[Review] BenQ ZOWIE XL2746K, Monitor Esports Terbaik di Kelasnya!

Michael
24/11/2021 17:45 WIB
[Review] BenQ ZOWIE XL2746K, Monitor Esports Terbaik di Kelasnya!
Review BenQ ZOWIE XL2746K

Halo Sobat Esports!

Masih setiakan dengan review-review yang diberikan Tim Esports ID? Sesuai request kalian di Instagram, kali ini kami akan me-review produk gaming, monitor BenQ ZOWIE XL2746K. Berhubung BenQ ZOWIE XL2746K lebih cocok digunakan untuk game-game esports, untuk selanjutnya kita akan menyebutnya sebagai esports monitor ya Sobat! Sudah ngga sabar? Yuk, langsung aja simak review lengkap berikut ini ya!

Yamisok Nobar

Desain, Fitur dan Spesifikasi BenQ ZOWIE XL2746K

Ketangguhan BenQ dalam menghadirkan monitor gaming sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, bisa dibilang BenQ merupakan yang terdepan dalam urusan monitor gaming.

Desain BenQ ZOWIE XL2746K dibuat sangat efisien dan tidak menghabiskan banyak tempat. Hadir dengan 27 Inch dengan dimensi (HxWxD mm) 562.2 (Highest) / 407.2 (Lowest) x 628.6 x 217.9. Berat bersih BenQ ZOWIE XL2746K pun terbilang cukup ringan untuk ukuran monitor gaming, yakni 8,8 Kg dengan bentuk yang ramping.

Monitor esports BenQ ZOWIE XL2746K diklaim memiliki kemampuan refresh rate hingga 240Hz dan juga didukung fitur DyAc+ Technology. Untuk kalian yang belum tahu, DyAc+ Technology yang diciptakan oleh ZOWIE untuk mengurangi gerakan blur yang terjadi dalam LCD (monitor). Untuk gamer fps, fitur ini dapat membantu meningkatkan kontrol recoil kalian.

BenQ ZOWIE XL2746K juga dilengkapi 5 Ways S-Switch + Joystick control yang memberikan kemudahan dalam pengaturan (setting) monitor sesuai dengan aktivitas kalian. Gamer juga bisa mengatur visual sesuai dengan kebutuhan dengan fitur Black eQualizer dan Color Vibrance untuk memberikan keuntungan saat bertanding.

Untuk konektivitas input/output, BenQ menyematkan HDMI 2.0 (3 slot), DP1.2 serta Headphone Jack. Kalian juga tak perlu ribet memasang earphone/ headset, karena BenQ ZOWIE XL2746K sudah menyediakannya, lengkap dengan headset hangger (penyangganya) jika kalian sudah selesai menggunakan headset.

Satu fitur yang tak kalah menarik adalah XL Setting to Share, dimana kalian bisa membagikan pengaturan (setting) dengan rekan satu tim, teman, atau penggemar.

Review BenQ ZOWIE XL2746K

Desain monitor esports BenQ memang tak pernah mengecewakan.  Tak hanya ramping, BenQ ZOWIE XL2746K mampu menghemat ruang/ space dalam penggunaannya. Shielding Hood yang diberikan juga sangat berguna untuk menjaga ketajaman visual monitor dari cahaya matahari yang masuk. Kalian bisa menyesuikan dengan cara menggerakannya untuk mendapatkan cahaya yang sesuai dan nyaman.

Untuk konektivitas 3 slot kabel HDMI yang diberikan pun lebih dari cukup untuk digunakan saat nge-game ataupun live streaming. Meski terkesan sepele, kehadiran headset hanger di bagian belakang monitor membuktikan BenQ benar-benar memperhatikan penggunanya. Pasti kalian sudah sering melihat headset tergantung di bagian tengah monitor dan tak jarang membuat layar monitor baret.

Tombol navigasi 5 Ways S-Switch membuat pengaturan lebih mudah sesuai kebutuhan. Kini, tak perlu ribet mengatur atau menekan tombol di bawah monitor seperti monitor gaming lainnya.

Pengalaman Bermain Game!

Saat mencobanya dengan memainkan game CS:GO kami mencoba DyAc+ Technology sekaligus membandingkannya. Hasilnya memang terlihat cukup besar, tampilan recoil yang ketika menggunakan DyAc+ lebih halus dan tidak blur. Tampilan ini tentu membuat mata tidak cepat lelah atau pusing, apalagi bermain game fps yang membutuhkan fokus yang tinggi sepanjang game.

Tampilan warna BenQ ZOWIE XL2746K sangat smooth dan tajam. Seperti sudah ditulis di atas, fitur pengaturan visual seperti Black eQualizer dan Color Vibrance sangat membantu terutama di map-map gelap yang membutuhkan cahaya yang lebih tinggi, seperti di map Train atau Nuke.

Lantas bagaimana dengan refresh rate 240Hz? Untuk game-game fps yang tinggi tentu berpengaruh besar untuk hasil pertandingan. Tim Esports yang mencobanya pun melihat perbedaan signifikan ketika menggunakannya dibanding 144Hz yang sudah umum dipakai saat ini.

Kesimpulan:

Untuk kalian gamer atau sedang menekuni karir di esports, BenQ ZOWIE XL2746K sangat cocok untuk jadi monitor andalan kalian. Fitur dan spek yang diberikan monitor BenQ ini pasti memberikan keuntungan lebih untuk kalian saat bermain ataupun bertanding.

Desainnya yang kokoh dan ramping membuat kalian tidak perlu menghabiskan ruang di meja gaming kalian. BenQ ZOWIE XL2746K saat ini telah dijual di pasaran dengan kisaran harga 12,8 Juta Rupiah.

Jika tertarik untuk membeli atau ingin melihat spesifikasi lebih detail mengenai produk ini, kalian bisa mengunjungi website resminya di: https://benqurl.biz/3FDBtci.