Riot Games Gabungkan LJL & PCS Untuk Satukan Liga LoL di Asia Pasifik

faizalkamill
27/11/2023 15:00 WIB
Riot Games Gabungkan LJL & PCS Untuk Satukan Liga LoL di Asia Pasifik
Detonantion FocusMe/LJL

Riot Games baru saja mengumumkan rencana mereka untuk menyatukan liga League of Legends Jepang dan Asia Pasifik (LJL & PCS) untuk membuat satu liga pasifik yang menyatu. Nantinya, tim-tim dari Jepang akan berkompetisi bersama tim dari PCS & LCO (Oceania) untuk mendapatkan kesempatan bermain di turnamen internasional seperti MSI & Worlds.

Rencana ini sebenarnya telah diisyaratkan sejak akhir tahun lalu namun Riot baru mengumumkannya secara resmi pada 26 November 2023 kemarin. Babak playoff dari PCS akan sedikit berubah yakni nantinya akan ada 6 tim dari PCS, 3 tim dari LJL, dan 2 tim dari LCO.

LJL

Riot mengklaim bahwa menggabungkan subregion APAC akan "menciptakan Liga Pasifik terpadu yang bisa menjadi kekuatan yang besar”. Riot juga menyampaikan bahwa dengan bertambahnya LJL ke kompetisi akan menciptakan "ekosistem esports yang lebih berkelanjutan" khususnya untuk wilayah Asia Pasifik.

Kualifikasi Asia-Pasifik untuk turnamen internasional LoL sekarang akan dibagi ke dalam dua tahap. Tiga unggulan teratas akan diberikan slot ke tahap kedua playoff PCS, sementara delapan tim yang tersisa akan bertarung melalui dua tahap babak grup yang berisi 4 tim.

Nantinya, tim teratas di PCS Spring Split akan mendapat 1 slot ke babak Play-In MSI. Sedangkan untuk musim Summer, hanya akan ada 2 tim yang lolos ke Worlds.

Dengan bergabungnya LJL ke liga baru, kini liga LoL di Asia Timur dan Tenggara berada di dalam satu cakupan.

Tampak awal dari liga PCS yang baru akan diumumkan lebih lanjut di awal musim depan yakni di pertengahan bulan Januari 2024.