Piala Menpora Esports 2020, Ajang Cari Bibit Berprestasi di Era Pandemi

Billy Rifki
04/08/2020 17:44 WIB
Piala Menpora Esports 2020, Ajang Cari Bibit Berprestasi di Era Pandemi
press release menpora esports 2020

Era pandemi tak menyusutkan minat pemerintah mencari bibit-bibit berprestasi baru di kancah esports. Mengusung tema "Esports di Tengah Pandemi", pemerintah yang diwakili oleh Gatot. S Dewa Broto (Sekretaris Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia), Giring Ganesha (Ketua Pelaksana Piala Menpora 2020), Francky Rinaldo Pakpahan (Group Head Jabo PT XL Axiata Tbk), Aswin Atonie (Brand Director Montoon Indonesia) dan Hartman Harris, Co Founder EVOS Esports mengumumkan Piala Menpora Esports 2020.

Pemerintah melihat industri esports sebagai salah satu aktivitas yang tak terdampak signifikan oleh COVID-19 jadi leading sector penggerak ekonomi bangsa bahkan berpotensi jadi cabang prestasi baru yang menjanjikan untuk pemuda Indonesia.

Hal ini dikatakan Gatot saat press conference virtual media talk (4/8), ia mengatakan kondisi pandemi membuat industri olahraga, baik di Indonesia maupun di negara lain, mengalami kevakuman aktivitas. Namun, hal ini justru berbanding terbalik dengan esports yang kian menggeliat. “Olahraga menjadi salah satu lini yang terkena dampak luar biasa dari Covid-19. Tapi untuk esports ternyata eksistensi dan antusiasmenya tetap tinggi karena esports bisa dimainkan dengan gegap gempita penonton maupun dengan tanpa penonton. Hal ini yang membuat kami terus mendukung sepenuhnya esports,” ujar Gatot.

Sebagai bukti, Francky Rinaldo mengatakan terjadi pertumbuhan penggunaan internet yang sangat signifikan di masa pandemi. “Dari data Axis yang merupakan grup XL Axiata, kebutuhan data meningkat tajam dari kondisi normal. Terjadi kenaikan hampir 20% dari trafik sebelum pandemi. Jelas ini merupakan tantangan bagi kami untuk meningkatkan layanan yang lebih baik lagi dengan harga yang terjangkau sehingga semakin banyak masyarakat yang menggeluti esports,” jelas Francky.

Senada dengan pernyataan Francky, Aswin Atonie, Developer dan publisher game Mobile Legends ini memaparkan terjadi peningkatan signifikan pengguna game sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. “Kita bisa lihat, di situasi pandemi, masyarakat banyak yang stay at home sehingga bisa melakukan hal positif salah satunya dengan mengasah kemampuan bermain game. Jadi kami mengakui peningkatannya memang cukup tajam dari bulan Maret kemarin,” tutur Aswin.

Piala Menpora Esports 2020 Axis, Kemenpora bermitra dengan Indonesia Esports Premiere League (IESPL). Giring Ganesha selaku Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 mengatakan kompetisi ini secara khusus dimaksudkan untuk menjaring talenta-talenta muda esports Indonesia. Dengan kondisi pandemi dan mengikuti protokol kesehatan, maka seluruh rangkaian Piala Menpora Esports 2020 akan digelar secara online.

“Saya berterimakasih kepada Pak Menpora atas kepercayaannya ditunjuk sebagai penyelenggara Piala Menpora Esports 2020. Dari banyak diskusi, saya tahu Pak Menpora sangat mendukung sekali kemajuan esports Indonesia. Pak Menpora menekankan bahwa kegiatan ini harus dijalankan dengan tiga elemen yakni mencari bibit baru, mengadakan pertandingan yang aman di tengah pandemi dan tetap mensosialisasikan bahaya Covid-19. Ini yang akan menjadi patokan kami dalam penyelenggaraan Piala menpora Esports 2020,” ungkap Giring Ganesha.

Co-founder EVOS, Hartman Harris mengaku bersyukur dengan intervensi pemerintah dalam mendukung esports. Menurutnya, kehadiran pemerintah akan sangat membantu industri digital ini semakin maju dan dapat citra yang lebih baik di masyarakat. “Untuk itu kami bersyukur sekali pemerintah memberikan dukungan yang besar bagi perkembangan esports di Indonesia sehingga kami selaku pelaku di industri esports ini bisa lebih percaya diri dalam membangun ekosistem esports di Indonesia,” imbuh Hartman.

Ditargetkan kompetisi ini diikuti sebanyak lebih dari 10 ribu atlet usia sekolah mulai dari SMP, SMA dan universitas yang tergabung dalam 2.048 tim esports. Adapun cabang yang dipertandingkan adalah MOBA mobile yang sangat populer di Indonesia, Mobile Legends: Bang-bang.

Masa registrasi Piala Menpora Esports 2020 dimulai sejak tanggal 1 Agustus kemarin, kick off berlangsung di hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020, kualifikasi berlangsung 31 Agustus dan diakhiri grand final pada tanggal 3-4 Oktober 2020.

Ayo sobat Esports cepat ikutan, pendaftarannya gratis dan kuotanya tersisa sedikit lagi loh!