Rewind Mobile Legends, Game Esports Terdepan di 2020

Billy Rifki
30/12/2020 23:29 WIB
Rewind Mobile Legends, Game Esports Terdepan di 2020
Press release

2020 tinggal menghitung hari, Mobile Legends telah melangsungkan banyak acara untuk menghibur para fans yang terkungkung akibat pandemi. Penutupan berkesan dari MPL Season 6 seakan jadi pembuktian kalau game MOBA satu ini layak disebut sebagai game  terpopuler, paling disukai dan terdepan di industri esports tanah air.

Mengulang kembali bagaimana Moonton melancarkan agenda 2020 di Indonesia, dimulai dengan MLBB Campus Championship yang membuka kesempatan bagi para professional wannabe unjuk gigi.

Turnamen diikuti oleh 32 kampus di seluruh Indonesia dengan total partisipan sejumlah 1.225 tim pendaftar. Impresi dari ajang ini juga tak kaleng-kaleng. Dari berbagai platform  media MLBB Campus Championship seperti YouTube, Facebook dan Instagram hampir mencapai 100 juta!

Tahun ini juga unik karena gelaran MPL berlangsung dua kali, yakni MPL Season 5 di bulan April dan MPL Season 6 pada Agustus. Disela-sela ajang itu, masih ada perayaan 515 e-party alias selebrasi ulang tahun Mobile Legends ke-4. Di bulan Juni dan Juli, kita disuguhkan MPL Invitational 4 Nation Cup yang dimenangkan oleh RRQ Hoshi.

Terlepas dari segala keterbatasan di jaman pandemi. Mobile Legends melihat tahun ini sebagai sebuah tantangan. "Tak dapat dipungkiri tahun 2020 adalah tahun penuh tantangan" ujar Lucas Mao, Managing Director Moonton Games. Lanjutnya, " Fokus kami adalah memberikan hiburan terbaik bagi fans dan juga menyediakan platform bagi anak muda sebagai jembatan untuk meraih mimpi mereka. Terlepas dari itu semua, pencapaian ini bukanlah milik kami, ini milik semua fans MLBB dan MPL" tutupnya.

Torehan membanggakan dari MPL dan MLBB pada umumnya belum selesai di sana. Di bulan Oktober, MPL Indonesia dan MPL Filipina season 6 memecahkan rekor PCU (total penonton terbanyak) masing-masing meraih 2,8 juta viewer dan 765 ribu viewer.

Mobile Legends dengan bangga mengumumkan kalau mereka juga sudah di download 1 Miliar kali secara worldwide di Apps Store dan Google Play.

Kalau masih ragu dengan prestasi Mobile Legends di tahun ini, berikut daftar pencapaian MLBB di tahun 2020:

- April, MPL Indonesia - Turnamen terpopuler versi Esports Charts
- Juni & Juli, MPL Invitational - Turnamen Terpopuler versi Esports Charts
- Oktober, MPL Indonesia Rekor peninton terbanyak 2,8 juta PCU
- November, MPL Filipina season 6 jumlah hours watced naik 330,8%
- November, MPL Myanmar rekor PacU baru di grand final 144 ribu.
- Desember, MPL Indonesia jadi turnamen terfavorit & turnamen esports terfavorit 2020 versi Indonesia Gaming Awards
- Desember, Alter Ego vs RRQ Hoshi penampilan esports terbaik 2020 versi Super Gamerfest
- Desember, RRQ tim esports terbaik 2020 versi Super Gamerfest
- Desember, Lemon pro player terbaik 2020 versi Super Gamerfest
- Desember, Game Asia Tenggara terfavorit versi Super Gamerfest

Dan masih banyak capaian lainnya. Gokil banget sih MLBB tahun ini, mudah-mudahan di 2021 bisa lebih sukses yah.

Apa harapan sobat Esports untuk MLBB dan esports di Indonesia tahun depan?