IES Ligagame

Uranus atau Esmeralda, 2 Offlaner Paling Rusuh MLBB Season 17!

Billy Rifki
27/07/2020 16:36 WIB
Uranus atau Esmeralda, 2 Offlaner Paling Rusuh MLBB Season 17!
Esports.ID

Uranus dan Esmeralda adalah dua hero top pick yang saat ini diperebutkan sebagai offlaner. Meskipun Esme dianggap sebagai counter terbaik Uranus karena kemampuan absord shieldnya, namun tak ada hero lain yang cukup kuat untuk adu rusuh melawan pengguna selendang ini selain Uranus.

Toh, kenyataannya Uranus tak lemah-lemah amat di hadapan Esmeralda. Ia mampu melemahkan magic dan physical attack lawan secara berkala dengan skill Ionic Edge. Dalam situasi one on one di early game, Esme tak serta merta langsung mendominasi kekuatan regenerasi dari Uranus.

Lantas, hero manakah yang lebih kuat? Siapa yang lebih layak kalian amankan saat drafting?

KELEBIHAN

Esmeralda terkenal dengan kemampuan absorb shieldnya. Ia bisa menjadi kekuatan tak terhentikan walau berperan jadi offlaner. Esme diuntungkan dari meta hyper carry karena rival sidelanenya cuma satu orang. Alhasil, ia lebih leluasa bergerak, melakukan harras dan bermanuver ke monster hutan.

Uranus memiliki regenerasi pasif yang membuatnya jadi lawan mengerikan di early game. Bisa memotong creep sejauh base terdalam musuh, hero ini adalah pencipta ruang bagi kawan, utamanya midlaner yang butuh pengalihan isu selagi sibuk mengambil objektif.

Baik Esme dan Uranus punya mobilitas yang cukup baik. Bisa clear wave cepat lalu aktif dalam pertempuran. Hero ini juga scaling cukup baik ke arah late game. Mereka semakin sulit ditaklukan bila slot itemnya telah terpenuhi oleh persenjataan yang sesuai.

Memiliki Uranus dalam tim menguntungkan karena ia memelemahkan daya serang musuh. Bisa juga Uranus digunakan untuk mengejar para support yang biasanya mencari posisi teraman di pertahanan lawan. 

Sedangkan Esmeralda punya daya tarik mempermudah proses eliminasi frontliner kuat atau menusuk ke arah backline musuh dengan ultimate, Falling Starmoon. Beberapa sidelaner macam X Borg dan Jawhead yang terbantu keberadaan armor dan shield jadi parno bila bertemu Esmeralda. Basic attack plus kombinasi skillnya mendaratkan damage signifikan untuk lawan.

KEKURANGAN

Seperti disebutkan, Esmeralda memang digunakan untuk meng-counter Uranus. Namun, Esme tetap punya kelemahan. Hero ini tak kuat-kuat banget diberondong serangan fisik dari MM atau assassin, pun dengan magic burst. Hero ini juga keteteran kalau melakukan laning dengan ceroboh apalagi sampai terciduk.

Esme kurang handal dalam melakukan push turret walau ia bisa digunakan untuk memotong minion dam memainkan rotasi.

Sementara Uranus harus mewaspadai terus keberlangsungan pasifnya. Memutuskan untuk barbar tanpa jumlah stack regenerasi yang cukup bakal berbuah aksi memalukan. Uranus tak punya skill crowd control berupa stun, sehingga ia mudah dihindari oleh assassin atau marksman dengan kemampuan blink.

Uranus dan Esmeralda bisa di counter oleh item Necklace of Endurance atau Sea Halberd karena efek minus regen. Beberapa opsi hero yang mujarab menumbangkan kedua offlane ini adalah Baxia (minus regen), Helcurt (Burst Damage dan Silence), Lancelot (Burst Damage), Valir (damage per second persentase HP) serta Wanwan dan Karrie (True Damage).

URANUS ATAU ESMERALDA?

Terlepas dari atribut dan kemampuan kedua hero, Esmeralda dan Uranus bakal tetap diutamakan jadi prioritas pick atau ban. Kemampuan laning mereka yang luar biasa serta pembawaan rusuh jadi spesialisasi utama para player dan tim pro menyukai hero ini.

Dua hero ini cukup sustain saat early dan overpower sampai late game bila kalian mampu menjaga konsistensi farm dan tekanan kepada musuh. Hero ini bisa terus-terusan menyerang karena punya jurus yang bisa dikeluarkan dalam waktu singkat.

Diantara kedua hero ini, Sobat Esports pilih siapa nih?