GoPay Campaign

[Review] Black Shark 3, HP Gaming Canggih Kuat Push Ranked Seharian!

Billy Rifki
11/08/2020 09:00 WIB
[Review] Black Shark 3, HP Gaming Canggih Kuat Push Ranked Seharian!
Black Shark 3

Meramaikan pasar gaming smartphone di Indonesia, Xiaomi kembali merilis varian terbaru dari brand Black Shark, yakni Black Shark 3. Hadir dalam 3 pilihan spesifikasi berbeda (RAM & ROM 8 GB+128 GB, 12 GB+128 GB, dan 12 GB+256 GB), hape gaming gahar ini dipersenjatai Snapdragon 865 dengan UI JOYUI 11 berbasis Android 10 professional gaming system.

Belum lagi, konfigurasi dari chipset yang menggunakan CPU Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.80 GHz Kryo 585) dan GPU Andreno 650 untuk menunjang kemampuan grafisnya.

HP flagship 5G ini juga punya keunggulan lain diantaranya :

  • “Sandwich” Liquid Cooling System
  • ROM & RAM- LPDDR5 + UFS 3.0
  • 65W Hyper Charge
  • 4720mAh Dual Battery
  • 18W magnetic charging contacts
  • 5G + Wi-Fi 6 with Dual “X” Antenna
  • The return of 3.5mm jack

Sebagai HP gaming terbaik, tentu Black Shark 3 didukung oleh layar indah nan mumpuni yang mampu menghasilkan grafis memukau untuk segala kebutuhan game anda. Mulai dari 6.67-inch layar AMOLED, 90Hz Refresh Rate dengan Teknologi MEMC, Warna 10-bit dengan Akurasi Delta E < 1, TrueView Display dan True Hardware DC Dimming plus Front Facing Symmetry Stereo Speakers dipercaya bisa memanjakan mata dan telinga untuk aktivitas gaming lebih lama.

Bukan cuma performa gaming yang dioptimalkan, tak lupa Xiaomi menyematkan kamera handal 64MP Triple-Camera System yang sangat cocok untuk keperluan swafoto atau mengabadikan momen-momen gaming setiap harinya.

DESIGN

Masalah design jadi aspek krusial dalam bermain game! Layar dan audio yang sudah baik, makin lengkap dengan bentuk pegangan smartphone yang sangat memuaskan. Sentuhan responsif dari layar Black Shark 3 tak membuat jemari pegal ketika harus bereaksi cepat. Ini karena 270Hz touch reporting rate (dan juga touch sampling rate) yang paling tinggi di dunia. Fitur ini menghasilkan latensi paling rendah yaitu 24ms, artinya Sobat Esports bisa menembak sesaat sebelum musuh datang.

Desain Black Shark 3’s berdasarkan huruf “X” , yang menjadi pusat desain pada handphone Black Shark. Bagian belakang simetris secara horizontal dan vertikal. Dua bentuk “berlian” di bagian atas dan bawah handphonenya dapat menjadi dukungan yang sempurna saat anda sedang gaming dan memegang handphone secara horizontal.

Tak lupa lampu RGB pada desain baru logo Black Shark di tengah-tengah dapat diubah-ubah di bagian pengaturan (Featured Function / Light Effect Setting / Light Effect Editor). Pada sisinya, Black Shark 3 memiliki tombol bernama Shark Key, tombol power, dan tombol volume. Plus, colokan 3.5mm dihadirkan kembali.

Soal performa, Black Shark 3 memahami spesifikasi gaming kerap menimbulkan panas pada perangkat dan membuat tak nyaman. Untuk itu, “Sandwich” liquid cooling system yang revolusioner dihadirkan. Dengan SoC, chip WIFI, 5G yang modern, charging circuit, dan komponen lain membuat hawa panas menyebar pada dua sisi dari main boardnya, dua pipa liquid cooling yang amat panjang menutupi kedua belah sisi dari board dan menyentuh secara langsung ke komponennya. Panas menyebar keluar dari dua sisinya secara bergantian. Bisa dikatakan, efisiensi pendinginan pada Black Shark 3 ini dapatkan peningkatan hingga 50%. Sehingga, tanganmu tidak akan kepanasan saat bermain game.

FITUR-FITUR

Black Shark 3 mendukung jaringan 5G baik NSA dan SA. HP ini juga mendukung Wi-Fi 6 standar yang terbaru, 270%* lebih cepat daripada WiFi 5 standar. Antena “X” Ganda sekeliling frame menyediakan koneksi paling stabil saat anda memegang handphone dengan dua tangan. Channel koneksi ganda pada Black Shark 3 memungkinkan untuk tetap tersambung dengan 5G dan Wi-Fi secara bergantian.

Membahas soal layar, Black Shark 3 dipersenjatai dengan layer AMOLED sebesar 6.67-inch. Layar besar dan bersih membuat anda menjadi bagian dari game daripada jadi yang cuma memainkannya. Teknologi MEMC didalam layar juga memiliki refresh rate dari 90Hz, membuat penglihatan lebih halus daripada sebelumnya. Teknologi MEMC dipersembahkan oleh boost chipset image sampai dengan 90Hz, memberikan view terbaik walaupun kamu hanya menonton konten yang normal.

Kombinasi dari Delta E < 1 dan JNCD < 0.55 dan perangkat keras DC dimming, Black Shark 3 memperlihatkan cahaya konstan sebagai ganti dari kedipan layar saat brightness rendah. Berguna meringankan kinerja mata saat sesi gaming marathon. Selain itu, akurasi warna Black Shark 3 didapuk sebagai satu dari yang paling tinggi dari semua smarthphone lain, seakan anda dapat melihat warna nyata di games dan video.

DAYA TAHAN

Kemampuan baterai dari Black Shark 3 sangat mengagumkan. Sumber daya berkapasitas 4720mAh dual battery-nya awet untuk gaming jangka panjang. Kalau kamu ingin istirahat sejenak, tak butuh waktu lama untuk 65W hyper charge lekas mengisi kembali tenaga Black Shark 3.

Pengalaman pengguna memainkan Mobile Legends dan PUBG Mobile, Black Shark 3 masih menyisakan baterai 20% ketika dipakai bermain dari jam 10 pagi sampai 10 malam. Inovasi baterai ganda pertama di dunia ala Black Shark 3 betul-betul menjawab kebutuhan gamers hardcore.

Khawatir kabel casan mengganggu aktivitas game anda? Tak perlu dipikirkan, karena lubang charger terselip ditengah, pas diantara sela telunjuk dan jari tengah. Atau, gunakan 4 kontak magnet dibelakang untuk mengisi ulang daya handphone. Didukung dengan 18W fast charge, anda tidak perlu khawatir mengenai colokan charging Type-C di bawah mengganggu kenyamanan anda memegang handphone.

KAMERA

Untuk ukuran HP gaming, Black Shark cukup serius menyematkan kamera dalam perangkatnya. Black Shark 3 dilengkapi dengan triple-camera64MP untuk kamera utama, 13MP ultra-wide, dan kamera 5MP untuk bokeh (buram). Mode Super night di dalam RAW Domain menyediakan gambar yang jernih dan jelas pada malam hari.

  • 13MP ultra-wide snapper – bukaan f/2.25
  • 5MP kamera untuk bokeh – bukaan f/2.2
  • 64MP Kamera Super Clear – bukaan f/1.8 aperture, 1.6μm 4 in 1 super pixel
  • Anda bisa menyalakan/mematikan mode utrawide di dalam aplikasi kamera.

AKSESORIS

Kalau ingin lebih puas ngegame,  Black Shark 3 juga memiliki tambahan perangkat seperti Black Shark FunCooler Pro, Gamepad 3 – Left, Black Shark Bluetooth Earphones 2, Black Shark Keyboard, Black Shark Magnetic Charging Cable dan Black Shark 3 Fun Frame.

KESIMPULAN & PENGALAMAN PENGGUNA

Selama berkesempatan menggunakan Black Shark 3, penulis sangat terpuaskan dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang dimiliki. Bermain tidak terganggu oleh baterai yang cepat habis, tampilan juga memuaskan dan pastinya jadi pusat perhatian di tongkrongan berkat lampu RGB khas Black Shark di body belakangnya.

Bagi anda yang kurang menyukai sentuhan dengan bahan plastik silicon tambahan dari Black Shark, tak masalah melepas casenya untuk sehari-hari karena tubuh asli Black Shark 3 sendiri tidak licin dan cenderung lebih ringan ketimbang HP gaming kompetitor. Dimainkan dalam posisi duduk, tiduran, menyamping bahkan dalam sesi gaming marathon, tangan tidak terasa pegal sama sekali. Fitur 5G bawaannya juga menjamin bermain game lebih stabil tanpa khawatir distorsi jaringan.

Tentunya, memainkan game-game esports yang ringan seperti Mobile Legends, Free Fire sampai yang kelas berat seperti PUBG Mobile atau game-game MMORPG semua bisa dilibas rata kanan.

Black Shark 3 menjanjikan pengalaman gaming sempurna. Saat pembelian, dalam paket terdapat kelengkapan standar yakni charger, jarum pembuka sim card, buku manual, casing silikon dan tiga buah stiker keren Black Shark.

Dengan budget sekitar 10 jutaan Rupiah, handphone ini sangat layak dimiliki untuk gamer sejati maupun pemakai general yang ingin tampil beda. Tunggu apalagi, yuk dapatkan Black Shark 3-mu sekarang juga!