Eksibisi PON Esports

[Review] realme GT Master Edition, Perpaduan Gaming dan Desain Menawan

Michael
04/09/2021 09:36 WIB
[Review] realme GT Master Edition, Perpaduan Gaming dan Desain Menawan

Halo Sobat Esports!

Kali ini tim Esports ID kembali akan mengulik lebih dalam salah satu smartphone yang bakal menyasar market anak muda. Salah satunya yang siap meramaikan pasar smartphone gaming tanah air adalah realme GT Master Edition. Untuk kalian pecinta game PUBG Mobile tentu sudah tidak asing dengan smartphone ini, karena realme GT Master Edition adalah Official 5G Smartphone untuk ajang PMPL ID Season 4 yang sekarang sedang bergulir.

Yamisok Nobar

Seperti biasa kita akan melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh realme untuk jagoan terbaru mereka, GT Master Edition.

Desain, Fitur dan Spesifikasi realme GT Master Edition

realme seri GT merupakan seri 5G flagship dari line-up produk realme. Mengusung slogan “Mastery Beyond Speed”, realme ingin menonjolkan dua faktor utama, yakni performa yang kencang dan desain kekinian yang cocok dengan image anak muda, khususnya gamer. Kapasitas memori besar, yakni RAM 8GB dan 256GB dengan teknologi DRE (Dynamic RAM Expansion Technology) canggih yang dapat mengubah ROM menjadi RAM virtual agar multitasking lebih lancar.  

Desain GT Master Edition terbilang sederhana, namun sangat stylist dan elegan. Hal ini tampaknya yang membuat realme GT Edition mendapatkan penghargaan desain iF 2021, penghargaan sekelas Oscar dalam design industri. Desainer kenamaan Jepang, Naoto Fukasawa yang juga merupakan desainer dari merek MUJI adalah orang dibalik rancangan desain unik dan stylist smartphone jagoan realme ini.

realme GT Master Edition ditenagai prosesor Snapdragon 778G 5G dengan fabrikasi 6nm, empat super core arsitektur A78, dan frekuensi utama hingga 2,4GHz. Fungsi Game Quick Touch dan variable Rate Shading dapat meningkatkan responsivitas sentuhan 20% dan masing-masing performa hingga 30%. Hal ini tentu sangat penting untuk kalian para gamer, khususnya profesional yang membutuhkan kinerja terbaik dari smartphone-nya saat berkompetisi.

Kelebihan lain realme GT Master Edition terletak pada kameranya yang dilengkapi dengan kamera utama 64MP, lensa ultra lebar 119°, dan lensa makro 4cm untuk merekam sempurna. realme GT Master Edition juga hadir dengan layar Super AMOLED 120 Hz serta 65W SuperDart Charger dan juga dilengkapi dengan fungsi NFC yang belakangan memang semakin penting untuk generasi muda.

spesifikasi realme GT Master Edition

Wah banyak juga ya fitur kerennya, yuk intip langsung reviewnya!

Performa realme GT Master Edition

Desain sederhana namun elegan menjadi nilai tambah tersendiri realme GT Master Edition. Jika smartphone gaming cenderung tebal dan besar, realme GT Master Edition bakal menjadi pilihan tepat buat gamer profesional yang juga butuh smartphone stylist. Dengan berat hanya 180g dan ketipisan 9mm membuatnya pas dalam genggaman dan nyaman saat digunakan. Ga perlu dibahas lebih Panjang mengenai desain keren smartphone ini.

Berlanjut ke performanya, mengusung chipset Snapdragon 778G 5G 6nm, realme GT Master Edition sangat nyaman dan smooth kala digunakan untuk nge-game. Tim Esports ID pun mencoba ketangguhannya dengan memainkan game PUBG Mobile. Settingan grafis HDR – Ultra pun bisa dijalankan lancar dengan fps rata-rata 60. Suhu smartphone pun terjaga berkat sistem pendingin Vapor Chamber yang memiliki lima lapis.

Meski kapasitas RAM yang tertera 8GB, teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE) yang disematkan dalam realme GT Master Edition bisa meningkat dengan engambil memori yang tidak terpakai dari penyimpanan internal. Fitur ini dapat mengambil 2 – 5GB, sehingga kapasitas RAM meningkat. Fitur Game Assistant juga dapat membantu juga meningkatkan refresh rate.

Kelar mencoba performanya gamingnya, Tim Esports ID mencoba fitur kamera yang juga menjadi fitur wajib untuk smartphone sekarang ini. Hasilnya, sangat memuaskan. Kamera utama 64MP benar-benar menghasilkan gambar yang jernih.

Begitu juga dengan kamera depan 32MP Sony IMX615 cocok untuk kalian yang doyan selfie atau hobi tik-tok. Fitur serta filter yang disematkan dalam kamera realme GT Master Edition juga terbilang sangat lengkap berguna, cocok untuk kalian yang hobi photography.

Lantas bagaimana dengan baterainya? Sobat Esports ‘ga perlu khawatir. Ketika mencobanya dengan beragam game dan waktu yang lama, baterai realme GT Master Edition dengan kapasitas 4300mAh tergolong sangat awet. Kalau habis juga pun tak perlu khawatir, realme sudah menyiapkan charger SuperDart 65W. Saat mencobanya, hanya membutuhkan sekitar 30 menit untuk mengisi daya penuh.

Test performa realme GT Master Edition menggunakan AnTuTu dan Geekbench

Kesimpulan:

Nyaris sempurna! Sepertinya itulah kesimpulan yang bisa penulis sampaikan. Jika pada review-review sebelumnya, penulis lebih banyak me-review smartphone gaming, realme GT Master Edition memberikan pengalaman yang berbeda. Menggabungkan fitur gaming tanpa meninggalkan style yang elegan rasanya acungan jempol patut diberikan untuk realme.

realme GT Master Edition juga mengubah stigma smartphone gaming harus tebal, kaku dan berat namun bisa dikemas dalam style yang sederhana dan elegan. Tak salah jika PUBG Mobile menggandeng realme GT Master Edition sebagai Official 5G Smartphone untuk ajang PMPL ID Season 4, karena tak hanya performa yang mumpuni, style smartphone ini juga enak untuk ditampilkan saat turnamen disiarkan.

Penulis juga memuji ketangguhan kamera dan fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Meski tidak memilki hobi photography, penulis merasa sangat enjoy ketika menggunakan kamera realme GT Master Edition. Beberapa fitur seperti Slo-mo dan Time-Lapse membuat pengalaman dan eksperimen menggunakan kamera smartphone ini sangat memuaskan.

Hasil foto kamera realme GT Master Edition tanpa filter

Kualitas video dan suara yang dihasilkan realme GT Master Edition juga sangat baik dan memuaskan. Selain itu, Charger SuperDart 65W juga menjadi nilai tambah tersendiri karena semakin memangkas waktu untuk mengisi ulang smartphone ini.

Nah, jika kalian tertarik untuk membelinya, langsung aja ke official store realme ya!