MSI Luncurkan Motherboard Seri 400, Apa Saja Keunggulannya?

Basitullah
06/05/2020 16:22 WIB
MSI Luncurkan Motherboard Seri 400, Apa Saja Keunggulannya?

MSI, salah produsen motherboard terkemuka, baru saja mengumumkan kehadiran produk terbaru mereka untuk pasar Indonesia, yakni Motherboard MSI seri 400. Buat Sobat Esports yang belum tahu, Motherboard MSI seri 400 memakai prosesor Intel 10th gen terbaru untuk socket 1200. Dimana CPU Intel 10th gen mampu hadirkan spesifikasi tinggi hingga 10 core, yang bakal meningkatkan kinerja CPU dan memori.

Motherboard MSI seri 400 dengan tiga macam segmen MEG (MSI Enthusiast Gaming), MPG (MSI Performance Gaming), dan MAG (MSI Arsenal Gaming) akan menjadi pilihan terbaik dan menggairahkan bagi Sobat Esports karena ketangguhannya yang dilengkapi teknologi terbaik, serta kinerja yang ditingkatkan sampai level yang begitu memuaskan. Tentu MEG, MPG, dan MAG akan jadi tiga pilihan yang diciptakan untuk memuaskan seluruh tingkatan gamer, baik itu pemula hingga gamer tingkat tinggi.

Mengintip Keunggulan Seri MSI 400

Dalam rangka mendukung prosesor Intel 10th gen, motherboard seri MSI 400 hadir dengan teknologi terbaru dan desain paling canggih. Motherboard ini menggunakan solusi pendinginan yang sudah ditingkatkan, baik pada produk high-end maupun entry level untuk memastikan hadirnya kondisi thermal terbaik, sebagai contoh semua motherboard Z490 menggunakan M.2 Shield Frozr. Seluruh lini produk motherboard MSI Z490 meningkatkan daya konduksi thermal dan kinerja OC dengan mengadopsi multi-layer PCB dari 6 layer menjadi 10 layer. Multi-layer PCB ini memudahkan transmisi pada bandwith yang lebih tinggi dan sirkuit yang andal.

Dengan 2.5G Ethernet LAN dan solusi Wi-Fi 6 AX membuat transfer data menjadi lebih cepat sehingga gamer akan merasakan pengalaman online yang lebih responsif. Selain itu, semua motherboard seri 400 mendukung LED RGB dan LED EZ Control terbaru untuk menyalakan atau mematikan lampu dengan mudah. Tidak hanya peningkatan kinerja, motherboard gaming seri MSI 400 dilengkapi dengan I/O shielding yang preinstalled, supaya lebih mudah dalam proses instalasi dan dioptimalkan untuk berintegrasi dengan sistem pendingin MSI.

SERI MEG

Sebagai produk segmen enthusiast, seri MEG berfokus pada teknologi terkini, sistem pendinginan yang agresif dan fitur-fitur eksklusif untuk mencapai kinerja maksimal. Motherboard seri MEG dilengkapi dengan sistem pendinginan aktif: Frozr Heatsink Design yang memakai kipas berbantalan roda ganda, teknologi Zero Frozr, dan ventilasi pada I/O shielding. MEG Z490 GODLIKE menawarkan desain termal yang lebih bertenaga, mencakup Stacked Fin Array, pipa thermal dan MOSFET Baseplate yang digunakan untuk menangani kinerja ekstrem maupun overclocking.

Ketiga slot M.2 dilengkapi dengan M.2 Shield Frozr. MEG Z490 GODLIKE hadir dengan solusi termal sisi ganda M2 untuk memastikan kondisi termal terbaik. Dibandingkan dengan desain-desain lain, motherboard seri MEG mengadopsi Mirrored Power Arrangement dengan pengendali ISL Phases untuk menggandakan tingkatannya. 16x 90A Smart Power Stage Design dengan 16x Titanium Choke III juga digunakan untuk memastikan penghantaran power yang identik, konsisten, dan stabil dari prosesor Intel Core 10th Gen.

Sedangkan untuk fitur-fitur eksklusif seri MEG, pada MEG Z490 GODLIKE dan MEG Z490 ACE sama-sama menggunaan Chest Plate, pelat belakang logam yang rigid, untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan akibat tekukan atau puntiran selama proses instalasi. Motherboard seri MEG juga diperkuat Audio Boost HD dengan prosesor audio ALC1220 yang dibuat khusus. Adapun ESS Audio DAC dan headphone amplifier akan melengkapi kemampuan seri ini untuk menyajikan pengalaman sound sekelas studio.

Disamping itu, fitur-fitur eksklusif MEG Z490 GODLIKE mencakup Dynamic Dashboard II, yang akan meng-upgrade motherboard itu dengan colorful OLED untuk penyesuaian yang lebih baik, 10G Super LAN dan port Thunderbolt 3 akan menghadirkan transfer data yang amat cepat, dan dilengkapi kartu aksesori M.2 XPANDER-Z GEN 4 S yang memiliki fitur Smart Fan Function.

SERI MPG

Bagi gamer yang sangat menekankan kinerja tinggi, motherboard seri MPG akan selalu menjadi pilihan utama karena ia akan menunjukkan gaya dan kepribadian penggunanya berkat tampilan dan sentuhannya yang unik. Semua motherboard seri MPG dilengkapi dengan Mystic Light LED yang mengandung 16,8 juta warna dan 29 efek, mudah dikendalikan melalui Dragon Center yang eksklusif dari MSI.

Premium Duet Rail Power Solution membantu meningkatkan stabilitas penghantaran power. Dengan jumlah core yang lebih banyak, solusi thermal sangat penting untuk meningkatkan efek pengurang panas. MPG Z490 GAMING CARBON WIFI punya fitur chipset heatsink dan heat-pipe yang diperbesar. MPG Z490 GAMING EDGE WIFI dan MPG Z490M GAMING EDGE WIFI sama-sama dilengkapi cover aluminium dan MPG Z490 GAMING PLUS dengan Extended Heatsink Design, yang dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya peningkatan temperatur.

Transmisi Internet dan intranet berkecepatan tinggi semakin penting bagi gamer. Hadirnya 2.5G LAN dan LAN Manager menjadi suatu keharusan dengan solusi Wi-Fi 6 AX, untuk menawarkan koneksi kabel dan nirkabel terbaru. Lightning USB 20G untuk MPG Z490 GAMING CARBON WIFI dan MPG Z490 GAMING EDGE WIFI mengadopsi chip pengendali ASMedia 3241 untuk menghadirkan kecepatan transfer hingga 20Gbps dengan konektor Type-C.

SERI MAG

Miliki tampilan militer, motherboard ini tampak rigid dan sangat tangguh. Seri MAG adalah motherboard berbasis kinerja dengan spesifikasi penting untuk memenuhi kebutuhan para gamer. MAG Z490 TOMAHAWK memiliki cover aluminium dan MAG B460 TOMAHAWK memiliki Extended Heatsink Design. Kedua heatsink yang diperbesar itu bakal memastikan efek termal yang lebih baik. Semua slot M.2 dilengkapi dengan M.2 Shield Frozr untuk mencegah terjadinya throttling. Digital PWM dengan 12 + 1 + 1 Duet Rail Power System dapat menjamin stabilitas dan konsistensi dalam penghantaran power.

MAG Z490 TOMAHAWK dilengkapi dengan Dual LAN, termasuk 2.5G LAN dan Gigabit LAN dengan CPU overheard yang lebih rendah dan penggunaan jaringan dalam jangka panjang. Sementara untuk motherboard yang memakai chipset B460, MSI juga memiliki lini produk seri MAG terlengkap termasuk motherboard TOMAHAWK, MORTAR dan BAZOOKA, di mana semuanya sudah dilengkapi dengan 12+1+1 Duet Rail Power System untuk menghadirkan performa yang lebih stabil bagi gamer pemula.

SERI PRO

Disamping MEG, MPG dan MAG, Motherboard MSI seri 400 juga punya versi PRO. Dimana seri PRO membantu para gamer bermain dengan lebih cerdas. Z490-A PRO memiliki fitur-fitur fungsional yang stabil dan perakitan berkualitas tinggi untuk menghadirkan workflow profesional yang berkualitas tinggi. Extended Heatsink Design, M.2 Shield Frozr dan Digital PWM dengan 12 Duet Rail Power System berkolaborasi untuk menyajikan pemrosesan yang andal. Solusi Network yang dipakai juga di-upgrade ke 2.5G LAN supaya gamer menikmati pengalaman jaringan yang lebih cepat.

Gimana Sobat Esports, bikin ngiler kan motherboard-nya? Saatnya upgrade motherboard kamu nih!