IES Ligagame

Fortnite 'Hilang' Dari App Store & Google Play, Ini Sebabnya!

Rendy Lim
14/08/2020 14:53 WIB
Fortnite 'Hilang' Dari App Store & Google Play, Ini Sebabnya!
Semoga masalahnya bisa cepat selesai yah Sobat Esports

Fortnite, game battle royale besutan Epic Games ini sedang mengalami perselisihan dengan platform aplikasi Apple (App Store) dan Google (Google Play Store). Buntut panjang dari permasalahan ini membuat Fortnite tak lagi tersedia di kedua platform tersebut. Epic Games kemudian mengeluarkan tuntutan kepada dua perusahaan teknolodi tersebut Apple dan Google. 

Hal ini bermula saat Epic Games menghadirkan versi pembayaran berbeda untuk pembelian V-Bucks di Android dan Apple. Jika kamu langsung membayar via Epic Direct Payment, harga V-Bucks yang akan didapatkan lebih murah 20% (10 USD -> 8 USD). Diskon ini diberikan Epic Games agar para pemain tak lagi perlu membayar royalti kepada penyedia platfotm App Store dan Google Play. 

Namun hal ini bukan tindakan yang disetujui oleh Apple maupun Google. Tidak lama berselang, Apple langsung mengambil tindakan dengan menghapus aplikasi Fortnite dari App Store dan memberi keterangan. 

"Hari ini, Epic Games melakukan tindakan yang melanggar peraturan App Store yang sudah diterapkan secara general kepada semua developer untuk menjaga keamanan App Store kepada semua pengguna," ujar Apple melalui GameSpot. "Akibatnya, Fortnite telah dihilangkan dari App Store. Epic telah menghadirkan fitur yang tidak disetujui oleh Apple, dan mereka melakukannya untuk melanggar peraturan App Store tentang pembayaran yang sudah diterapkan kepada setiap developer yang menjual produk digital dan service."

Epic Games juga tak tinggal diam dengan keputusan Apple yang menghapus aplikasinya dari App Store. Mereka melayangkan tuntutan kepada Apple, menyatakan bahwa perusahaan tersebut memposisikan developer pada tempat yang tidak adil. Apple tidak mengizinkan hadirnya kompetitor dan memaksa segala transaksi yang terjadi hanya melalui App Store. Distribusi dari pihak lain tidak diterima.  

Epic menggalang dukungan dari fans dengan #FreeFortnite dan menyebut bahwa Apple akan memblokir update terbaru Fortnite yakni Chapter 2, Season 4. Season terbaru itu tidak akan bisa dimainkan pada perangkat iPhone ataupun iPad. Ini dapat memaksa Apple untuk segera melakukan tindakan, namun masih belum diketahui seperti apa negosiasi dari kedua pihak.

Menyusul App Store, platform aplikasi Google Play Store juga menghilangkan Fortnite dari toko digital tersebut. Juru bicara Google, dilansir The Verge mengatakan bahwa "Ekosistem terbuka Andorid memang memberikan kebebasan para developer untuk mendistribusikan aplikasi dari berbagai tempat. Untuk developer game yang memilih menggunakan Play Store, kami punya peraturan untuk memberikan keamanan kepada pengguna. Meski Fortnite masih tersedia di Android, kamu tidak bisa menghadirkannya di Play karena melanggar peraturan. Namun, kami membuka kesempatan untuk diskusi bersama Epic untuk membawa kembali Fortnite ke Google Play."

Setelah diblokir Google, Epic juga melayangkan tuntuan ke perusahaan tersebut. Alih-alih mencari kesepakatan dari Google, mereka menyebut bahwa Google telah melanggar janji tentang ekosistem Andorid yang terbuka untuk persaingan. 

Hingga saat ini perseturuan antar Epic Games, Apple, dan Google masih berlanjut. Masih belum tampak titik terang untuk penyelesaian masalah ini. Kira-kira bagaimana nasib Fortnite di perangkat mobile nantinya yah? Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?