Catat, Ini Jadwal Lengkap Baparekraf Game Prime 2021 Online!

Michael
03/08/2021 09:14 WIB
Catat, Ini Jadwal Lengkap Baparekraf Game Prime 2021 Online!
Baparekraf Game Prime 2021 Online

Event industri game terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2021 Online akan berlangsung pada tanggal 6 hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID.

Event Baparekraf Game Prime 2021 Online mengusung konsep #MainGameLokal dan akan menjadi wadah bagi para pegiat industri game untuk menunjukkan karya mereka serta meningkatkan kesadaran dan menjadikan produk lokal seperti kejuaraan, ajang apresiasi serta game lokal sebagai pilihan utama yang patut didukung dan diapresiasi.

Pelaksanaan dari Baparekraf Game Prime 2021 Online akan menyesuaikan dengan keadaan pandemi saat ini, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online.

Berikut adalah rangkaian acara Baparekraf Game Prime 2021 Online:

2 - 6 Agustus 2021      : Road to Online Exhibition Game Prime.

6 Agustus 2021           : Online Game Conference Development dan Class.

7 Agustus 2021           : Esport tournament dan Game Prime Show live di YouTube AGI.

8 Agustus 2021           : Esport tournament dan Game Prime Awards live di YouTube AGI.

Kehadiran Baparekraf Game Prime 2021 Online juga merupakan salah satu program nyata dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam mengembangkan industri kreatif maupun game Indonesia.

Ricky Setiawan selaku CEO GGWP.ID mengatakan bahwa Baparekraf Game Prime 2021 Online hadir untuk mewujudkan mimpi game developer lokal yang memiliki potensi luar biasa untuk semakin dikenal secara global.

“Melalui Baparekraf Game Prime 2021, GGWP.ID ingin membangkitkan kembali mimpi-mimpi game developer Indonesia untuk tampil di panggung global. Indonesia dengan segala potensinya harus bisa menjadi salah satu pusat industri game dunia. Baparekraf Game Prime 2021 Online menjadi langkah pertamanya.” tutur Ricky Setiawan.

Masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung game lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan me-launching program Beli Game Lokal.

Program Beli Game Lokal

Untuk gamer yang hendak membeli game lokal Indonesia, masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung game lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan me-launching program Beli Game Lokal.

Pelaksanaan program Beli Game Lokal ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama dengan eCommerce di Indonesia melalui pemberian insentif game-game lokal Indonesia dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah. Akan ada 20 game lokal berbasis PC yang akan mendapat promosi di berbagai marketplace yaitu Bukalapak, JD.ID, Shopee, dan Tokopedia dari tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021.

Online Game Exhibition

Developer game lokal Indonesia sudah memiliki banyak karya game yang sudah dihasilkan dan dipublikasikan bahkan dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Namun tidak sedikit gamer maupun masyarakat umum di Indonesia yang tidak tahu dan tidak memainkan game karya developer lokal Indonesia.

Baparekraf Game Prime 2021 Online menghadirkan Online Game Exhibition yang menjadi wadah untuk menampilkan 40 game karya developer lokal Indonesia yang lolos kurasi di gameprime.org. Dari 40 game yang nantinya akan mengisi Online Game Exhibition, akan disaring menjadi 10 game terbaik, dan akan dimainkan oleh konten kreator pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di kanal YouTube masing-masing konten kreator.

Berikut adalah jadwal review game lokal dari para konten kreator di Online Game Exhibition Baparekraf Game Prime 2021 Online:

7 Agustus 2021
Pukul 13:00 WIB         : Review Coffe Talk, Stellagale the trials of faith oleh danidjidat di Kanal Twitch danidjidat
Pukul 14:10 WIB         : Review Escape From Naraka, Samudra oleh Anaktua di kanal YouTube Anak Tua
Pukul 15:10 WIB         : Review Rage in Peace, Rendezvous oleh rizkymaingame di kanal Twitch Rizkimaingame

8 Agustus 2021
Pukul 13:10 WIB         : Review Rising Hell, When the past was around oleh The Lazy Monday di Kanal YouTube The Lazy Monday
Pukul 14:10 WIB         : Review Rocky Rampage, Epic Conquest 2 oleh Pokopow di kanal YouTube Pokopow

Online game exhibition menjadi salah satu bagian yang penting dari Baparekraf Game Prime 2021 Online karena menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan potensi dari industri kreatif Indonesia, khususnya produk game itu sendiri, untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Game Prime Show

Game Prime Show akan hadir dan memberi beragam informasi terkait perkembangan industri game Indonesia, serta memberi kesempatan bagi berbagai studio developer game Indonesia untuk memberikan update mengenai berbagai hal terkait pengembangan game yang sedang maupun akan dilakukan.

Juga tentunya akan ada berbagai informasi penting pemerintah Indonesia khususnya dalam program-program untuk mendukung perkembangan industri game di Indonesia khususnya dukungan terhadap studio-studio game lokal Indonesia.

Game Prime Awards

Game Prime Awards adalah ajang penghargaan bagi game-game lokal karya anak bangsa, dan tentunya juga penghargaan bagi para pengembang atau studio game yang membuat sebuah karya.

Penghargaan ini akan diberikan kepada berbagai game sesuai dengan nominasi, dan tentunya juga dengan tokoh-tokoh yang selama ini berjuang untuk mengembangkan industri game tanah air.

Online Game Conference Development and Class

Bagi para pengembang maupun yang berminat untuk mengembangkan game di Indonesia, Online Game Conference Development and Class akan memberikan berbagai informasi, insight, hingga berbagai pengalaman dari pembicara sebagai ilmu untuk mengembangkan industri game di Indonesia.

Akan ada sesi Conference yang akan berisi 5 sesi dengan topik menarik terkait pengembangan game di Indonesia, dan tentunya menghadirkan pembicara yang sudah berpengalaman yaitu Muhammad Neil El Himam (Baparekraf), Cipto Adiguno (AGI), Ricky Setiawan (GGWP.ID), Kriswin Yuniar (Tahoe Games), Aditia Dwiperdana (GameTalent.id), Darang S. Candra (Niko Partners), Danny Ardianto (Google), dan Soma Putra (Stairway Games).

Ada juga sesi Class yang akan membahas mengenai topik-topik untuk menumbuhkan minat dalam pengembangan game sebagai dasar atau langkah awal untuk terjun sebagai pengembang atau developer game.Sesi Class akan menghadirkan Muhammad Gyan (Gambir Studio), Daniel William (Arcadesindo), dan Guntur Sarwohadi (GaweGame) sebagai pembicara.

Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament

12 tim Free Fire yang terdiri dari 10 tim profesional dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online akan bertanding memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament!

Seluruh tim yang akan bertanding adalah First Raider, Saudara Esports, Redbull Rebellion, EVOS Immortal, Onic Esports, The Pillars Esports, Rosugo Esports, Aura Esports, Dewa United Esports, Boom Esports, dan dua tim dari kualifikasi road to Baparekraf Game Prime 2021 Online yaitu Orion Elite dan LGK Esports.