IES Ligagame

3 Alasan Khaleed Nggak Bakal Jadi Fighter Meta Mobile Legends

Billy Rifki
06/08/2020 10:30 WIB
3 Alasan Khaleed Nggak Bakal Jadi Fighter Meta Mobile Legends
Esports.ID

Seperti kita tahu, ada fighter baru di Mobile Legends bernama Khaleed. Kemampuannya mengendalikan pasir jadi ciri khas hero bergaya timur tengah ini. Sayangnya, pemain belum bisa memainkan hero ini di ranked karena masih berstatus pre-sale.

Namun, andai kata Khaleed sudah bisa digunakan dengan bebas, tampaknya pemain Mobile Legends tak perlu khawatir dengan kekuatan Khaleed karena hero ini tidak sehebat yang dibayangkan. Kali ini, kita akan bahas kelebihan dan kelemahan Khaleed beserta 3 alasan kamu ngga perlu takut dengan hero ini!

KEUNGGULAN KHALEED

Beberapa montage Khaleed menunjukan kalau hero ini ganker potensial. Kemampuan itu ia dapat dari skateboard pasir yang muncul ketika Desert Power-nya penuh. Ia pun awet laning berkat skill regenerasi dari Quicksand Guard.

Secara gameplay, hero ini tak jauh berbeda dengan Yu Zhong yang mengandalkan skill sebagai sumber kerusakan utama. Desert Tornado memungkinkannya mengharras musuh dan clear minion dengan cepat.

Ultimatenya, Raging Sandstorm pun bagus untuk situasi tempur, memberikan efek stun dan knockback kalau tersapu badai jurusnya. Sekilas, skill yang ia miliki sudah mumpuni untuk jadi fighter ideal. Lantas, apa kekurangannya?

KEKURANGAN KHALEED

Pertama, hero bersorban ini tidak mudah digunakan. Movementnya memang cepat, tapi animasi skillnya lambat, basic attacknya pun tak wah-wah amat. Hero ini perlu perhitungan dan tak bisa dimainkan bar-bar seperti Yu Zhong atau Uranus.

Bahkan, kalian akan kelimpungan sendiri saat ingin melakukan heal tapi dalam fase mengaktifkan  Desert Tornado. Karena dalam state berpindah tempat, untuk sesaat kalian tidak bisa melakukan aksi lain seperti Flicker atau menggunakan skill lain.

Kedua, skill defendnya Quicksand Guard mengharuskan kalian menetap di tempat. Meski dapat efek damage reduction tinggi, heal kalian langsung hilang bila terkena stun, crowd control atau efek knock. Bahkan, menggerakan hero dengan atau tidak sengaja langsung menghilangkan Quicksand Guard.

Makin tidak efektif, meta saat ini banyak sekali hero-hero cc macam Valir, Luo Yi, Khufra, Selena yang bakal senang bertemu dengan Khaleed. Skill bertahannya bukan menyelamatkan malah menjadi duri dalam daging. "Tapi kan healnya besar, lebih tinggi dari Uranus?" Tentu, tapi regenerasi bisa dikurangi dampaknya dengan item macam Necklace of Endurance yang pasti jadi item wajib hero-hero support jaman sekarang.

Dalam situasi tertentu, efek pasif basic attack Sand Walk kerap merugikan. Kalian akan otomatis melompat  ke arah terget, meninggalkan Khaleed pada keputusan maju terus atau mundur. Berbeda dengan fighter lain, ia tak punya escape mechanism. Tentu, kalian bisa membuang ulti untuk kabur, tapi pastinya kalian ingin jurus pamungkas dikerahkan untuk urusan menyerang bukan untuk mundur.

Ketiga, bila disandingkan dalam lane melawan fighter lain seperti X Borg, Dyyroth, Yu Zhong apalagi Uranus, kecil kemungkinan hero ini bisa mendominasi lane. Bahkan ketika sampai ke level 2, scaling hero ini tidak sekuat fighter lainnya.

Apakah Khaleed hero yang jelek? Tentu tidak. Hero ini dimainkan dengan gaya berbeda ketimbang fighter biasanya yang fokus pada laning. Ia akan lebih baik dalam permainan aktif melakukan gank khususnya ketika mencapai level 4.

Tak menutup kemungkinan kalau pro player melihat hero ini jauh lebih baik dijadikan support atau tank di masa mendatang.

Bagaimana pendapat kalian dengan Khaleed Sobat Esports?