Kejurnas Pelajar Ksatriya Mahardhika Lokapala Masuki Babak Final di Yogyakarta

Billy Rifki
12/10/2023 12:11 WIB
Kejurnas Pelajar Ksatriya Mahardhika Lokapala Masuki Babak Final di Yogyakarta
Press release

Setelah hampir sebulan berjalan, ajang Ksatriya Mahardhika yang berlangsung di 8 (delapan) region di Indonesia ini hampir menuju ke tahap akhir, yaitu Final Nasional di Yogyakarta.

Anantarupa Studios sebagai pengembang gim Lokapala yang merupakan gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) pertama Indonesia, bersama PT. Serena Indopangan Industri selaku pemilik biskuit TOGO dan Badan Otorita Borobudur selama hampir satu bulan ini mengajak pelajar-pelajar muda dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi di ajang Ksatriya Mahardhika.

Ajang Ksatriya Mahardhika itu sendiri tidak hanya berupa pertandingan esports, namun juga memiliki rangkaian acara yang mengangkat budaya lokal dan edukasi dunia gim sebagai sumber ekonomi baru yang bisa mengusung Indonesia ke ranah Internasional lewat diplomasi budaya. Harapannya, dengan adanya ajang Ksatriya Mahardhika ini juga bisa mempercepat pertumbuhan gim Nasional sejak usia dini.

Peserta dari berbagai kalangan pelajar dari delapan (8) daerah dari seluruh Indonesia telah bersaing dengan semangat juang yang tinggi dan telah memenangkan tiket untuk melaju ke Final Nasional "Ksatriya Mahardhika Student Championship 2023". Delapan daerah itu mencakup Jakarta Raya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Sumatera, Bali & NTB, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun sekolah-sekolah yang mewakili dari masing-masing daerah tersebut adalah:

LOKAPALA:

● Bali: SMA Negeri 1 Negara

● DI Yogyakarta: SMP Negeri 8 Yogyakarta

● DKI Jakarta: SMKN 16 Jakarta

● Jawa Barat: SMK Mutiara Insani

● Jawa Tengah: SMK Muhammadiyah 01 Kota Tegal

● Jawa Timur: SMAN 1 SOOKO Mojokerto

● Sumatera: SMAN 16 Bandar Lampung

● Sulawesi: SMAN 1 Selayar

TARIAN:

● Jawa Barat: SMP 1 Cimahi

● DI Yogyakarta: SMK Negeri 2 Depok

CASTER:

● Jawa Tengah: SMKN 02 Kota Tegal

Bapak Muhammad Reza menyerahkan hadiah secara simbolis kepada pemenang lomba Caster regional Jakarta

Semua pemenang dari masing-masing region ini akan kembali berjuang untuk memperebutkan gelar juara nasional Ksatriya Mahardhika. Tempat lokasi Final Nasional ini juga merupakan tempat yang spesial. Karena ajang Ksatriya Mahardhika 2023 ini adalah event pertama yang digelar di tempat yang baru saja dinobatkan sebagai Sumbu Filosofi Warisan Dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), yaitu Yogyakarta.

Final Nasional Ksatriya Mahardhika yang akan digelar pada tanggal 14 Oktober sampai 15 Oktober 2023 ini akan menjadi tonggak sejarah yang harapannya dapat mempercepat pertumbuhan gim Nasional di Indonesia. Biskuit TOGO yang memang menyasar pasar untuk anak remaja yang berprestasi pun memiliki tujuan dan harapan yang sama.

Managing Director dari Khong Guan Indonesia Group Factory, Kataline Darmono, mengatakan, "Serena berusaha untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif yang mendorong potensi kaum muda Indonesia dalam industri kreatif. Esports adalah salah satu bidang yang kami rasa, belum sepenuhnya dilihat secara optimal. Padahal sumbangan bidang ini bagi perekonomian maupun kreativitas sangat tinggi. Lokapala adalah salah satu bukti karya anak bangsa yang patut didukung. Untuk itulah kami hadir di acara ini untuk mendorong kepercayaan diri di bidang esports Indonesia untuk menghasilkan talenta-talenta baru yang akan membanggakan nama Indonesia di tingkat internasional. Dengan keberadaan TOGO di ajang turnamen Lokapala ini, kami berharap khalayak luas terutama kaum remaja makin mencintai dan menghargai karya lokal kita, terutama akan karakter-karakter yang mengangkat cerita-cerita nusantara. Sehingga industri gim Nasional pun bisa lebih cepat pertumbuhannya.."

Semua rangkaian acara “Ksatriya Mahardhika Student Championship 2023” ini memiliki jumlah total hadiah lebih dari 225 juta Rupiah. Kami mengundang seluruh komunitas gamer, pelajar, mahasiswa, dan pecinta esports untuk berpartisipasi dalam menyaksikan keseruan "Ksatriya Mahardhika Student Championship 2023" dan memberikan dukungan penuh kepada para pemain yang berjuang dengan semangat kompetitif dan sportivitas yang tinggi.

Acara Final Nasional Ksatriya Mahardhika juga dapat disaksikan secara daring lewat kanal YouTube-nya Lokapala di @LokapalaMOBA.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti media sosial Lokapala di:

Discord: https://bit.ly/LokapalaDiscord

Instagram: @lokapala_moba

Facebook: @Lokapala.Anantarupa

TikTok: @Lokapala_moba