Esports

Review MSI Stealth GS66, Laptop Gaming Elegan dengan Performa Terbaik!

Michael
04/07/2022 09:14 WIB
Review MSI Stealth GS66, Laptop Gaming Elegan dengan Performa Terbaik!
MSI Stealth GS66

Kehadiran Intel Core i9 generasi ke-12 terbaru benar-benar membawa perubahan besar di pasar laptop gaming. Hampir seluruh brand meng-upgrade produk mereka dengan teknologi termutakhir dari Intel, tak terkecuali MSI yang menghadirkan laptop gaming MSI Stealth GS66.

Tim Esports ID pun berkesempatan untuk mencoba langsung ketangguhan MSI Stealth GS66.

PT Media Esports Indonesia

Desain, Spesifikasi dan Fitur

Tak seperti kebanyakan laptop gaming yang cenderung tebal dan berat, desain MSI Stealth GS66 sangat ramping dan ringan, sesuai dengan slogan mereka “Sharp & Beyond” untuk produk andalannya ini. Dengan ketebalan hanya 19,8 mm dan berat 2,1 Kg menjadi keunggulan tersendiri MSI Stealth GS66 dibandingkan para pesaingnya. Tampilan elegan ini membuat MSI Stealth GS66 cocok untuk semua kalangan baik gamer, pelajar hingga pebisnis.

Layar 15,6 Inch dengan Bezel tipis dipadukan teknologi True Color MSI mampu memenuhi segala kebutuhan penggunanya, baik kala bermain game, bekerja, hiburan dan beragam aktivitas lainnya. Tampilan MSI Stealth GS66 makin elegan dengan keyboard RGB Gaming dari Steelseries yang sudah tidak perlu diragukan lagi kenyamanannya.


Sumber: MSI Indonesia

Performa adalah kelebihan utama yang ditawarkan oleh laptop gaming MSI GS66 Stealth. Ditenagai prosesor Intel Core i9 generasi ke-12, ketangguhan MSI Stealth GS66 tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

MSI Stealth GS66 ditenagai prosesor Intel Core i9-12900H Generasi ke-12 dengan grafis NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti yang diklaim mampu menghadirkan kinerja gaming yang terbaik! Dilengkapi sistem pendingin eksklusif MSI, Cooler Boost Trinity+, dengan bilah kipas 0,1 mm tertipis di dunia menjamin MSI Stealth GS66 terbebas dari overheat saat melalukan multitasking atau bermain game-game AAA.

Kelengkapan konektivitas MSI Stealth GS66 yang menjadi keharusan untuk gamer juga menjadi nilai tambah tersendiri. Laptop gaming ini sudah dibenamkan teknologi dan perangkat terbaru, Intel Killer Wi-Fi 6E AX1675, konektor port yang lengkap di bagian kanan dan kiri bodi laptop.

Sedangkan untuk kinerja Baterai yang kadang menjadi masalah utama laptop gaming, tidak perlu khawatir lagi. MSI Stealth GS66 memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 99,99 Whr.

Menguji Kinerja MSI Stealth GS66

MSI Stealth GS66 memiliki 5 mode pengaturan, yakni User (default), Silent, Balanced, Super Battery dan Extreme Performance. Untuk kalian gamer hardcore dan membutuhkan kinerja lebih tentu Extreme Performance jadi mode yang paling disarankan. Seperti keterangannya, mode ini cocok untuk game-game AAA.

Tapi bukan berarti kalian harus selalu mengaktifkan mode ini ya Sobat, karena dengan mode Balanced saja sebenarnya sudah cukup untuk game-game esports seperti Valorant, CS:GO atau DOTA 2.

Berdasarkan hasil ujicoba dengan menggunakan CINEBENCH R23 dan AnTuTu. Angka yang didapatkan pun sangat memuaskan.

Lantas bagaimana performanya ketika memainkan game? Sebagai media esports, Tim Esports ID tentu mencoba memainkannya dengan tiga game esports populer, yakni Valorant, CS:GO dan DOTA 2. Hasilnya sangat memuaskan!

Khusus untuk Valorant yang sedang hype saat ini, MSI Stealth GS66 dengan setting-an grafis terbaik (rata kanan), mampu stabil di angka 244 fps, dengan render latency 1,4 ms. Kinerja salah satu laptop gaming seri terbaru ini patut diacungi jempol, ketangguhan prosesor Intel Core i9-12900H Generasi ke-12 memang bukan sekedar isapan jempol belaka.

Kinerja baterai pun cukup terjaga, namun untuk memaksimalkan penggunaan baterai, kalian bisa memilih mode laptop sesuai kebutuhan dan penggunaan. Begitu juga dengan suhu laptop yang relatif masih aman dari overheat.  

Kesimpulan

(+) Ditenagai Prosesor Intel Core i9 Generasi ke-12 “Alder Lake-H, performa MSI Stealth GS66 mengalami peningkatan cukup signifikan.

(+) Desain elegan dan bodi yang ringan dan ramping menjadi nilai tambah MSI Stealth GS66 dibanding kompetitor di kelasnya.

(+) RAM DDR5 32 GB serta SSD PCle Gen 4 2TB memastikan kecepatan performa komputer, cocok untuk gamer atau content creator.

(+) Konektor yang sangat lengkap

(+) WiFi 6E yang futureproof dengan Bluetooth v5.2 menjamin kelancaran koneksi wi-fi.

MSI GS66 12UHS-218ID telah resmi beredar di pasaran di kisaran harga 62 jutaan. Paket penjualan sudah meliputi Stealth Trooper Backpack dan garansi 2 tahun.

Gimana Sobat Esports? Tertarik untuk mengganti laptop gamingmu dengan MSI Stealth GS66?