GoPay Midnight Sale Promo

Panduan Main Mobile Legends di Patch Terbaru NEXT

Billy Rifki
23/09/2020 12:50 WIB
Panduan Main Mobile Legends di Patch Terbaru NEXT
Esports.ID

22 September jadi lembaran baru untuk Mobile Legends. Melalui perubahan yang diusung Project NEXT, pemain menemukan bejibun pembaruan mulai dari gameplay, revamp hero, bentukan ikon, penyegaran UI dan masih banyak lagi.

Salah satu kendala yang banyak player temukan ketika memainkan update terbaru Mobile Legends adalah gameplay yang berubah drastis. Beberapa sibuk memahami metode farming, cara laning hingga formasi hero yang optimal di Land of Dawn. Nah, untuk kamu yang masih kesulitan adaptasi, jangan khawatir karena Esports.ID punya panduan yang pas biar kamu bisa langsung jago main di patch terbaru!

PERUBAHAN YANG PATUT DIKETAHUI

Sebelum kalian bermain, pastikan kalian sudah membaca beberapa notifikasi penting tentang patch terbaru Mobile Legends. Diantaranya yang perlu kalian catat adalah item jungle hanya bisa digunakan bila kalian memakai Retribution, ada dua lane dengan fokus berbeda yakni exp lane dan gold lane dan terakhir, revamp hero.

Selebihnya, cara bermain Mobile Legends tetap sama hanya saja strategi makro permainan akan sangat jauh berbeda. Misalnya, sinergi dari item jungle seperti Raptor Machete, Beast Killer dan Star Shard dengan Retribution akan membatasi opsi hero untuk midlane.

Banyak yang memprediksi kalau hyper carry marksman bakal punah akibat ubahan ini. Hal tersebut ada benarnya, karena MM cenderung lemah dalam pertahanan diri, apalagi kalau memaksa mengantongi battle spell Retribution bukannya Flicker atau Purify.

Lantas, apakah assassin menjadi raja di patch ini? Belum tentu. Membeli item jungle bakal menguntungkan untuk membabat habis monster-monster di sarangnya. Tapi, apabila kalian lambat manuver di jungle dan malah fokus laning, pendapatan gold kalian bakal berkurang sebesar 40% dari jumlah gold normal, untungnya efek ini cuma berlaku di 3 menit pertama.

Namun, ini bakal berpengaruh dalam kemampuan assassin mendapat farm secukupnya di waktu singkat dan menciptakan momentum yang menguntungkan tim. Salah besar bila kalian malah farming terus-terusan di jungle tanpa melihat peluang untuk ganking musuh terutama lawan yang sendirian di sidelane.

Hal lain yang perlu diperhatikan, karena assassin atau mungkin beberapa mage lebih mumpuni melakukan jungling, prioritas buff bergeser dari sebelumnya, Penyebutan hyper carry sudah tak relevan karena assassin tak seutuhnya berada di midlane walau mengantongi dua buff.

Apakah salah kalau MM mengambil buff merah di awal game? Tidak juga. Tapi, di update terbaru ada dua lane berbeda yang memberikan exp atau gold tambahan, untuk marksman, berada di jalur gold lebih menguntungkan karena pendapatan ekonomi mereka bisa lebih cepat andai selalu sedia berada di lane untuk farming.

Kalau memaksa mengambil buff dulu, tanpa item jungle, maka kalian akan melewatkan rombongan minion pertama dengan sia-sia. Proses jungling pun bakal lebih sulit karena monster hutan kini memiliki peningkatan atribut pertahanan fisik dan magic. Parahnya lagi, buff merah yang diambil MM tidak ada gunanya karena ia tak mungkin melakukan gank atau war terlalu dini tanpa item yang mencukupi.

BAGAIMANA FORMASI LANING IDEAL?

Laning juga jadi misteri di patch baru Mobile Legends. Meskipun ada panduan dalam in-game, namun ketiadaan contoh nyata membuat pemain tak yakin kalau meta saat ini punya landasan atau pakem yang bisa dipercaya. Yang pasti, formasi lane saat ini tak jauh berbeda dari variasi 1-2-2 atau 1-3-1, hanya saja, gameplay yang berganti membuat tiap hero punya peran berbeda.

Mage misalnya, hero ini cocok untuk menjaga midlane ketika jungler atau assassin kalian berjibaku di hutan. Jalur tengah memiliki pendapatan exp dan gold normal sehingga mage bakal jadi sosok krusial dalam pertempuran early dan pengendali tempo permainan.

Marksman dan offlane harus menentukan jalur yang mereka pilih. Dari rekomendasi, MM dianggap lebih baik bergerak ke jalur dengan bonus gold sedangkan offlane lebih diuntungkan dari bonus exp. MM sebaiknya tak sendiri dan ditemani tank yang tetap memakai item roam.

Posisi map Land of Dawn akan menyerupai terbalik, artinya, jalur gold dan exp tak selalu di top lane atau bot lane tergantung mirror tim kalian saat itu. Perlu diketahui, bonus gold atau exp hanya tersedia pada 7 gelombang pertama siege minion, setelahnya exp dan gold akan normal kembali.

Untuk itu, formasi ideal di patch terbaru saat ini adalah 1-1-1-2, yang terdiri dari 1 offlane, 1 mage, 1 assassin alias jungler dan terakhir tank beserta MM. Semua role yang ada di Mobile Legends bakal dapat peran penting di patch ini sehingga menuntut kalian lebih menguasai banyak hero dan peran.

JUNGLER, ROLE BARU KUNCI PERMAINAN

Jungler akan memegang peran penting dalam gank dan rotasi. Secara, ia dapat keistimewaan buff karena spell Retri dan item jungle. Cara terbaik untuk farming adalah mengambil buff biru, berpindah ke buff merah, mengambil monster jungle dekat sungai, kemudian memperhatikan keberadaan Lithowanderer apakah berada di sisi kiri atau kanan midlane.

Sebaiknya, kalian upayakan kontes bila Lithowanderer berada dekat dengan jalur yang diisi marksman. Kenapa? karena tujuan rotasi pertama kalian lebih efektif ke arah sana, mengamankan turret gold lane secepat mungkin atau setidaknya memukul mundur offlaner lawan dan memberi cicilan pada turret yang kini memberikan bonus gold setiap setiap shieldnya terkikis.

Rotasi ke arah marksman lebih menguntungkan karena kalian unggul jumlah, setidaknya, pertarungan bakal berlangsung 1 lawan 3 yakni assassin, tank, MM melawan satu offlaner lawan. Daripada kalian mengambil resiko menyerang MM musuh yang dijaga ketat oleh lawan dan beresiko salah langkah.

Meruntuhkan turret musuh duluan sama dengan membuka akses jungle lawan. Ini berarti sumber pendapatan tim atau jungler kalian bakal lebih luas. Kurang lebih, yang membedakan cara bermain Mobile Legends saat ini adalah dinamika di early game yang menuntut tiap pemain melakoni peran semaksimal mungkin.

Itu dia beberapa panduan main Mobile Legends di patch Project NEXT terbaru. Adapatasi memang selalu menyulitkan, tapi, itu yang membedakan pemain bagus dan pemain standaran. Sudah siap untuk push rank di season ML yang baru?