[Review] ASUS ROG Strix Scope Rx: Keyboard dengan Potensi Juara

SlushiesDrinker
18/10/2022 14:00 WIB
[Review] ASUS ROG Strix Scope Rx: Keyboard dengan Potensi Juara
ASUS ROG Strix Scope RX

Kalau berbicara terkait peripheral gaming computer premium yang paling terkenal dan juga terbaik, ASUS ROG pasti masuk ke dalam pembicaraan dari para enthusiast.

Memberikan yang terbaik sudah seperti misi dari ASUS ROG saat mengeluarkan sebuah keyboard yang cukup fantastis di tangan kami, ASUS ROG Strix Scope RX.

Kami mendapat kesempatan untuk mencoba si ganas yang satu ini dan kesempatan ini terasa sangat manis, meski ada beberapa keluhan pribadi yang minor. 

Kenapa kami bilang sangat manis? Simak review ASUS ROG Strix Scope RX dari Esports ID berikut ini untuk tahu jawabannya!

Desain Ergonomis untuk Gamer FPS

Yang pertama kita bisa saksikan saat membuka kemasan ASUS ROG Strix Scope RX adalah desain dari keyboard yang satu ini.

ASUS ROG Strix Scope RX merupakan sebuah keyboard Full Sized yang dirancang compact sehingga tidak terasa lebar saat digunakan. 

Meski demikian, dengan berat 1,07 KG dan dimensi 440x137x39 mm, Keyboard ini masih cukup sulit untuk masuk ke dalam kategori portable

Seperti biasanya, gaming keyboard yang satu ini juga terpasang lighting RGB yang bisa dikustomisasi dengan software resmi ASUS (akan dibahas di bagian selanjutnya). 

Kalian juga bisa dengan mudah mengganti kecerahan dan mode dengan menggunakan shortcut menggunakan fn dan tanda panah

Saat pertama kali melihatnya, kami menyadari satu hal yang sepertinya khusus dibuat untuk menyenangkan gamer khususnya pemain FPS, tombol CTRL di sebelah kiri yang lebih besar dari pada biasanya.

Tombol CTRL kiri biasanya digunakan untuk melakukan crouch atau jongkok di dalam sebuah game FPS. Ini akan sangat membantu sehingga jari kalian tidak perlu terlalu jauh untuk menyentuh tomboil tersebut.

Untuk build quality, Scope RX terasa kokoh dan tidak terasa “melengkung” saat kami mencoba untuk twist sedikit.

Menurut website, Scope RX memiliki IP56 water and dust resistant yang artinya memiliki beberapa ketahanan terhadap air jadi tidak perlu takut kalau sedikit air mengenai keyboard tersebut.

Secara default, typing angle dari keyboard ini cukup minim namun memberikan pengalaman yang baik untuk mengetik, kalian tentunya bisa menaikkan sudut tersebut dengan mengeluarkan kaki keyboard.

Untuk sebuah full sized keyboard, cukup jarang kami melihat tidak adanya media keys di bagian atas. Namun, function key dari F5 hingga F12 bisa kalian gunakan sebagai fungsi tersebut tersendiri.Meski demikian, kami tetap menginginkan Media Keys terpisah.

Software Pendukung Kelas Atas

Sebagai gaming peripheral dari sebuah brand ternama, ASUS ROG Strix Scope RX mempunyai perangkat lunak tersendiri sebagai pendukung. Software yang digunakan bernama Armoury Crate.

Armoury Crate akan memudahkan kalian mengatur keybind dari ROG Strix Scope RX dan juga penggantian warna serta efek dari lampu RGB. Strix Scope RX juga mendukung ASUS Aura Sync.

Selain itu, kalian bisa mengatur macro untuk disematkan dalam salah satu key yang ada dalam ROG Strix Scope RX.

Perangkat lunak ini juga memungkinkan kalian untuk menyimpan profil yang sudah kalian atur di tombol F1 hingga F5. 

Performa Papan Atas dengan Sedikit Sandungan

ASUS ROG Strix Scope RX merupakan definisi dari potensi untuk menjadi juara dalam dunia yang dihuni oleh Keyboard. 

Kenapa kami mengatakan potensi? Karena bagi kami, masih ada beberapa sandungan yang membuat Scope RX belum mencapai status juara.

Saat digunakan untuk mengetik, kami merasakan entengnya keyboard ini untuk ditekan. Scope RX terasa smooth saat ditekan dikarenakan tidak ada penahan sama sekali. 

Keyboard ini juga tidak bertipe clicky saat ditekan sehingga cocok digunakan jika kalian bukan tipe yang suka dengan keyboard yang berisik. Terlebih lagi, tidak adanya debounce delay membuat keyboard ini memiliki response time yang bagus. 

Namun, setelah pemakaian intens, sidik jari-mu akan berbekas ke keycaps dari Socpe RX. Meski ini merupakan sandungan minor, bagi kami tetap mempengaruhi kenyamanan mengetik.

Oke, ada satu lagi faktor yang membuat kami sedikit jengkel. Fakta kalau Scope RX hanya memiliki 1 switch saja.

Keyboard ini hanya memiliki switch Linear saja dan jika kalian merupakan fans ASUS ROG namun juga penyuka switch Tactile atau Clicky maka kami cuma bisa mengatakan “sayang sekali”.

Setelah berbicara sedikit terkait pengetikan, kita bicara terkait bagian yang mungkin sudah kalian tunggu-tunggu, gaming.

ROG Strix Scope RX memang dituju untuk pemain FPS dengan penempatan setiap key yang cukup dekat dan memungkinkan untuk melakukan swipe dengan cepat.

Kami melakukan tes dengan menggunakan 2 game, VALORANT dan Overwatch 2. Saat bermain VALORANT, kami mengganti keybind CTRL untuk berjalan bukan jongkok (sebagai gantinya kami menggunakan SHIFT).

Dikarenakan penempatan CTRL kiri yang lebih besar dan dekat dengan key lainnya, kami lebih mudah untuk melakukan approach ke point.

Response rate-nya pun sangat baik sehingga mampu melakukan walk di timing yang tepat. Tapi kami merasa VALORANT bukanlah game yang tepat untuk memanfaatkan besarnya CTRL ini.

Tes selanjutnya kami gunakan di Overwatch 2 dan hasilnya baru terlihat. Kami bind tombol Ultimate ke CTRL dan hasilnya sesuai ekspektasi.

Kami berhasil melakukan penggunaan Ultimate dengan timing yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa Keyboard gaming lain. Sepertinya kekuatan dari ROG Strix Scope RX berada di sini.

Kesimpulan

NILAI: 8/10

ASUS ROG Strix Scope RX merupakan salah satu gaming keyboard yang memiliki potensi besar untuk menjadi yang terbaik.

Keyboard ini merupakan salah satu yang terasyik saat kami gunakan untuk bermain FPS dengan tombol CTRL yang lebih besar dari biasanya.

Sayangnya, potensi tersebut tidak terealisasi dikarenakan keputusan membingungkan yang dirasa bisa dengan mudah diperbaiki seperti hanya menyediakan 1 switch dan juga keyboard yang berasa lengket setelah pemakaian intense.

Bagaimana menurut kalian? Apakah tertarik untuk menggunakan ASUS ROG Strix Scope RX?