GoPay Pesta Gamer

Kaleidoskop Esports 2020 Part 2

Billy Rifki
29/12/2020 16:15 WIB
Kaleidoskop Esports 2020 Part 2
Esports.ID

Melanjutkan kaleidoskop Esports.ID part 1 kemarin, masih banyak kejadian-kejadian penting yang terjadi di  9 bulan setelahnya. Masih seputar pandemi yang menghambat berbagai event dan kegiatan esports, ada juga beberapa publisher yang merilis game baru untuk kalian mainkan dan adaptasi para figur esports untuk tetap menghibur selama isolasi mandiri.

Kira-kira, ada momen apa saja yang terjadi di bulan April, Mei sampai Juni 2020? Yuk simak Kaleidoskop ESPORTS.ID Part 2 berikut ini!

APRIL

Beberapa turnamen yang sedang berjalan mau tak mau harus adaptasi dari event offline menjadi ke online. Pun dengan agenda yang sudah direncakan membuat banyak penyelenggara berputar ulang untuk kelangsungan event mereka.

Beberapa diantaranya ada MPL Season 5 yang mengubah format offline untuk playoffs menjadi online turnamen online, Auto Chess Online Turnamen, Smartfren IES Indonesia Championship, ESL SEA Championship, semuanya digelar jarak jauh demi menemani pecinta esports #dirumahaja.Bigetron RA memulai rangkaian win streak mereka di bulan ini usai menjuarai PMPL Indonesia. Setelahnya, mereka mendapat title incaran yakni trofi juara PMPL SEA.

Tak cuma Alien BTR RA yang lagi dijalur kemenangan. RRQ Hoshi menjadi tim pertama yang memboyong piala MPL dua kali di season kelima. Meta hyper carry makin populer digunakan saat turnamen dan ranked match. Bulan ini juga jadi hari ulang tahun Mobile Legends yang dimeriahkan lewat video musik dari Rizky Febian dan Brisia Jodie.

Gamers tanah air tak cuma menanti akhir dari MPL S5. Mereka tak sabar menjajal Valorant, game besutan Riot Games yang unik. Benar saja, Valorant sampai membuat server game Riot lainnya, League of Legends sampai bermasalah.

Terakhir, figur-figur di dunia artis serta pesepakbola berkolaborasi dalam turnamen PUBG Mobile bertajuk Esports X Football. Ajang ini adalah event seru-seruan untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih betah isolasi di rumah lewat platform esports.

MEI

Berlanjut ke bulan Mei, kabar buruk menghampiri para fans DOTA 2. Puncak event terbesar game ini, The International harus ditiadakan di tahun 2020. Valve selaku developer game ini mengatakan telah melakukan pertimbangan yang berujung pada tidak dimungkinkannya The International 10, prioritas utama mereka saat ini merestrukturisasi ulang Dota Pro Circuit yang carut marut akibat tertunda Corona.

Menyusul ketiadaan TI, turnamen fighting terbesar EVO 2020, Arena of Valor World Cup sampai MSC 2020 juga turut batal akibat pandemi. Setidaknya, ada beberapa pengganti sepadan untuk para penggemar yang kecewa.

Battle Pass DOTA 2 dirilis setelahnya dan diterima dengan baik. Kita mengetahui Battle Pass ini membantu TI 2020 menciptakan rekor prizepool baru. Khusus MLBB, sebagai perayaan ulang tahun mereka ke-4, Moonton menghadirkan MLBB 515 All Star Party 2020. Para penggemar diajak berpartisipasi dengan memilih 12 pemain yang akan menjadi MLBB All Star Indonesia melalui voting. Partisipan diambil dari para pro player, influencer sampai artis-artis ibukota.

Di akhir bulan, Riot Games merilis gameplay dari LOL Wild Rift yang sudah dinantikan sejak Oktober 2019. Pemaparan tim developer mencakup list champion, teknik gameplay, hingga pilihan kostumisasi rune. Secara garis besar, Wild Rift tak mengecewakan karena tak berbeda jauh dari mekanik versi PC.

JUNI

Memasuki pertengahan tahun, gamer tanah air sedang gemar menjajal game FPS baru berjudul, Valorant. Memadukan keahlian menembak jitu dengan berbagai skill yang berfungsi sebagai utilitasmu di medan perang, Valorant bisa dimainkan secara gratis oleh semua pada 2 Juni.

Event esports makin dapat pengakuan sebagai jenis olahraga yang paling mampu beradaptasi di situasi pandemi. Beberapa penyelenggara sudah tak ragu menghelat acara untuk banyak gamer sekaligus menambah hiburan pemirsa di rumah.

Ada Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang membuat turnamen PUBG Mobile dengan total hadiah ratusan juta. Tim Indonesia juga menorehkan prestasi di Mobile Legends #YourHomeYourArena Charity Cup. Di turnamen ini, Indonesia bertanding lawan beberapa negara dari SEA yakni Brunei, Cambodia, China, Hong Kong, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand. Turnamen ini juga mengemban misi penggalangan dana untuk meringankan pejuang pandemi.

Gebrakan Mobile Legends belum habis. Moonton meluncurkan Project NEXT sebagai pembaruan gameplay. Fitur ini disambut positif oleh gamer karena grafis terbaru jadi jauh lebih enak dipandang dan mempermudah banyak player pemula dalam bermain.

Sayangnya, dari jagad profesional ada kejadian cukup menggemparkan. Udil, yang dikenal saat masa baktinya bersama ONIC memutuskan hengkang dari tim Landak. Sebagai salah satu figur sensasional, kepergian ini tak disangka oleh banyak pihak apalagi Udil sudah seperti ikon bagi ONIC.

Bulan ini juga cukup kelam dengan berbagai berita buruk dari tensi politik yang memanas antara India dan Cina, berujung pada di banned-nya Mobile Legends di negeri Bollywood. ironisnya, streamer luar negeri kontroversial Dr Disrespect juga turut di banned oleh Twitch. Pria ini dikenal vokal menyuarakan ketidaksukaannya terhadap mobile game.

Juni ditutup dengan serangkaian kasus pelecehan yang menimpa tokoh esports terkenal di DOTA 2. GranDGrant, streamer dari Evil Geniuses diduga melakukan pelecehan seksual dalam karirnya, begitu juga kabar yang sama menimpa caster fenomenal TobiWan. Sampai RedEye, sosok veteran di dunia host dan MC akhirnya mundur dari pekerjaannya terkait isu tindakan sewenang-wenang yang dilontarkan mantan kerjanya.

Setidaknya, Team Secret bisa menutupi kasus memalukan tersebut dengan torehan enam kemenangan beruntun dalam turnamen yang mereka ikut sampai bulan Juni.

Itu dia rangkuman berita seputar esports dalam Kaleidoskop Esports.ID. Penasaran momen apa saja yang terjadi di bulan selanjutnya? Nantikan terus update berita terbaru ESPORTS.ID yang informatif dan pasti bermanfaat untuk kalian.