#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

Jelang Update Baru Mobile Legends, Ini Prediksi Meta Patch 1.4.70!

Rendy Lim
17/04/2020 23:08 WIB
Jelang Update Baru Mobile Legends, Ini Prediksi Meta Patch 1.4.70!
Ini prediksi Esports.ID Sobat Esports!

Update patch terbaru Mobile Legends tak lama lagi akan hadir. Setiap patch tentu mengubah gameplay dan permainan yang musim ini mungkin sudah sangat kalian kuasai.

Tentu, akan ada player yang kecewa karena hero mereka jadi terpinggirkan karena tak efektif di meta baru. Tapi, cuma pemain hebat yang bisa beradaptasi dengan cepat meski terdampak perubahan patch.

Nah, untuk membantu kalian menerka-nerka patch terbaru akan seperti apa, Esports.ID akan membeberkan poin-poin paling signifikan di meta nanti yang bakal merubah gameplay dan bagaimana cara kamu beradaptasi memainkan Mobile Legends.

  • Item Roaming

Bila kalian telah membaca, atau menonton video perubahan patch 1.4.70 Mobile Legends, salah satu transformasi terbesar adalah nerf pada item roaming. Mengapa nerf? Karena, item ini tak lagi efektif digunakan secara masal.

Bonus gold hanya diterima oleh player yang paling miskin atau dengan kata lain, support 5. Besar kemungkinan, meta hyper carry akan tergantikan karena menaruh tiga hero di mid secara bersamaan bakal menghambat laju gold dan exp dari core utama.

Jadi, yang paling efektif adalah memiliki setidaknya 1 sampai 2 item roam saja dalam satu tim, dimana kedua support akan membantu menemani kedua sisi sidelane atau salah satunya menemani midlane. Marksman yang populer di meta kemarin tak lagi sesuai di plot midlane karena cenderung lambat dalam rotasi dan terlalu fokus farming.

Esports.ID memperkirakan, assassin atau mage bakal kembali bersinar di patch ini karena cukup mumpuni mempertahankan mid walau ditinggal sendiri. Lebih lagi, mereka terbebas dari pembagian exp dan gold bila kedua support memutuskan untuk membantu sidelane ketimbang midlane.

Salah satu cara untuk cepat memperkaya tim adalah dengan war konstan di awal game, terutama di sisi Land of Dawn dengan menjatuhkan turret agar akses jungle musuh terbuka. Itu pula yang menjadi sebab midlaner bertransformasi lagi jadi playmaker dan menolong rekan yang sedang kontestasi lane.

  • Kemunculan Popol dan Kupa

Marksman baru Popol and Kupa otomatis menjadi pick atau ban utama di patch 1.4.70. Alasannya, ia satu-satunya marksman yang memiliki “bodyguard” bawaan sehingga hampir tak perlu bantuan saat laning di mid.

Dari keunggulan jumlah saja, sulit memikirkan situasi dimana Popol kalah dalam pertarungan one on one melawan midlaner musuh. Ia bisa farming di jungle tanpa kehabisan banyak darah karena Kupa berfungsi sebagai penahan badan yang mumpuni.

  • Comeback Mechanic

Pemain Mobile Legends tentu mengenal istilah “Comeback is Real”. Tampaknya, jargon tersebut bakal lebih sering kita rasakan di patch terbaru karena kalkulasi perhitungan gold yang lebih menguntungkan untuk tim dalam posisi tertinggal.

Bila musuh dengan gold tinggi atau core hero mereka berhasil kamu ciduk, maka tim kalian akan menerima gold tambahan yang cukup signifikan. Ini artinya, kesalahan atau blunder saat melakukan push bakal berakibat fatal apalagi kalau sampai ter-wiped out.

Meski begitu, strategi 4 melindungi 1 tampaknya tidak akan efektif karena dalam situasi tertinggal, kamu tidak akan bisa farming di tempat aman karena biasanya musuh sudah mengunci semua lane dan jungle. Pun akan sangat berbahaya membiarkan carrymu memaksa farm sendirian karena resiko ia terbunuh sangat tinggi.
 

Strategi terbaik adalah meracik komposisi tim yang kuat di early untuk war dan punya satu andalan utama untuk late game.

  • Lahirnya Core Keempat

Satu lagi yang Esports.ID soroti terkait inefektifitas item roaming adalah munculnya core empat selain midlaner dan dua hero prioritas farm di sidelane. Karena item roam hanya berfungsi untuk anggota tim termiskin, maka memungkinkan dalam sebuah tim memiliki satu hero cadangan yang akan menjadi core keempat.

Sebagai contoh, kita telah melihat Natalia support atau Kagura dan Esmeralda yang tak menempati posisi midlane. Beberapa fighter populer juga bisa dipadu-padankan agar jadi kuat kala late game seperti Chou, Jawhead dan Silvanna walau mereka memulai game sebagai support.

Bagaimana dengan nasib hero tank atau support? Mereka masih punya peran dalam patch baru hanya saja perannya berbeda. Hero tank cocok untuk stabilitas lane karena tanky sedangkan kategori support biasanya mengeluarkan damage burst lebih tinggi, cocok untuk Sobat Esports yang menyukai dominasi di awal game.

Itu dia beberapa prediksi gameplay Mobile Legends patch 1.4.70 versi Esports.ID. Bagaimana pendapatmu? Tuliskan komentar kalian seperti apa permainan ML di patch terbaru yah!