Upaya Xepher Goda IYD ke Geek Fam & Saran Berkarir di Esports

Billy Rifki
19/08/2020 12:39 WIB
Upaya Xepher Goda IYD ke Geek Fam & Saran Berkarir di Esports
Esports.ID Interview

Dalam satu kesempatan interview bersama Esports.ID, Xepher yang ditemani pacar setia Edelyn bercerita mengenai bisnis warnet baru mereka. Namun, bukan itu saja yang jadi aktivitas Xepher. Ia sedang dalam pencarian pemain untuk Geek Fam yang baru ditinggal sang carry.

Xepher pun pulang sesaat ke Indonesia untuk mencari talenta dalam negeri. Siapa tahu, ia bisa berkontribusi seperti Whitemon yang sukses ia rekrut sebelumnya. Pergerakannya harus cepat karena sedikit lagi ada turnamen ESL One Thailand yang dimulai 20 Agustus mendatang.

Salah satu pemain yang Xepher goda tak lain tak bukan adalah Muhammad Rizky alias Inyourdream. Keduanya pernah bersatu di tim Tigers bahkan berhasil memenangkan piala Valve yakni DreamLeague 10 Minor. Hanya saja, IYD masih berstatus pemain T1, terlepas dari kedekatan mereka tampaknya belum ada tawaran resmi dari Xepher melainkan candaan saja.

"IYD nggak mau (masuk Geek Fam). Jadi tawarannya cuma iseng, Cil (sebutan akrab Xepher ke IYD), minus satu nih ayok sini Geek Fam" canda Xepher mempraktekan perbincangan mereka. IYD menjawab "skip, skip, skip, skip!!!". Tak henti di situ, Xepher malah menawarkan diri untuk main ke T1 mumpung mereka juga kehilangan Forev yang kini main di Fnatic.

Xepher mengaku cukup kesulitan menemukan sosok carry yang sebagus Raven. "Geek Fam cuma butuh carry yang bisa carry the game. Pas jamannya sama Raven, misalnya kita berempat feeding itu Ravennya tetap carry the game." tegas sang support empat. Xepher sudah merekomendasikan beberapa pemain, sayangnya mereka telah memiliki tim dan terkendala jadwal ESL One Thailand yang mepet. 


Xepher Masih Mencari Sosok Pengganti Raven (tengah)

Prestasi Xepher bersama Geek Fam cukup cemerlang sejauh ini, namun ia merasa belum puas. "Pastinya saya sudah berhasil apa yang saya inginkan, tapi masih bisa di push. Soalnya tujuan utama saya bukan cuma jadi nomer satu SEA atau apa, tujuan saya main di The International." tutur Xepher.

Ia merasa sepanjang karirnya berpindah tim, ia paling terkesan saat berada di Geek Fam. Itu karena situasi tim yang nyaman dan kondusif sehingga ia merasa sangat kuat bahkan sebelum adanya Raven. Ia yakin bersama Geek Fam bisa membalikan keadaan apapun situasi yang terjadi.

Xepher pun menitip pesan untuk para gamer di Indonesia, khususnya mereka yang ingin serius terjun di ranah DOTA 2. "Dari saya, kalau kalian mau bekerja keras ya bagus, cuma hal utama dalam berkarir di game ini kalian harus enjoy the game. Saya bertemu banyak pemain yang ngga enjoy, di bawa stress demi MMR segala macem. Ketika kamu enjoy, kamu akan merasakan betapa bagusnya kalian main, seberapa gampangnya kalian untuk improve."


Video Interview Esports.ID Bareng Xepher & Edelyn

Ia mengambil kasus dari pemain yang mudah emosi karena kesalahan-kesalahan kecil. Kalau seseorang enjoy, pemain bakal lebih positif dan bisa mencari solusi untuk memenangkan game tak peduli apapun yang terjadi.

"Understand yourself better sih, karena ada pemain yang improve dengan quality, ada yang improve dengan quantity. Karena ngga semua pemain sama, misalnya harus wajib main 12 jam, atau ada juga pemain yang cuma main 2 jam sudah cukup. Yang terpenting ngertiin diri kalian sendiri," tutup Xepher.

Semoga Xepher dan Geek Fam segera mendapatkan pengganti Raven ya Sobat Esports!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1686
2 BetBoom Team 1553
3 Xtreme Gaming 1543
4 CyberBonch-1 1520
5 Team Liquid 1513
6 Tundra Esports 1502
7 Azure Ray 1465
8 OG 1458
9 Gaimin Gladiators 1453
10 VGJ Storm 1450