Juara LoL Worlds 2019 GimGoon Umumkan Pensiun!

faizalkamill
28/12/2021 15:21 WIB
Juara LoL Worlds 2019 GimGoon Umumkan Pensiun!
FPX GimGoon

Kim “GimGoon” Han-saem mantan juara League of Legends World Championship 2019 mengumumkan masa pensiunnya pada hari kemarin. Dalam akun Weibonya sang mantan Toplaner Funplus Phoenix tersebut menyampaikan perpisahannya setelah berkarir sebagai pro selama 8 tahun. Pria kelahiran Korea Selatan tersebut pensiun di umur 25 tahun.

Dalam isi pengumumannya, GimGoon mengatakan bahwa dia telah merencanakan masa pensiunnya sejak lama. “Setelah bermain sebagai pro selama beberapa tahun ini, aku selalu mendapatkan dukungan dari para fans, rekan tim, dan teman-teman, dan aku tidak punya penyesalan apapun selama berkarir.” ucap GimGoon. Sang pemain kemudian menyampaikan rasa terima kasihnya kepada organisasi FPX karena telah menaunginya hingga memenangkan kejuaraan dunia.

FPX GimGoon

Karir profesional GimGoon dimulai pada tahun 2013 silam ketika ia mulai bermain di tim-tim kecil di Korea Selatan. Namanya mulai terendus tim-tim besar setelah performanya mampu memukau tim-tim seperti Samsung Blue dan KT Rolster. Meskipun berkewarganegaraan Korea, GimGoon menghabiskan banyak masa karirnya di dataran China ketika dia bergabung dengan Energy Pacemaker pada 2014.

Di China GimGoon memulai karir lewat bergabung dengan tim liga kedua LPL. Setelah 3 tahun bermain di liga minor, GimGoon akhirnya mendapatkan tempat di Funplus Phoenix pada akhir 2018. Selama di FPX GimGoon berhasil menyumbangkan sebuah gelar LPL Summer 2019 dan trofi Summoner’s Cup dari Worlds 2019. Nama GimGoon terabadikan dalam skin Gangplank Worlds 2019.

Skin FPX 2019

Selama bermain, GimGoon dijuluki sebagai The Weakside King. Hal ini terjadi karena GimGoon seringkali diharuskan bermain champion yang cukup lemah untuk memberikan kesempatan rekan timnya untuk menang di lane lain. Meski begitu, GimGoon selalu berhasil melakukan pekerjaannya dengan baik dan membantu tim untuk memenangkan pertandingan.

Nama GimGoon kemudian mulai pudar ketika tahun 2020 datang. Kim “Khan” Dong-ha yang datang dari T1 berhasil menggeser posisi GimGoon di FPX. GimGoon akhirnya resmi keluar dari FPX pada awal 2021 silam. Setelah pensiun langkah selanjutnya kemungkinan besar GimGoon akan melanjutkan karir streamingnya yang telah ia mulai sejak lama. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?