IES Ligagame

Yi Sun-shin / Roger? MM Hyper Carry Paling Berbahaya Di S17 MLBB!

Billy Rifki
19/08/2020 15:37 WIB
Yi Sun-shin / Roger? MM Hyper Carry Paling Berbahaya Di S17 MLBB!
Esports.ID

Season 17 dipercaya sebagai momen keterpurukan marksman. Tidak adalagi player melihat rebut-rebutan Claude atau Granger jadi top pick pertama. Meski begitu, pada rank-rank tinggi sampai di level turnamen seperti MPL, nyatanya masih ada marksman yang berbahaya. Ia adalah Yi Sun-shin dan Roger.

Kedua hero ini punya peran ganda, YSS adalah sosok MM/Assassin sementara Roger piawai bertugas MM/Fighter. Belakangan, kedua hero jarak jauh ini dipercaya jadi hyper carry bahkan kerap saling beradu di Land of Dawn. Baik YSS dan Roger punya plus minus masing-masing, kita akan bahas selengkapnya dan mencari tahu, marksman hyper carry mana yang paling berbahaya di Season 17!

KELEBIHAN

Sebelumnya, nama Roger masih sempat terdeteksi di MPL Season 5. R7 jadi pemain paling konsisten memerankan Roger offlane. Hanya saja, popularitasnya kian meledak di musim kompetisi MPL kali ini karena menawarkan fleksibilitas damage tinggi seorang MM serta gaya agresif khas hero fighter.

Lalu ada YSS, berbeda nasib dengan marksman kebanyakan yang dapat nerf, ia malah di buff. Weapon Mastery jadi salah satu kunci kekuatan YSS menghadapi core musuh bertipe assassin di mana hero MM dianggap lemah dalam match up tersebut. Plus, ia juga piawai menghindari crowd control karena punya efek immune dan damage reduction setiap menggunakan Traceless. YSS juga menawarkan "maphack" dengan ultimate Mountain Shocker, memudahkan awareness tim untuk berbagai situasi.

Uniknya, bukan cuma mode serangan yang jadi kesamaan YSS dan Roger, kedua hero ini juga bisa dijadikan offlaner yang handal.

Baik Roger dan YSS punya damage tinggi, sang manusia serigala punya tambahan bonus damage berdasarkan persentase HP musuh yang hilang. Cocok digunakan pada meta saat ini yang banyak memilih sidelane tanky macam Uranus, Balmond atau Hilda.

Sementara YSS punya trik agar pasif critical hitnya aktif terus menerus. Dalam perebutan objektif seperti Turtle atau Lord, pemain harus gonta-ganti jarak untuk memicu pasifnya sehingga farm jadi lebih cepat. Untuk situasi perang, kans critical yang pasti dari YSS memungkinkannya mengeliminasi musuh dalam satu kali Traceless saja bila item penting telah terkumpul.

Sustain dari kedua hero pun handal, tak ayal banyak pemain saat ini yang melihat YSS dan Roger bukan hero sembarangan untuk dibunuh. Kabar baik lainnya, karena YSS dan Roger lincah, juga punya kemampuan dodge, hero ini tak bermasalah menggunakan Battle Spell Retribution, tambahan penting untuk percepat farm dan kontestasi objektif.

KELEMAHAN

Dibalik kelebihan pasti ada kelemahan, tak terkecuali Laksamana YSS dan Roger. YSS misalnya, mewajibkan pemain untuk penuh kalkulasi menggunakan Traceless. Tanpa keberanian berganti jarak serang, YSS hanya marksman biasa yang tak damagenya tak seberapa. Bila ngasal memakai skill ini, maka jalan musuh membunuh YSS terbuka lebar, apalagi dalam situasi perang.

Di sisi lain, Roger mengharuskan melompat untuk berubah serangan. Dalam mode melee, damagenya mungkin lebih tinggi tapi ia rentan di cc musuh. Karakter heronya yang lebih mengedepankan burst damage berarti menyisakan ruang item sediit untuk peralatan sustain. Kesalahan menggunakan skill atau positioning tidak tepat memperbesar resiko Roger mati konyol.

Kedua hero ini juga memakai mana, sehingga situasi tempur saat early game harus kalian kalkulasikan dengan cermat agar tidak kebocoran tenaga di situasi penting.

KESIMPULAN

Naiknya popularitas YSS dan Roger dikarenakan kedua hero ini cukup fleksibel, punya kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Tak seperti marksman lain yang kelimpungan saat di inisiasi, YSS dan Roger malah berpotensi melawan balik berkat skill dodge maupun efek imunitas yang dimilikinya.

Tidak mengejutkan kalau bakal lebih banyak lagi aksi dari YSS dan Roger di rank match ataupun MPL Season 6 mendatang. Kalau Sobat Esports, lebih suka yang mana?