaming sebelumnya, kami jamin kamu akan terkaget-kaget melihat TUF Gaming FX505DY ini. Tampil begitu ramping, FX505DY miliki bodi yang lebih geometris dan minim lengkungan. Bagian penutup layarnya hadir dengan desain heksagonal yang menampilkan nuansa kokoh, dimana terdapat juga tambahan desain yang melambangkan huruf X pada bagian tersebut.

Beralih ke layar, ASUS juga menghadirkan teknologi eksklusif NanoEdge Display pada laptop gaming ini. Teknologi ini sering muncul di berbagai laptop premium ASUS, salah satunya adalah ZenBook. Lewat NanoEdge Display, TUF Gaming FX505DY dapat memiliki layar yang hadir dengan bezel sangat tipis, yaitu hanya 6,5mm saja. Sehingga, bodi TUF Gaming FX505DY ini bisa tampil lebih ramping secara keseluruhan.

TUF Gaming FX505DY juga hadir dengan layar berpanel IPS-level dengan color gamut sRGB hingga 100%. Ditambah dengan dukungan viewing angle yang lebar, layar TUF Gaming FX505DY mampu menghadirkan kualitas visual dengan kontras dan ketajaman warna yang konsisten. Hal tersebut tentu akan membuat pengalaman bermain game Sobat Esports menjadi lebih immersive terutama pada game yang memang menampilkan lingkungan yang luas dan detail, seperti PUBG, CS:GO, Overwatch, dan lain sebagainya.

Inovasi ASUS tidak sampai di situ, TUF Gaming FX505DY pun menjadi laptop gaming pertama yang menerima sertifikat standar militer MIL-STD-810G. Artinya, laptop gaming ini memiliki bodi yang sangat tangguh. Ia bahkan telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji getaran dan tekanan, uji suhu, uji kelembapan, hingga uji radiasi matahari. Sertifikasi standar militer yang dikantongi TUF Gaming FX505DY juga memastikan laptop gaming ini memiliki umur panjang.

Seperti Bermain di Desktop PC

Para engineer di ASUS sepertinya ingin pengguna TUF Gaming FX505DY merasakan pengalaman bermain maksimal. Tentu saja acuan yang paling ideal untuk menghadirkan hal tersebut adalah PC desktop yang memang merupakan perangkat ideal untuk bermain game. Untuk itulah beragam inovasi pun dihadirkan agar pengguna TUF Gaming FX505DY bisa menikmati pengalaman bermain layaknya di PC desktop, salah satunya adalah dari sisi keyboard.

Keyboard di TUF Gaming FX505DY hadir dengan mekanisme khusus yang disebut dengan HyperStrike Technology. Menggunakan teknologi tersebut, keyboard TUF Gaming FX505DY tampil dengan akurasi yang lebih tinggi baik ketika mengetik maupun bermain game. Hal tersebut dikarenakan jarak antar tombol dan layout keyboard yang sudah dioptimalisasi sehingga siapaun yang menggunakannya akan dapat mengenali posisi tombol secara natural.

Tidak hanya itu, setiap tombol keyboard di TUF Gaming FX505DY sudah dirancang dengan presisi dan menghadirkan respon yang cepat. Terinspirasi dari keyboard PC desktop, keyboard di TUF Gaming FX505DY memiliki key travel sejauh 1,8mm yang nyaman. Laptop ini juga memiliki tombol spasi yang lebih lebar dan tombol WASD yang berbeda agar gamer bisa bermain lebih nyaman.

Agar tampil lebih gaya, ASUS juga telah menghadirkan RGB backlight di beberapa varian TUF Gaming FX505DY, salah satunya adalah TUF Gaming FX505DYxxx yang kami gunakan di ulasan kali ini. Tentu saja RGB backlight tersebut telah didukung oleh fitur AURA RGB sehingga tampilan dan warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan Sobat Esports.

Tetap Dingin Saat Bermain Game

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS memang menghadirkan beberapa fitur premium di TUF Gaming FX505DY, salah satunya adalah Hypercool Technology. Fitur pendinginan khusus ini juga digunakan di ROG Strix GL504 dan yang paling kami suka dari sistem pendingin ini adalah terdapatnya teknologi Anti-Dust Cooling.

Anti-Dust Cooling merupakan teknologi yang dipatenkan oleh ASUS untuk meningkatkan performa pendinginan dengan cara membuang debu dan partikel pengganggu lainnya sehingga tidak menyangkut di dalam jalur pendinginan laptop ini.

Untuk meningkatkan performa pendinginannya, TUF Gaming FX505DY memanfaatkan dua kipas dengan desain heatsink Trapezoid-Cut yang telah dipatenkan. Bagi Sobat Esports yang suka bermain dalam waktu lama (marathon gaming), ASUS juga menyediakan opsi Fan Overboost di TUF Gaming FX505DY. Melalui mode tersebut, kipas akan berjalan dengan kecepatan maksimal sehingga memastikan komponen di dalamnya akan tetap dingin dan tidak mengganggu sesi bermain game Sobat Esports.

Audio Premium dan Konektivitas Lengkap

Dalam game, suara merupakan salah satu faktor yang sangat vital. Reproduksi suara yang bagus akan membuat pemain lebih bisa merasakan suasana dalam game. Sebaliknya, pengalaman bermain bisa menjadi buruk jika suara yang dihasilkan tidak bagus, seperti misalnya tidak bisa mereproduksi suara arah tembakan dengan baik. Untuk itulah ASUS menggunakan teknologi DTS Audio di TUF Gaming FX505DY.

Teknologi audio yang digunakan di TUF Gaming FX505DY adalah DTS Headphone: X yang bisa menghadirkan kualitas suara layaknya di bioskop menggunakan fitur 7.1 Virtual Surround Sound, bahkan ketika Sobat Esports menggunakan headset. DTS Headphone: X juga telah dioptimalisasi untuk berbagai skenario penggunaan dan memiliki tiga profil audio yaitu Sport, Game, dan Movies. Jika masih belum puas, teknologi tersebut juga menawarkan audiophile-grade equalizer sehingga Sobat Esports bisa menentukan sendiri pengaturan audio sesuka hati kamu.

Konektivitas juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dari sebuah laptop gaming. ASUS TUF Gaming FX505DY sudah menggunakan modul Wi-Fi dengan teknologi terkini yaitu Intel 802.11ac Wave 2. Modul Wi-Fi tersebut merupakan salah satu yang paling kencang saat ini dan memiliki kecepatan transfer data hingga 1,7Gbps atau sekitar 12 kali lebih kencang dari modul Wi-Fi 802.11.b/g/n.

Tidak hanya lebih kencang, modul Wi-Fi yang digunakan di TUF Gaming FX505DY juga menggunakan konfigurasi 2x2 MIMO sehingga memiliki jangkauan 30 persen lebih luas dari konfigurasi 1x1 yang digunakan di laptop lain. Sebagai tambahan, ASUS juga menghadirkan Bluetooth 5.0 sebagai opsi konektivitas ekstra dan juga port ethernet di bagian sisi bodi untuk kamu yang lebih suka menggunakan kabel demi konektivitas lebih stabil.

Menemani port ethernet, terdapat juga 3 port USB Type-A yang dua di antaranya adalah USB 3.0. Selain itu juga terdapat bport HDMI dan COMBO Audio Jack 3.5mm. Uniknya, semua port tersebut diletakkan di sebelah kiri sehingga tidak akan mengganggu ketika kamu menggunakan mouse.

Spesifikasi Terkini untuk Bermain Game

Tentu saja sebagai sebuah laptop gaming, TUF Gaming FX505DY hadir dengan spesifikasi khusus gaming. Laptop yang kami uji kali ini adalah varian TUF Gaming FX505DYG yang menggunakan prosesor Ryzen 5 3550H . Prosesor mobile berperforma tinggi dari AMD tersebut hadir dengan konfigurasi 4 core 8 thread serta memiliki kecepatan pemrosesan hingga 3,7GHz.

Karena memiliki jumlah core dan thread yang cukup tinggi, TUF Gaming FX505DY juga sangat bisa diandalkan untuk multitasking. Gamer kini dapat bermain game sambal melakukan live streaming berkat performa kencang dari prosesor tersebut.

Cinebench R15 Benchmark

Prosesor bukan satu-satunya komponen yang membuat TUF Gaming FX505DY tampil powerful dan bisa menjalankan berbagai game terkini. Chip grafis atau GPU juga memiliki peranan yang sangat penting karena game sangat membutuhkan performa pemrosesan grafis. Di TUF Gaming FX505DYG yang kami gunakan kali ini, GPU yang digunakan adalah Radeon RX560 yang merupakan chip grafis gaming kelas entry-level. Meski demikian, performanya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kombinasi Ryzen 5 3550H dengan Radeon RX560 mampu menghasilkan performa yang bagus di berbagai judul game AAA. Tom Clancy’s The Division 2 misalnya. Game tersebut mampu berjalan dengan rata-rata framerate di angka 68 fps. Game AAA lainnya yaitu Rise of The Tomb Raider pun mampu berjalan di rata-rata framerate 39 fps. Apalagi game esports seperti PUBG, CS:GO, Overwatch, DOTA 2, dan lain sebagainya sudah pasti dilumat oleh ASUS TUF Gaming FX505DY ini.

Berikut hasil benchmark dari ASUS TUF Gaming FX505DY:

The Division 2 (1080p)

Rise of The Tomb Raider (1080p)



3DMark Fire Strike Benchmark

3DMark Time Spy Benchmark



CrystalDiskMark 6

Salah satu keunggulan TUF Gaming FX505DY yang diuji oleh kami kali ini adalah laptop ini telah menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya. SSD yang digunakan adalah M.2 PCIe SSD yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dari HDD. Penggunaan SSD tidak hanya membuat sistem operasi Windows 10 berjalan lebih lancar dan lebih gesit, tetapi juga membuat waktu loading di dalam game menjadi lebih singkat.

Penyimpanan di TUF Gaming FX505DY juga dapat ditambah menggunakan HDD atau SSD dengan interface SATA. Melalui fasilitas penyimpanan tambahan tersebut, pengguna laptop ini dapat menyimpan lebih banyak data. Cukup pasang HDD atau SSD baru yang dapat langsung segera digunakan.

Baterai tahan lama

Sejak lama, baterai merupakan salah satu bagian yang menjadi kelemahan sebuah laptop gaming. Karena menggunakan komponen yang sangat bertenaga agar game bisa berjalan lancar, laptop gaming biasanya mengorbankan daya tahan baterai karena harus fokus dengan performa. Hal tersebut membuat sebagian besar laptop gaming tidak bisa bertahan lebih dari 3 jam bahkan untuk penggunaan standar.

Namun TUF Gaming FX505DY berbeda. Secara mengejutkan laptop gaming ini memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dari laptop gaming lainnya. Diuji menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Modern Office, TUF Gaming FX505DY berhasil bertahan selama lebih darti 5 jam.

Dengan daya tahan baterai yang lebih baik tersebut, setidaknya TUF Gaming FX505DY masih bisa tampil layaknya sebuah laptop yaitu perangkat yang memang bisa dibawa bepergian dan digunakan secara mobile.

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming FX505DY merupakan salah satu laptop gaming kelas mainstream yang paling menarik yang ada saat ini. Dengan banderol harga di angka Rp10 jutaan, Anda sudah mendapatkan sebuah laptop bertenaga dengan daya tahan baterai yang sangat baik. Selain itu, daya tahan TUF Gaming FX505DY yang telah mendapatkan sertifikasi standar militer serta memiliki fitur premium juga membuat laptop ini semakin menggoda untuk dimiliki.

Tertarik untuk memiliki ASUS TUF Gaming FX505DY, Sobat Esports?