Eksibisi PON Esports

Bikin Malu! Mantan Juara TI di Banned Seumur Hidup Karena Match Fixing

Billy Rifki
05/01/2021 09:36 WIB
Bikin Malu! Mantan Juara TI di Banned Seumur Hidup Karena Match Fixing
vpesports.com

Memalukan! Tim yang pernah menjuarai The International DOTA 2 di tahun 2014 ketahuan melakukan match fixing atau pengaturan skor. Newbee, tim yang di maksud telah terbukti pernah melakukan tindakan untuk mengubah hasil pertandingan resmi dengan cara yang tak dibenarkan.

Kejadian ini berlangsung sudah hampir setahun lalu, tepatnya Februari 2020 silam saat laga kualifikasi tertutup region Cina untuk turnamen Starladder ImbaTV Minor. Banyak bukti yang dikumpulkan dan dikirim ke penyelenggara turnamen. Namun, saat itu baru Mars Media (MDL), ImbaTV dan Asosiasi Pemain Profesional DOTA 2 di Cina.

Yamisok Nobar

Para pemain Newbee yang terlibat skandal itu diantaranya Xu “Moogy” Han, Yin “Aq” Rui, Wen “Wizard” Lipeng, Yan “Waixi” Chao dan Zeng “Faith” Hongda. Apes buat Aq, Wizard dan Waixi secara karir mereka sejatinya baru dimulai pada periode tersebut. Mereka kini harus memikirkan kerjaan baru karena sudah tak mungkin menggeluti scene esports profesional di ranah Dota. 

Sementara Faith dan Moogy adalah veteran player di Cina. Faith pernah merasakan juara TI di tahun 2012 bersama tim Invictus Gaming dan berdua Moogy dapat posisi kedua di TI tahun 2017. Total kemenangan yang sudah ia raih menurut liquipedia saat ini mencapai $1,7 juta USD atau sekitar 23 Miliar Rupiah lebih. Duit sebanyak itu ternyata tak cukup bagi Faith dan teman-temannya untuk menghidupi diri hingga tua, padahal uang kemenangan TI sering dianggap sebagai life changer prizepool karena pemenang turnamen ini sepertinya tak perlu cari kerja lagi.

Ulah dari skuad Newbee membuat Valve dan Perfect World turut mendaratkan banned seumur hidup untuk mereka. Upaya banding yang Newbee lakukan tampaknya tak berhasil dan mereka harus menerima kenyataan akibat ulah tak sportif dalam kompetisi.

Semoga ini jadi pelajaran untuk tim lain agar menghindari praktik-praktik terlarang dalam esports biar tak menyesal akhirnya.