Yamaha Oktober

Garena & EAID Wujudkan Program 1000 Beasiswa Esports di Indonesia!

Dandesignlab
21/04/2022 10:16 WIB
Garena & EAID Wujudkan Program 1000 Beasiswa Esports di Indonesia!
Garena

Anak perusahaan DMMX Gamindo Global, Esports Academy ID, telah meresmikan kerjasamanya dengan Garena Indonesia untuk mewujudkan program 1.000 beasiswa esports yang bertajuk "Garena Esports Untuk Semua" yang ditujukan kepada seluruh siswa SMP dan SMA di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

PT Media Esports Indonesia

Program ini diharapkan mendorong perkembangan esports dalam negeri secara positif dan mencetak atlet bertalenta anyar yang berprestasi dan berkualitas. Dengan demikian, hal tersebut beriringan dengan visi misi Garena Indonesia yang hendak mendukung esports di bidang edukasi dan memberikan program beasiswa bagi siswa yang memenuhi nilai akademik dan kriteria yang mumpuni.

Hans Saleh, selaku Country Head Garena Indonesia, mengonfirmasi bahwa Garena akan berkomitmen secara konsisten untuk mendukung perkembangan industri esports di Indonesia melalui inisiatif dan kolaborasinya dengan berbagai pihak yang terkait dengan hal edukasi.

"Saya berharap dengan hadirnya program beasiswa esports ini dapat membangkitkan semangat siswa untuk terus berprestasi, baik akademik maupun non-akademik. Garena akan terus berupaya mendorong kelangsungan dan perkembangan industri esports ke arah positif agar dapat mencetak talenta-talenta esports potensial," ujar Hans Saleh.

Program beasiswa esports tersebut akan terbuka untuk seluruh siswa yang berdomisili di Jawa Tengah dan terfokus pada game Free Fire yang merupakan salah satu judul game terpopuler dari Garena Indonesia. Terdapat 250 sekolah dan 1.000 siswa terpilih yang berkesempatan mendapatkan beasiswa tersebut untuk mengikuti program pelatihan esports di Esports Academy ID.

Pembukaan program beasiswa esports akan dimulai pada bulan April 2022 dan akan digelar pada bulan Juni 2022 mendatang. Para siswa yang berkesempatan meraih beasiswa akan mendapatkan pelatihan serta mengikuti turnamen yang diselenggarakan pada Desember 2022.

CEO Novus, Adityo Rimbo, mengaku bahwa ia melihat pertumbuhan esports yang sangat cepat dari kalangan anak muda. Oleh karena hal tersebut, Industri esports harus ditunjang dengan edukasi seputar game dan industri esports yang terkait.

"Dengan adanya kolaborasi program beasiswa bersama Garena Indonesia diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet esports yang memiliki daya saing," kata Adityo.

Sementara itu, Founder sekaligus CEO Esports Academy ID, Arza Satria Djatmika, menanggapi bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kerja sama Garena Indonesia dan Novus untuk berkolaborasi dalam program beasiswa akademi esports pertama di Indonesia.

"Hal ini dapat menjadi peluang dan wadah bagi penggiat esports di Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang. Edukasi esports melalui pelatihan game Free Fire yang disertai pemahaman mengenai etika dan sikap yang baik tentang esports, tentunya dapat menciptakan ekosistem esports yang baik," ungkap sang CEO.

Program ini merupakan inisiatif yang dilakukan pertama kali di Indonesia untuk menyeimbangkan nilai dan pola akademik siswa. Dengan adanya kegiatan ini, program diharapkan tersebar ke seluruh daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Direktur Utama PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), Budiasto Kusuma, menyatakan bahwa ini merupakan sebuah kehormatan bagi EAID untuk menjadi mitra Garena di program beasiswa Garena Esports Untuk Semua.

"Semoga kedepannya, seiring dengan berkembangnya minat masyarakat Indonesia terhadap esports, akan muncul lagi inovasi-inovasi lainnya di dunia esports yang pastinya dapat mengharumkan Indonesia. Kerja sama ini juga akan memperkuat ekosistem DMMX yang berfokus pada bisnis konten digital," kata Budianto.