Kumpulan Transfer Pemain DOTA 2 Pasca The International 10

Billy Rifki
27/10/2021 16:17 WIB
Kumpulan Transfer Pemain DOTA 2 Pasca The International 10
clutchpoints.com

The International 10 sudah usai beberapa minggu lalu. Team Spirit dinobatan sebagai juara baru pemegang Aegis of Champion usai mengalahkan PSG.LGD dengan skor dramatis, 3-2. Pasca TI, biasanya tim akan melakukan perombakan pemain untuk mempersiapkan diri di musim kompetisi Pro Circuit selanjutnya.

Beberapa transfer pemain sudah terjadi, di antaranya cukup mengejutkan melihat torehan mereka selama berlaga di TI10. Selain ada pemain yang pindah, ada juga sosok legendaris yang memutuskan pensiun dan mungkin tak bisa kita lihat lagi di TI mendatang. Berikut kumpulan transfer pemain DOTA 2 pasca The International 10!

- CEB PENSIUN, NOTAIL & TOPSON MUNGKIN MENYUSUL

Sempat cidera mata sesaat sebelum TI10 berlangsung, Ceb masih memaksa dirinya untuk bertanding bersama OG. Sayang, OG gagal mempertahankan gelar juara sekaligus mimpi juara tiga kali The International. OG berakhir di peringkat 7-8 turnamen usai dikalahkan sang juara TI10, Team Spirit.

Kekalahan tersebut sepertinya membuat Ceb memutuskan untuk pensiun. Namun, rumor yang beredar Notail juga akan mengikut langkah teman setianya untuk berhenti dari skena kompetitif. Ceb pernah memutuskan pensiun usai TI9 meski akhirnya main lagi melihat performa OOG yang tak karuan. Sementara Notail sudah aktif di kompetisi DOTA 2 sejak 2012, menjuarai berbagai turnamen Major sampai jadi pemegang rekor sebagai salah satu orang yang berhasil menjuarai The International dua kali secara beruntun.

Ban kapten OG akan diserahkan kepada Misha, sosok yang jadi pelatih OG di TI10 lalu. Sealin Notail, Tospin juga sering mengutarakan hasrat pensiun usai TI10. Motivasinya untuk terus berkiprah di kancah kompeititf DOTA tertinggi sepertinya sudah pudar.

- CR1T & ABED BERTAHAN DI EVIL GENIUSES

Dalam interview pasca EG kalah dari lower bracket oleh Vici Gaming, tampak kepedihan berat dari mata sang Kapten, Fly. Kegagalan tersebut tampaknya bermuara pada roster shuffle yang akan dilakukan EG untuk miusim DPC 2021/2022.

EG masih mempertahankan Cr1t dan Abed sementara IceIceIce nasibnya tak jelas. Kabarnya EG akan merekrut offlaner baru dari Filipina untuk menggantikan IceIceIce meski ada juga rumor berhembus kalau CCnC dan Lelis dari Quincy Crew akan bergabung. Quincy Crew sendiri telah membubarkan timnya pasca TI10.

- FNATIC LEPAS DETH & CHYUAN

Dua debutan TI dari Fnatic yakni Deth dan Chyuan harus mengarungi musim DPC selanjutnya dengan tim baru. Fnatic memutuskan melepas mereka usai hasil tak maksimal di TI10 yang berakhir di peringkat 9-12.

Kabarnya, Fnatic telah melakukan pendekatan ke mantan midlaner TNC, Armel serta support dari OB Esports X Neon, Jaunuel untuk mengisi posisi yang kosong. Jabz sepertinya akan bertransisi menjadi offlane untuk memberikan ruang pada duet support baru yakni DJ dan Jaunuel.

- BOOM ESPORTS LEPAS PALOS KE OB ESPORTS X NEON

BOOM Esports seakan menemukan sosok carry baru dalam diri Palos sepeninggal Dreamocel dan Inyourdream. Sayangnya, carry muda ini memutuskan tak mempermanenkan dirinya di BOOM Esports. Palos dipastikan bergabung ke OB Esports X Neon sementara BOOM masih mencari carry pengganti yang sepadan.

Kiprah Palos bersama BOOM cukup cemerlang, sukses menyumbangkan BTS Pro Series Season 8 SEA dan peringkat 4 di OB Moon Asian Arena.

- PEMAIN PSG.LGD BERTAHAN, ELEPHANT BAKAL ROMBAK ROSTER

Runner up TI10, PSG.LGD memastikan pemainnya akan bertahan setidaknya sampai the International 11. Hal ini terungkap dari Twitter yang menyatakan kalau manajer PSG.LGD telah memberitahukan bahwa pemain mereka akan bertahan setidaknya sampai tahun depan.

Sementara tim DOTA 2 penuh bintang lain dari Cina, Elephant sepertinya akan berganti roster melihat prestasi mengecewakan mereka di main event. Diisi pemain sekelas Maybe, Fy, Eurus, Yang dan Super, Elephant cuma finish di peringkat 13-16 TI10.

- ALLIANCE TERSISA DUA PEMAIN

Alliance juga jadi satu tim yang prestasinya buruk di TI10. Digugurkan oleh T1 di babak lower bracket, Alliance harus puas terhenti di peringkat 9-12 turnamen. FNG dan Limmp telah meinggalkan tim duluan, disusul oleh pemain veteran, S4. Praktis, tersisa Handsken dan Nikobaby saja dari Alliance untuk meneruskan perjuangan tim.

- TEAM SECRET POACHING DOKTER TIRTA

Ini mungkin jadi kejutan transfer yang paling tak diduga. Setelah Dr Tirta viral karena mirip dengan TORONTOTOKYO, midlaner Team Spirit, Team Secret sepertinya ingin memboyong Dr Tirta jadi bagian dari skuad DOTA 2 mereka.

Tampak dari screenshot yang diunggah di Twitter, Team Secret seperti menaruh minat serius untuk poaching Dr Tirta dari kerjaannya saat ini, walau kesan bercandanya juga cukup kental. Memang, mustahil menjadikan Tirta sebagai pemain bersama Puppey, tapi tak menutup kemungkinan kalau pria yang dipanggil Cipeng ini jadi BA untuk Secret.

Itu dia beberapa transfer pemain terpanas di kancah DOTA 2. Sepertinya akan ada beberapa pengumuman mengejutkan dari OG, EG dan juga Alliance melihat roster mereka masih kosong.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1699
2 BetBoom Team 1551
3 CyberBonch-1 1520
4 Xtreme Gaming 1514
5 Team Liquid 1510
6 OG 1492
7 Tundra Esports 1490
8 Azure Ray 1465
9 Gaimin Gladiators 1453
10 VGJ Storm 1450