Paper Rex Valorant & Persiapan MPL S7 di Rekap Esports Pekan Ini!

Rendy Lim
14/02/2021 12:39 WIB
Paper Rex Valorant & Persiapan MPL S7 di Rekap Esports Pekan Ini!
Gimana pendapatmu soal berita terpanas esports pekan ini?

Apa kabar Sobat Esports? Minggu ini kita bakal membahas beberapa berita esports terhangat di Indonesia. Mulai dari persiapan musim baru Mobile Legends Pro League Indonesia, hingga hangatnya beragam persaingan kompetisi esports baru di Tanah Air. Penasaran berita apa saja yang jadi topik pembicaraan hangat minggu ini? yuk kita simak bersama

Bermula dari persiapan musim baru Mobile Legends Pro League Indonesia. Pada season 7 nanti, MPL ID masih mempertandingkan 8 tim yang sama. Pertama mulai dari Genflix Aerowolf yang telah mengumumkan roster mereka untuk musim ketujuh MPL ID

Yamisok Nobar

Pasukan serigala kian padat kali ini, memboyong para andalan musim lalu macam Marz, Rinazmi, Fredo dan Clay. Tak lupa nama-nama baru seperti Bottle yang memulai debut MPL, Bravo yang masih fresh diboyong dari Bigetron serta kembalinya duet legendaris Kido dan Watt. Perubahan bukan saja di jajaran pemain, Genflix Aerowolf mendatangkan pelatih baru yang merupakan veteran DOTA 2 sekaligus salah satu jebolan Esports Star Indonesia, Saintdelucaz.

Selanjutnya, sang jawara MPL ID musim lalu RRQ Hoshi, baru saja meresmikan Fadhil "Taka" Asra untuk MPL Season 7 mendatang. Masa baktinya di Bigetron selama beberapa musim harus ia akhiri dan memulai petualangan baru keluar dari zona nyaman. Perpindahan Taka ke RRQ Hoshi sudah dirumor-rumorkan sejak lama sampai ia galau menentukan. Namun, bukan Taka saja yang galau, sang pemilik Taka di tim sebelumnya yakni Bigetron Alpha sempat berucap menguatkan kalau Taka ke RRQ. Selang beberapa lama, statementnya dibantah sendiri.

Proses transfer jelas musim ketujuh MPL Indonesia ternyata tak cuma heboh di barisan pemain saja. Sampai, bagian talent pun sedang diperkuat oleh para tim agar engagement dan konten-konten mereka semakin baik di masa depan. Seperti Alter Ego yang memboyong Leonard de Nazario alias Nyoong. Nyoong dulunya merupakan talent RRQ, bergabung sejak awal 2020 kini ia memulai petualang barunya dengan jersey Alter Ego.

Berlanjut, core andalan RRQ Hoshi, XINNN berucap lagi kalau ia akan rehat (lagi) di MPL Season 7. Seakan mengulang lagu lama, di season sebelumnya ia juga sempat menepi dari panggung MPL namun karena alasan kesehatan. Kali ini, XINNN melihat kepentingan yang lebih besar dibalik keinginannya untuk hiatus dari scene kompetitif.

Dalam streamnya di NimoTV, XINNN mengatakan sejak season 6 dirinya sudah mau rehat. Namun, tim tidak mengizinkan sehingga ia kembali bermain. Untungnya XINNN masih mampu menyumbang gelar MPL S6 meskipun RRQ tak mampu memberi hasil maksimal di M2. Namun, kali ini tampaknya keinginannya untuk rehat dikabulkan, melalui pengumuman roster RRQ Hoshi, tampak tak ada wajah XINNN di deretan pemain sang raja. 

Beralih ke scene Valorant, Paper Rex baru saja mengumumkan bahwa mereka mundur dari panggung CS:GO esports dan membubarkan timnya. Meski bernada perpisahan, Paper Rex memberikan sedikit petunjuk tentang masa depan tim tersebut di akhir postingan, mereka menuliskan “Babak baru sudah menunggu”.

Benar saja, sehari setelah mengumumkan pengunduran diri dari panggung CS:GO tim Paper Rex kembali membuat pengumuman bahwasanya tim CS:GO mereka kini telah beralih menjadi divisi Valorant. Paper Rex sebenarnya sebelumnya sudah memiliki roster Valorant namun karena terdapat masalah tentang tindakan tidak terpuji yang dilakukan para pemainnya, tim Valorant Paper Rex saat itu ditangguhkan. Sekarang mantan tim CS:GO Paper Rex akan mengambil alih divisi Valorant mereka dengan alecks sebagai pelatih mereka.

Selain itu, Morph Team melalui akun Instagram resminya mengumumkan pelepasan divisi Valorant yang telah memperkuat mereka selama ini. Meskipun belum lama tergabung dalam Morph Team, namun divisi Valorant yang diperkuat XO, CUD, FatPenguin, Famouz, Fidelwow, dan Nay mampu tunjukkan kualitas mereka di scene Valorant Indonesia maupun skala internasional. Seperti yang disebutkan dalam postingan Instagram Morph Team, XO dan kawan-kawan tidak melanjutkan lagi kiprah mereka bersama Morph dikarenakan keputusan mereka untuk tidak melakukan perpanjangan kontrak.

Kompetisi esports di Indonesia juga semakin seru, dimulai dengan Garena yang kembali menghadirkan sebuah turnamen yang sangat bergengsi di kalangan gamer Free Fire Indonesia, apalagi kalau bukan Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring. Hadirnya FFIM 2021 Spring menjadi salah satu bentuk komitmen Garena Free Fire mendukung perkembangan ekosistem esports Indonesia melalui kompetisi dengan skala nasional. Tentunya, FFIM 2021 Spring juga memberikan kesempatan bagi seluruh pemain Free Fire untuk mewakili Indonesia sebagai atlet esports di turnamen tingkat dunia.

Selanjutnya, ada Aegis Esports yang bekerjasama dengan komunitas NBA2K Indonesia dan didukung PERBASI (Persatuan Basket Indonesia) menggelar event AEGIS LEAGUE INDONESIA, yakni Liga Basket Esports Pertama di Indonesia. Aegis League Indonesia memperebutkan total hadiah Rp 33,500,000. Para player disetiap pun digaji oleh management Aegis League layaknya liga basket sungguhan.

Terakhir, pengembang game battle royale populer Apex Legends, Electronic Arts(EA), mulai mengisyaratkan bahwa perilisan Apex Legends mobile sudah semakin dekat. EA mengatakan bahwa Apex mobile kemungkinan akan tersedia untuk iOS dan Android setidaknya pada akhir musim semi (akhir Mei), namun sebelum dirilis secara global game ini rencananya akan diluncurkan terlebih dahulu di China.