PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Laga Ujian MPL S5, Ini Cara Bigetron Ungguli RRQ & EVOS

Billy Rifki
27/02/2020 06:24 WIB
Laga Ujian MPL S5, Ini Cara Bigetron Ungguli RRQ & EVOS
Esports.ID

Ujian menuju juara tiba juga untuk Bigetron Alpha. The Red Alien sekarang boleh berlagak selagi masih menjadi satu-satunya tim tak terkalahkan di MPL Season 5. Namun, laga berat bertubi-tubi telah menanti di pekan keempat.

RRQ Hoshi di hari Jumat (28/2), disusul EVOS Legends (29/2) siap menguji mental BTR guna merebut takhta puncak klasemen. Walau kedua tim penantang lebih diunggulkan karena faktor sejarah dan popularitas, nyatanya, pengkudeta sudah pernah tumbang di minggu-minggu sebelumnya. Hal ini pertanda kalau lawan berat mereka punya kelemahan.

Indonesia Gaming Award

Lantas, bagaimana cara Bigetron untuk bisa mengungguli RRQ Hoshi dan EVOS Legends?

CARA MENGALAHKAN RRQ HOSHI

RRQ Hoshi punya Lemon sebagai playmaker sekaligus space creator. Tim lawan secara otomatis akan menaruh penjagaan lebih untuk pemain berjuluk Alien tersebut. Bigetron harus bermain berani dan mengambil resiko menantang Lemon by one dengan Annisa atau Warlord.

Beberapa andalan Lemon sejauh ini, seperti Faramis punya mobilitas tinggi guna membantu tim dalam teamfight dengan cepat. Menghadapinya, Bigetron wajib punya alternatif hero dengan kemampuan sama. Kekalahan RRQ dari Alter Ego bisa jadi bahan evaluasi walau saat itu Lemon tak diturunkan. Tapi secara strategi, AE sudah mempersiapkan draft yang punya pergerakan map tinggi sekaligus menjaga ketahanan laning.


source: id-mpl.com

Alter Ego memilih Hayabusa di match 1 dan Ling untuk game kedua, hero ini cukup lincah untuk berpindah dari lane satu ke lane lain. Sementara urusan offlane dipercayakan pada Chou lalu Pharsa. Yam saat itu tak perlu repot untuk melakukan rotasi, tugas utamanya adalah menghambat pergerakan dari R7 yang bisa dibilang jadi pembuka ruang kedua RRQ Hoshi. Bigetron harus mengadopsi strategi AE ke dalam rencana mereka untuk memperbesar kans kemenangan melawan RRQ.

Tentu, roster yang akan diturunkan saat laga nanti belum pasti, apalagi Sang Raja baru mengekspor Xin ke dalam skuad MPL. Tapi, jika RRQ ingin mengamankan kemenangan, mereka pasti menghadirkan pemain terbaik mereka, Lemon untuk turun ke tim utama.

Tapi ada satu faktor non-teknis yang mungkin membantu Bigetron menang. Yakni, motivasi mereka  untuk menunjukan kalau BTR saat ini bukan sekedar kelinci percobaan seperti yang pernah diungkap sebelumnya.

CARA MENGALAHKAN EVOS LEGENDS

Kontra EVOS, aspek strategis bisa lebih diperinci khususnya di fase draft pick. Wann dan Harith-nya punya statistik 100% win rate di MPL S5 sejauh ini.  Auto ban adalah keputusan paling masuk akal kalau tak mau repot sendiri.

Sebaliknya, Wann malah kurang bersinar memainkan mage meta terkini, Pharsa. Alangkah baiknya bila Bigetron memikirkan cara untuk meng-counter Pharsa dan membiarkan EVOS memilih hero berkarakter "lambat" lainnya. Beberapa alternatif yang mungkin digunakan Wann adalah Ling dan Lunox.


source: id-mpl.com

Selama empat pekan MPL S5, EVOS cenderung konsisten dengan draft tanpa tank. Artinya, formasi EVOS rentan saat pertempuran early. Memilih Grock dalam draft kembali jadi efektif walau dibayangi rekor win rate buruk MPL S5. Meski begitu, hero ini adalah opsi terbaik untuk early agression khususnya mengkontes perburuan buff jungle lawan.

Dua core EVOS, Wann dan Rekt adalah jaminan menang sang Macan Putih. Bila Wann unggul di early game, maka peran Rekt cuma pemanis saja di late game. Tapi bila Wann tak bisa unggul jauh, biasanya Rekt jadi penyelamat.

BTR tak perlu khawatir berlebih dengan ancaman Rekt, mereka hanya perlu fokus untuk menggagalkan Wann mendapat permainan yang baik sembari main disiplin mengunci ruang farm EVOS agar Rekt tak dapat cukup ekonomi untuk buat comeback.

itu dia beberapa cara yang harus diperhatikan Bigetron Alpha kalau mau menang melawan RRQ dan EVOS. Apakah sobat Esports punya masukan lain untuk Bigetron sebelum pertandingan week 4 MPL S5 dimulai?