Esports

Patch Baru Mobile Legends 1.6.10, Apakah Meta MPL Ikut Berubah?

Billy Rifki
27/08/2021 15:02 WIB
Patch Baru Mobile Legends 1.6.10, Apakah Meta MPL Ikut Berubah?
Mobile Legends

Tanggal 23 Agustus lalu, Mobile Legends mengimplementasikan patch baru berisi adjustment, nerf dan buff serta pengenalan hero baru, Aulus yang hadir 31 Agustus nanti.

Patch baru ini muncul memasuki pertengahan pekan regular season MPL Season 8. Kisah serupa juga terjadi di MPL Season 7, saat itu ada patch baru hadir diparuh musim regular season. Beberapa tim langsung terdampak performanya seperti Alter Ego yang awalnya mendominasi, langsung merosot setelah patch baru berlangsung. Kira-kira, apakah patch 1.6.10 akan mempengaruhi kembali performa tim MPL?

PT Media Esports Indonesia

META MPL SEASON 8

Meta di MPL Season 8 punya beberapa keunikan. Diantaranya fighter-fighter yang jadi jungler, serta beberapa hero physical bergeser peran menjadi tanker atau roamer-support.

Misalnya, X Borg yang populer diamankan sebagai jungler telah mendapat nerf. Kemampuan bertahan X Borg bakal terkompromi. Potongan-potongan Firaga Armor yang berjatuhan kini tak lagi mengisi bar armor X Borg sebanyak sebelumnya. Artinya, Nyawa X Borg bakal lebih terancam kalau memaksakan bertahan di laning tanpa Firaga Armor yang aktif karena butuh lebih banyak bagian untuk me-refill darah kuningnya.

Beberapa hero meta di public match seperti Balmond, Saber dan Kaja juga terkena nerf. Hero ini juga sering digunakan di MPL Season 8. Saber misalnya sering diandalkan RRQ Hoshi menjadi roamer atau support, Kaja jadi andalan ONIC Esports di beberapa match sementara Balmond adalah offlaner tier S yang sangat berbahaya.

Akibat nerf di patch baru ini, tim MPL mungkin berpikir lagi untuk memilih mereka. Kekuatan yang berubah dari ketiga hero tersebut menurunkan nilai prioritas mereka dalam fase drafting.

META MAGE MIDLANE MUNGKIN KEMBALI

Bila hero-hero physical mendapat banyak nerf, mage malah diganjar buff oleh Moonton. Kimmy, Pharsa, Valir bisa jadi merangsek naik ke dalam meta karena skillset mereka telah diperbagus.

Meta MM mungkin sedang tak optimal digunakan saat ini, namun Kimmy bisa bertransisi jadi goldlaner atau mage midlaner handal. Burst damagenya yang tinggi dengan tingkat akurasi skill yang dioptimalkan membuat Kimmy jadi hero yang mudah dipakai dengan dampak maksimal.

Pharsa dan Valir juga termasuk dua mage menyebalkan yang punya efek mematikan saat teamfight. Pharsa punya area of effect luas sementara Valir memberikan semburan api secara kontinyu, menyulitkan initiator musuh untuk mendekat atau membuka serangan.

Pharsa sendiri masih diperhitungkan sebagai mage midlaner, atau di beberapa kasus malah jadi gold laner untuk mengumpulkan item lebih cepat sebelum mid game. Bagi tim seperti EVOS, Aura Fire dan Geek Fam yang masih sering mengandalkan Pharsa, buff ini akan sangat menguntungkan bagi mereka.

Itu dia beberapa update di patch baru MLBB 1.6.10. Apakah menurut kalian tim di MPL akan terpengaruh oleh update ini?