Esports

Ngga Kapok "Nge-Joki" di Turnamen, Pemain Tim Orca Dibanned Valve

Billy Rifki
14/03/2022 11:37 WIB
Ngga Kapok "Nge-Joki" di Turnamen, Pemain Tim Orca Dibanned Valve
esports.id interview

Lagi-lagi kasus penggunaan akun smurf atau "nge-joki" di turnamen Valve terjadi. Lucunya, masalah ini menimpa beberapa orang yang sudah pernah "ditegur" oleh penyelenggara. Team Orca atau yang dulunya bernama Ragdoll, telah didiskualifikasi dari semua evant Valve karena terbukti melakukan match fixing dan account sharing atau main di tim berbeda menggunakan akun yang lain.

Akibatnya, kelima pemain Team Orca yakni Vtfaded, Ahjit, Gy, Yif dan Men You Ping tak diperbolehkan mengikuti turnamen Valve. Vtfaded pernah mengalami kejadian serupa, pada April 2021 ia melanggar peraturan DPC dengan menjoki di tim lain walau sudah terdaftar sebagai pemain di tim tertentu. Hukuman sementara itu ternyata tak buat dia kapok, Vtfaded malah mengulang kesalahan yang sama.

PT Media Esports Indonesia

Yang lebih aneh, Orca padahal sedang mengalami momentum positif beberapa kompetisi terakhir dengan keluar sebagai juara. Orca jadi juara di QH Sports DOTA Series 3, Oceanic Esports DOTA Champhionships dan BTS Pro Series Season 10 SEA.

Artinya, mereka sebenarnya punya pemasukan ekonomi dari turnamen sehingga tak masuk akal kalau masih perlu melakukan joki atau match fixing demi duit semata.

Pemain tim Orca bukan satu-satunya yang terkena ban. SEA DPC League juga memutuskan pemain berikut mendapat nasib serupa yakni : Hunghung, Brayant, QWE, Datbb dan JJ.

Sangat disayangkan aksi Vtfaded dan Ahjit tak akan bisa kita lihat lagi di event resmi Valve. Apa boleh buat, ini merupakan kesalahan mereka sendiri karena setuju untuk melanggar aturan Valve.