Melirik Jumlah Pemain Aktif Mobile Legends, Masih Populer?

Rendy Lim
31/03/2021 11:06 WIB
Melirik Jumlah Pemain Aktif Mobile Legends, Masih Populer?
Ga heran sih MLBB terpilih jadi salah satu game esports yang dipertandingkan di SEA Games Filipina

Game MOBA Mobile Legends besutan Moonton tak terasa sudah setia menemani para pemainnya selama 5 tahun. Jumlah fans setianya tampak tak berkurang, terlihat dari jumlah total unduhan di Google Play Store yang kian meningkat seiring waktu. Kehadiran MOBA mobile lainnya juga belum mampu menggeser posisi game satu ini di hati fans sejatinya. 

Apalagi, kejuaraan dunia MLBB, M2 World Championship yang baru saja diselenggarakan beberapa waktu silam berhasil mencetak 3.8 juta penonton pada puncaknya. Angka tersebut bahkan bisa disandingkan dengan kompetisi esprots besar skala dunia lainnya seperti DOTA 2 The International 2019, CS:GO IEM Katowice 2020, hingga League of Legends World Championship 2020

MLBB jadi salah satu game di cabang esports SEA Games 2021

Ragam capaian tersebut tentu membuktikan kalau Mobile Legends jadi salah satu game esports yang masih tinggi peminat hingga penikmatnya. Namun, bagaimana dengan jumlah pemain aktifnya sendiri? Apakah sesuai dengan hype kompetisinya yang berlangsung di berbagai region? 

Berdasarkan laporan dari Business World, Mobile Legends tercatat sudah diunduh lebih dari 1 triliun kali dan punya 100 juta pemain aktif setiap bulannya pada November 2020. Menariknya, pada bulan yang sama, Filipina mencatat 25 juta pemain aktif Mobile Legends. Melihat kepopuleran MLBB di Negara yang menjadi tuan rumah SEA Games 2021 ini, tak heran kalau Mobile Legends dicantumkan sebagai game yang dipertandingkan dalam cabang esports. 

Source: Activeplayer / AFK Gaming

Meskipun Moonton tak merilis statistik resmi jumlah pemain aktif, website Activeplayer memberikan kita sedikit gambaran estimasinya untuk beberapa bulan belakang. Terbaru, di bulan Maret 2021, MLBB tercatat punya 78 juta pemain yang login, dengan angka tertinggi di 8 juta pemain di satu hari. 

Bagaimana pendapatmu nih Sobat Esports, kira-kira menurutmu apa saja yang membuat Mobile Legends tetap populer hingga saat ini?