Yamaha Desember

[Review] realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition, Wajib Punya!

Michael
26/04/2022 06:14 WIB
[Review] realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition, Wajib Punya!
Review realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

Sejak pertama kali diumumkan bakal hadir, realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition sudah menjadi pembicaraan hangat di kalangan komunitas gamer tanah air. Bukan tanpa sebab, kolaborasi brand smartphone yang sedang naik daun realme dengan salah satu game esports populer saat ini, Free Fire tentu membuat antusias di kalangan gamer, termasuk tim Esports ID.

Nah, dalam edisi kali ini Tim Esports ID akan memberikan review dan menceritakan pengalaman menggunakan realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition. Apakah performa realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition setangguh yang ramai dibicarakan atau mungkin melebihi ekspetasi gamer? Langsung dibaca aja ya ulasannya Sobat!

Taiwan Ecellence - Article Banner

Design, Spesifikasi & Fitur realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

Unboxing realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition memberikan pengalaman baru untuk penulis. Berwarna kuning khas Free Fire, bagian dalam cover box Unboxing realme 9 Pro+ Free Fire terdapat peta Bermuda, map legendaris dalam game Free Fire. 

realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition merupakan hasil co-creation realme dengan Free Fire. Hadir dengan desain full bodi dan material yang inovatif, realme ingin memberikan smartphone yang melekat kuat dengan dunia Free Fire. realme dan Free Fire benar-benar mampu memvisualkan kolaborasi apik keduanya dalam smartphone ini. Desain simpel namun futuristik tersaji dengan tema Free Fire. Smartphone ini berwarna hitam dengan gradasi warna-warni seperti Pelangi ketika terkena paparan cahaya.

Selain itu, di bagian belakang casing realme menyematkan desain bertema Free Fire, seperti tulisan BooyaH, simbol kemenangan di Free Fire, desain senjata-senjata jarak dekat seperti pisau dan pedang hingga sim ejector dengan desain senjata khas Free Fire. Ada juga sebuah gift card yang bisa di redeem untuk pemilik smartphone ini.

Tak berbeda jauh dengan model standar, realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Layar ini sudah didukung refresh rate 90Hz dan touch sampling rate hingga 360Hz untuk kenyamanan dan pengalaman yang mulus saat bermain game.

Pemilihan chipset Dimensity 920 5G juga memungkinkan para gamer mendapatkan pengalaman gaming kelas flagship melalui teknologi 6nm dan konfigurasi octa-core. Menjamin mulusnya performa game sekaligus menjaga efisiensi daya. realme 9 Pro+ Free Fire Limited Editon hadir dalam varian Ram 8GB/ROM 128GB, dan RAM 8GB/ROM 256GB.

Lengkap dengan ciri khas smartphone realme, smartphone ini pun turut disematkan teknologi pengisian daya 60W SuperDart yang mampu menembus pengisian 50% hanya dalam 15 menit saja. Konektivitas smartphone ini menggunakan teknologi terkini, yakni, 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, NFC.

Untuk urusan kamera, Smartphone ini memiliki kemampuan kamera khas flagship berkat dukungan hardware yang mumpuni. Smartphone flagship camera ini ditopang oleh sensor Sony IMX766 dan dukungan OIS.  Sony IMX766 memiliki ukuran sensor hingga f/1.56 yang tentunya dapat mengcapture foto secara lebih detail dan tajam serta sangat bisa diandalkan untuk mengambil foto dalam keadaan low light.

Review realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

Soal desain hanya ada satu kata untuk realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition, yakni next level! Kata ini bisa berarti berbagai makna, namun yang paling mendekati smartphone ini adalah “naik kelas”. realme berhasil membuat gamer Free Fire yang dulu dianggap hanya bermodalkan “HP kentang”, menjadi smartphone dengan spek mumpuni dan stylist.

realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition sangat pas dalam genggaman dan tergolong ringan, sehingga membuat tangan tidak cepat pegal saat bermain game. Desain belakang pun menjadi nilai tambah, tema Free Fire benar-benar sangat terasa dalam smartphone ini.

Lantas bagaimana performanya saat ngegame?

Saat mencobanya dengan pengaturan (setting) tertinggi (rata kanan), game Free Fire berlangsung sangat mulus dan tanpa hambatan. Penulis sama sekali tidak merasakan adanya kendala saat bermain yang berkaitan dengan grafik dan fps. Performa realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition membuat penulis melupakan sejenak anggapan Free Fire yang hanya membutuhkan smartphone dengan spek low-end

Kendala overheat yang biasanya menghinggapi smartphone gaming pun tidak dialami ketika menjajal nge-game berjam-jam. Sistem pendingin dalam realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition dengan Vapor Chamber Cooling System berfungsi sangat baik dan efisien.

Satu fitur yang tak kalah penting tentu hadirnya teknologi SuperDart dalam pengisian daya (charge baterai). Kurang dari sejam, smartphone ini bias terisi penuh, yang tentunya sangat penting untuk kalian yang senang bermain game atau bahkan menekuni karir di dunia esports. Begitu pun dengan suara audio yang dihasilkan smartphone ini, dapat terdengar jelas dan akurat ketika berdekatan dengan lawan.

Kamera yang mumpuni tentu menjadi salah satu pertimbangan gamer yang kebanyakan kaum muda sebelum menentukan smartphone yang akan dibelinya. Untuk fitur yang satu ini, kalian tidak perlu khawatir Sobat!  Sensor Sony IMX766 dan dukungan OIS akan membuat kalian merasakan serunya berfoto atau membuat konten video seperti layaknya menggunakan kamera DSLR Sony.

Tim Esports ID pun mengetes dengan benchmark yang didapatkan smartphone ini dengan dua aplikasi test performance, AnTuTu dan GeekBench. Hasilnya, realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition mendapatkan angka yang cukup tinggi untuk smartphone yang tergolong kelas menengah ini. AnTuTu memberikan skor 495.957, sedangkan GeekBench 817 (Single-Core) dan 2335 (Multi-Core).  Kedua hasil test ini membuktikan 9 Pro+ Free Fire Limited Edition memiliki spesifikasi dan performa yang tidak mengecewakan.

Kesimpulan

Perpaduan kolaborasi realme x Free Fire dalam realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition mampu menciptakan smartphone dengan performa tinggi yang berpadu dengan desain keren bertema Free Fire. Penulis pun dibuat kagum dengan kemasan box yang sangat menawan dengan detail-detail Free Fire tentu bakal menjadi nilai tambah khususnya untuk para Survivor – pecinta game Free Fire.

Untuk performa tidak perlu diragukan lagi, tak hanya bisa melahap game Free Fire dengan mulus menggunakan setting tertinggi, dengan chipset Dimensity 920 5G dan RAM 8 GB tentu game-game lainnya khususnya game esports bisa dimainkan dengan mulus.

Fitur kamera dengan teknologi Sensor Sony IMX766 dan dukungan OIS serta charging SuperDart seakan menjadi penyempurna smartphone ini. Selama menggunakan dan me-review smartphone ini pun penulis belum menemukan kekurangannya.

realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition dibandrol dengan harga normal Rp. 4.999.000, namun jika kalian memesan sekarang realme sedang mengadakan flash sale dengan harga khusus Rp. 4.499.000 yang berlaku di partner-partner resmi realme, seperti Shopee, Tokopedia, Erafone Stores dan tentunya website resmi realme.