GoPay Campaign

Kembali Digelar, MPL ID Season 5 Kini Didampingi MDL dan MLCC!

Basitullah
30/01/2020 17:40 WIB
Kembali Digelar, MPL ID Season 5 Kini Didampingi MDL dan MLCC!
Press Conference MPL ID Season 5 di XO Hall, Tanjung Duren, Jakarta Barat

Setelah 4 musim berturut-turut hadir dan sukses menggebrak scene esports di tanah air, Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) Season 5 kembali digelar. Masuki musim ke-2 sejak diubah menjadi franchise league, ke-8 tim papan atas di Mobile Legends akan kembali terlibat untuk berlaga di bulan Februari hingga April 2020, baik itu Alter Ego, Aura Esports, Bigetron Alpha, EVOS Legends, Geek Fam ID, Genflix Aerowolf, ONIC Esports, hingga RRQ Hoshi.

Total hadiah yang diperebutkan tentu masih fenomenal, yang mana Moonton menetapkan angka lebih dari 4 miliar rupiah sebagai prize pool MPL ID S5. Untuk memudahkan para pecinta Mobile Legends di Indonesia dalam menyaksikan pertandingan MPL kali ini, Moonton sudah menjalin kerja sama dengan 3 platform live streaming, mulai dari Facebook, Nimo TV dan juga YouTube. Sedangkan untuk hal penyiaran sampai ke pelosok daerah di tanah air, Elshinta TV jadi solusi Moonton untuk menayangkan setidaknya 16 pertandingan selama MPL ID S5 berjalan.

Indonesia Gaming Award


Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia

Realme, yang jadi salah satu sponsor MPL ID S5, juga memberikan komentarnya terkait liga ini. "Hari ini, kami sangat senang mengumumkan kolaborasi kami dengan MPL Season 5 sebagai sponsor resmi dari turnamen Mobile Legends paling bergengsi di Asia. Dalam setahun, realme telah meluncurkan smartphone yang trendi dan berspesifikasi tinggi di kelasnya untuk memberikan pengalaman gaming yang mendalam di berbagai segmen harga. Seluruh seri smartphone realme merupakan perangkat terbaik untuk para MPL fans serta untuk mendorong potensi gamer-gamer muda Indonesia agar mereka bisa menjadi pemain MPL profesional yang bertanding di turnamen Mobile Legends: Bang Bang. Kemitraan ini juga menandai langkah besar kami dalam esports, terutama untuk mendorong industri mobile gaming serta gamer muda dan potensial untuk menikmati pengalaman gaming yang lebih baik melalui produk kami. Terakhir, semoga sukses untuk ke semua 8 tim profesional MPL Season 5. Terus berjuang untuk kemenangan, sampai jumpa di babak playoffs," kata Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia.

Menurut informasi yang dibeberkan Reza Afrian Ramadhan selaku Head of Martketing Activation MPL Indonesia, hingga saat ini MPL masih jadi liga yang paling dinamis, sebuah liga dengan sistem franchise pertama di Indonesia, dan bisa dibilang pioneer untuk scene MOBA di Asia Tenggara sejak 2017. Hanya saja, dalam hal regenerasi masih banyak celah yang perlu dibenahi terkait gemerlapnya MPL itu sendiri, yang dirasa hanya memperhatikan top player dan seakan mengesampikan para pemain baru yang memimpikan untuk berada di posisi itu.


Reza Afrian Ramadhan, Head of Martketing Activation MPL Indonesia

Menjawab kegelisahan para gamer di tanah air sekaligus membuka ruang gerak mereka untuk terlibat dalam scene MLBB, Moonton dengan sigap memunculkan Mobile Legends: Bang Bang Developmental League (MDL) dan Mobile Legends: Bang Bang Campus Championship (MLCC).

Buat Sobat Esports yang belum tahu, MDL merupakan liga ke-2 dari MPL yang dibungkus secara profesional oleh Moonton. Oleh sebab itu, tim yang ikut serta pun tidak sembarangan, syarat administrasi tetap harus dipenuhi sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan Moonton. Untuk itu MDL melibatkan sekitar 8 tim kedua dari peserta MPL ID yang sudah diakui profesionalitasnya, ditambah dengan 4 tim baru yang sudah melalui jalur kualifikasi khusus, yakni Recca Esports, Siren, Victim Esports dan juga XCN King.

Berkat adanya MDL ini, bisa dibilang kurang lebih sekitar 60 pemain baru dari 12 tim akan miliki kesempatan untuk terlibat dalam laga yang profesional. Bahkan, Dylan Chia selaku Marketing Director MPL Indonesia menegaskan bahwa dari MDL ini para pemainnya akan berkesempatan main di MPL, karena adanya sistem 'Transfer Window'. Ini merupakan langkah Moonton membentuk ruang regenerasi talenta-talenta esports di segala lini, baik dari sisi pemain ataupun manajemen.


Dylan Chia, Marketing Director MPL Indonesia

Selanjutnya, untuk semakin memperluas jaringan dalam proses regenerasi itu sendiri, MLCC jadi jalan keluar Moonton untuk memberikan ruang kompetitif di tingkat amatir melalui ekosistem kampus.

"MLCC adalah event kampus yang akan terdiri dari 32 kampus dan 10 kota. Tentu tidak hanya esports tournament saja, tetapi kami akan mengadakan seminar atau edukasi yang menjelaskan bahwa sebenarnya esports itu luas dan memberikan hal yang positif. Tujuan utama dari MLCC adalah bisa mengembangkan player-player baru, yang nantinya akan diambil oleh tim dari MDL atau MPL ID." Dylan Chia menjelaskan.

Sepertinya, MPL ID S5, MDL dan MLCC akan jadi tontonan yang super seru di kompetitif Mobile Legends Indonesia kali ini. Bagaimana menurut kamu, Sobat Esports?

Perwakilan tim MPL ID, Dylan Chia & Palson Yi